Produk Skincare Ceramide, Begini Manfaatnya!

Apa itu ceramide?

Ceramide adalah golongan asam lemak yang disebut lipid, yang secara alami ada di sel kulit manusia dan menyusun sekitar 50% lapisan terluar kulit, alias dermis.

Ceramide dapat digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak, rentan berjerawat, dan sensitif. Cukup sesuaikan pemilihan produk skin care yang mengandung ceramide dengan jenis kulitmu

Ada lebih dari satu jenis ceramide yang tersedia di pasaran. Biasanya, jenis ceramide 1, 3, atau 6-11 mampu mengatasi masalah kulit kering dan iritasi.

Selain itu, jenis ceramide 2 dan 3 banyak digunakan dalam produk kulit wajah atau leher.

Kamu juga bisa menemukan ceramide dalam istilah lainnya, yaitu sphingosine.

Manfaat ceramide untuk kulit

Secara alami, kulit manusia memang sudah membentuk ceramide. Bersama dengan kolesterol dan asam lemak, fungsi ceramide adalah mengunci kelembapan dan melindungi lapisan kulit terluar (pores and skin barrier).

Meski begitu, golongan asam lemak ini cenderung dapat berkurang seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, penggunaan skincare yang mengandung ceramide diyakini dapat meminimalisasi efek buruk berkurangnya ceramide dalam kulit.

Berikut adalah macam-macam fungsi atau manfaat ceramide untuk kesehatan kulit:

1. Menjaga kelembapan kulit

Ceramide adalah kandungan pada skincare yang berfungsi mengunci kelembapan kulit
Ceramide mampu menjaga kelembapan kulit kering dan iritasi
Salah satu manfaat ceramide dalam produk skincare adalah menjaga kelembapan kulit sehingga membantu mencegah kulit kering dan iritasi.

Ceramide pun diyakini mampu melindungi lapisan epidermis kulit dari kerusakan yang berasal dari luar tubuh. Dengan demikian, kulit jadi lebih kuar dan lebih jarang mengalami masalah kulit.

2. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Ceramide juga berperan dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini. Ini masih berkaitan dengan manfaatnya yang dapat membuat kulit lebih lembap. Sebab, orang yang punya kulit kering cenderung lebih rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Aging melakukan studi pada perempuan berusia 20 tahun. Penelitian itu membuktikan, mengoleskan produk skincare yang mengandung ceramide secara rutin dapat membantu memperkuat fungsi pelindung kulit. Hasilnya, kulit tampak lebih lembut dan awet muda.

Three. Meredakan eksim atau psoriasis

Manfaat ceramide lainnya adalah membantu meringankan gejala eksim atau psoriasis. Meski belum jelas kaitannya, sebuah studi yang dimuat dalam Skin Pharmacology and Physiology menyebutkan bahwa penderita eksim atau psoriasis memiliki kadar ceramide pada kulit yang cenderung rendah.

Mengoleskan skin care yang mengandung ceramide diketahui dapat dapat menenangkan kondisi kulit yang iritasi atau meradang sekaligus menambah perlindungannya.

Namun, manfaat ceramide untuk kondisi kulit satu ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Merawat kulit sensitif

Kandungan ceramide juga dipercaya bagus untuk kulit sensitif. Kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah bereaksi terahadap berbagai faktor dari lingkungan. Salah satu penyebabnya adalah pores and skin barrier yang bermasalah.

Nah, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat membantu memperbaiki pores and skin barrier, menjaga kelembapan, dan mengurangi sensitivitas kulit.

5. Mengatasi kulit berjerawat

Ceramide adalah kandungan yang dapat melindungi lapisan kulit
Ceramide baik untuk kulit berjerawat
Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh bakteri serta penumpukan kotoran dan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Ketika lapisan kulit sedang rusak, kemungkinan bakteri masuk ke dalam lapisan kulit lebih besar.

Penggunaan produk skin care yang mengandung ceramide dapat melindungi lapisan kulit agar bakteri dan zat asing lainnya tidak dapat masuk.

Kemungkinan efek samping ceramide

Hingga kini, belum ada penelitian yang memaparkan efek samping kandungan ceramide.

Namun, perhatikan kembali kandungan lainnya yang ada dalam produk skin care. Bisa jadi, kandungan lain tersebut yang memicu efek samping atau reaksi pada kulit.

Selain itu, sebaiknya ceramide tidak dicampur dengan jenis produk lainnya yang juga mengandung ceramide. Khususnya bagi pemilik kulit berminyak.

Contohnya, kamu mempunyai toner, serum, dan pelembap yang mengandung ceramide. Sebaiknya, pilih salah satu produk mana yang akan kamu gunakan.

Penggunaan berlebih dikhawatirkan bisa memicu produksi minyak berlebih dan jerawat. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kulit.

Ceramide adalah golongan asam lemak yang turut menyusun lapisan kulit. Penggunaan produk perawatan yang mengandung golongan asam lemak ini berpotensi untuk menjaga kelembapan dan mengurangi iritasi kulit.

Bahkan, bagi penderita eksim dan psoriasis juga boleh jadi mendapatkan manfaat ceramide tersebut.