Tata Cara dan Syarat Bikin ATM BCA Pengalaman Pribadi

Jika belum pernah sama sekali terus berencana ingin buat ATM, saya berbagi pengalaman tata cara membuat rekening baru serta syarat bikin ATM BCA itu seperti apa juga jenis rekeningnya. Sebaiknya baca ulasan ini dulu agar tidak terlihat seperti pemula sebelum pergi ke bank dari kantor cabang terdekat di tempat tinggal kamu untuk buka rekening BCA.

Persyaratan buka rekening BCA itu apa aja sih? nah itu salah satu pertanyaan yang tepat selain berapa biaya buka rekening BCA atau yang biasa disebut sebagai setoran awal. Jenis-jenis produk kartu ATM BCA bermacam-macam. Kamu bisa melihat sebagai berikut ini:

Jenis Rekening BCA dan Kartu ATM

  • Tahapan BCA dengan kartu BCA Silver: Dari ATM jenis ini kamu kena potongan bulanan sebesar 15 ribu. Kelebihan dari ATM BCA silver adalah kamu bisa menarik dari mesin ATM sampai limit 7 juta sekali transaksi dan transfer bisa sampai 25 juta. 
  • Tahapan BCA kartu BCA Gold: Kalau potongan BCA Gold per bulan sebesar 17 ribu. Kelebihannya kamu bisa belanja dengan cara debit sampai limit 50 juta. Batas transaksi limitnya 10 juta lalu untuk transfer sampai 50 juta untuk tahapan BCA Gold.
  • Tahapan BCA pakai kartu BCA Platinum: Pada jenis kartu ATM atau biasa diistilahkan pihak BCA sebagai paspor BCA Platinum untuk limit dan transaksi tranfer uang sampai 100 juta. 
  • Tahapan Xpresi BCA: Nah, saya paling suka pada jenis kartu ATM yang ini karena dari Tahapan Xpresi ini kita hanya kena potongan bulanan sebesar 5 ribu. Penarikan limitnya sebesar 7juta dan transfer maksimal 25 juta. Kekurangannya, kita tidak mendapatkan buku tabungan solusinya menggunakan aplikasi BCA mobile.
cara membuat atm bca xpresi

Dulu saat masih kerja pada salah satu perusahaan di luar kota, syarat untuk menerima bayaran adalah melalui transfer bank BCA. Nah, karena ATM BCA saya yang lama sudah tak terpakai dan mungkin saja sudah mati si boss menyarankan untuk bikin lagi.

Pertanyaan dalam hati “apa bisa ya kan KTP saya bukan dari daerah tempat saya bekerja?” 

Hari berikutnya saya datang ke bank dengan membawa beberapa syarat buat buka rekening BCA, persyaratan tersebut sebagai berikut:

  • Membawa KTP/SIM yang masih berlaku kalau memang ada bawa paspor juga boleh. Saya sarankan bawa ID card lebih dari satu hal ini untuk bukti bahwa nama atau alamat sama.  
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan karena KTP saya tidak dari kota yang sama. Jika kamu seorang pendatang atau mahasiswa dengan alamat berbeda dari alamat kantor cabang BCA sebaiknya menyiapkan surat keterangan domisili entah dari kampus / kelurahan daerah setempat. Ini hanya sebuah opsi, jika pihak bank tidak meminta kamu tak harus membuatnya.
  • Siapkan juga uang tunai sebesar 500 ribu digunakan untuk setoran awal setelah ATM jadi kita bisa mengambil uang tersebut. Tapi agar tidak limit saran dari petugas bank untuk menarik uang kita harus menunggu 1 hari.
  • Lembaran surat NPWP atau kartu NPWP saja. Ini juga bukan syarat utama untuk bikin ATM BCA. Jadi untuk persyaratan membuka rekening BCA yang ini sifatnya fleksibel.

Tata Cara Membuat Rekening BCA Baru

Setelah syarat-syarat diatas siap mari lanjut ke tahap berikutnya untuk cara membuat rekening BCA yang bisa kamu lakukan sendiri:

  1. Langkah yang pertama setelah kamu sampai di kantor cabang BCA segeralah masuk dan menanyakan kepada satpam penjaga “Pak permisi, saya ingin bikin rekening baru”
  2. Biasanya pak satpam akan mengambilkan kamu nomor antrian lalu mengarahkan menuju ruang tunggu yang sebelah mana.
  3. Kemudian duduklah santai untuk menunggu panggilan dari nomor antrian kamu. Jika Ada petugas yang masih magang biasanya kita akan didatangi dengan membawa form pendaftaran untuk membuka rekening baru lalu dia akan menanyakan data diri kamu dan mengisikan, enak kan? atau biasanya ada petugas sendiri yang pengisian data-datanya lewat komputer yang disediakan.
    syarat buka rekening bca
  4. Jika memang tidak ada seperti poin ketiga, bersabar untuk tetap tunggu kemudian disaat nomor antrian kamu dipanggil sesuai nomor customer service (admin / cs bank) segera datang ke mejanya.
  5. Petugas bank akan menanyakan nama dan keperluan kamu. langsung saja lontarkan “sebut nama kamu” lalu “Saya ingin membuka rekening baru dengan produk tahapan BCA”
  6. Dengan begitu petugas bank akan menanyakan KTP atau SIM lalu dia akan menyodorkan secarik kertas yang disebut sebagai formulir daftar akun bank. Isikan semua pertanyaan di dalam lembaran tersebut seperti nama, alamat, kisaran gaji yang diterima dll.
  7. Setelah itu serahkan kembali kertas tadi, Atau kalau sudah mengisikan data di komputer pada saat pertama kali masuk ruangan. Secara langsung Admin bank akan meminta setoran awal uang 500 ribu.
  8. Jika semua dokumen telah lengkap tanpa masalah. Kamu disuruh tanda tangan di buku tabungan dan menunggu proses pembuatan ATM jadi.
    jenis rekening bca
  9. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan 6 digit nomor PIN sebanyak dua kali dari alat yang telah disediakan. Setelah ATM selesai dibuat Anda disuruh tanda tangan lagi di atas kartu ATM tersebut.
    cara membuat rekening bca
  10. Selesai deh. kamu bisa membawa pulang buku rekening serta kartu ATM BCA yang biasanya di taruh dalam amplop.
    buka rekening bca baru
Tips: Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa bahkan umum kamu bisa memilih jenis rekening bank BCA yang potonganya paling kecil. Saya, baru-baru ini buat rekening BCA dengan produk “Tahapan Xpresi BCA” potongan bulanan hanya RP. 5000. Tapi ada tambahan biaya sebesar 25 ribu untuk mengganti kartu ATM yang bergambar keren dan tanpa buku tabungan jadi gantinya bisa pake aplikasi BCA mobile atu m-BCA untuk mengecek saldo. Lihat disini: cara membuat rekening BCA Xpresi

CMMA BLOG News | Tata Cara dan Syarat Bikin ATM BCA Pengalaman Pribadi
Gambar Kartu ATM BCA “Xpresi”

Seperti itulah kira-kira sedikit pengalaman pribadi saya saat membuka rekening BCA baru. Ingat jangan segera menarik uang ya, bila masih belum yakin sebaiknya tanyakan dulu “apa boleh langsung ambil uang setelah ATM jadi atau baru saja di buat?”

Catatan: Untuk membuat PIN sebaiknya jangan menggunakan tanggal lahir karena kan biasanya kita nyimpan kartu ATM dalam dompet. Nah kalau sampai kehilangan bisa saja penemu yang tidak baik membobol ATM dan menguras uang kamu, semoga tidak terjadi. Lalu jika kamu sudah punya rekening BCA dan sudah aktivasi di aplikasi BCA mobile, agar tidak salah coba ikuti cara transfer uang lewat hp bank BCA