Cara Bergambar Screenshot Panjang di Xiaomi MIUI 8 – 9 All Type

Panduan ini berawal pas temen saya pengen tau cara screenshot panjang di Xiaomi Redmi Note 5A punyanya. Katanya tidak seperti hp Oppo yang bisa digunakan mengambil tangkapan layar panjang. Lah belum tau dia! kalau ternyata hp Xiaomi sudah bisa dipake screenshot panjang lalu caranya akan saya berikan disini barang kali teman-teman juga membutuhkan.

Cara ini sangat efektif jika ingin memberitahukan screenshot chatingan di Whatsapp, BBM, atau mungkin Facebook Messanger ke temen kita yang lain. Nah biasanya kan tulisan chat ini sangatlah panjang, maka lebih baik menggunakan screenshot panjang agar tidak kesulitan untuk memberitahu dengan screenshot potong-potongan. Sehingga nggak boros file kan, lebih simpel hanya satu file gambar saja.

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi MIUI 8 - 9 All Type

Bagaimana jika Screenshot Panjang Xiaomi Tidak Bisa?

Banyak juga Xiaomi Fans yang mengalami masalah “Aplikasi ini tidak mendukung screenshot panjang”. Jika di hp Xiaomi sudah update ROM MIUI versi 8 atau MIUI 9 lalu masih mengalami masalah yang sama maka kamu bisa mengikuti cara mengatasi long screenshot Xiaomi:

  • Sudah update ROM MIUI 8, MIUI 9 atau yang terbaru karena long screenshot tersedia dari versi MIUI tersebut.
  • Bersihkan chace atau sampah aplikasi dari fitur “Keamanan” di menu utama Xiaomi

Namun jika kamu sudah melakukan cara di atas tapi screenshot panjang Xiaomi tetap tidak bisa atau tombol “Gulir” tak berfungsi (tidak bisa ditekan) maka pastikan dulu, aplikasi apa yang kamu screenshot? Screenshot panjang tidak bekerja pada aplikasi yang berhubungan dengan privasi yang sangat ketat atau jenis aplikasi keuangan seperti BCA Mobile , Paypal, My Telkomsel dlsb. Sumber forum resmi Xiaomi link

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi MIUI 8 – 9 All Type 

Namun jika teman-teman tidak mengalami masalah seperti di atas, cara untuk screenshot panjang di hp Xiaomi sangatlah mudah. Kamu bisa segera mengikuti langkah-langkah berikut yang sudah saya lengkapi berserta gambar penuntun.

  1. Pada langkah yang paling awa pastikan kamu sudah berada di aplikasi yang akan di screenshot.
  2. Misalnya saya akan screenshot orbolan di WA maka saya akan menentukan batas atasnya dari chatingan yang penting.
    aplikasi ini tidak mendukung screenshot panjang
  3. Kemudian dari langkah ini terserah, pilih saja biasanya darimana kamu menggunakan screenshot Xiaomi. Ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan entah dari gabungan tombol fisik, tombol yang berada di notifikasi bar, dan atau screenshot 3 jari
  4. Selanjutnya buru-buru deh tekan kotak gambar di pojok kanan atas soalnya kan hanya beberapa detik saja munculnya.
    cara screenshot panjang xiaomi miui
  5. Kemudian setelah dibawa ke tampilan selanjuntya yang perlu kamu tekan adalah tombol “Gulir” lihat tanda panah merah.
    cara screenshot panjang xiaomi
  6. Dengan begitu screenshot panjang akan dimulai, silahkan siap-siap pada tombol “Selesai” jika. Tekan tombol “Selesai” kalau batas bawahnya sudah sesuai harapan.
    cara screenshot panjang xiaomi miui 9
  7. Silahkan lihat hasil dengan mengecek di galeri pada “Folder Tangkapan Layar”, bisa juga melihatnya dari aktifitas terkini di galeri.
    cara screenshot panjang xiaomi redmi 4x

Kelemahan dari screenshot panjang di Xiaomi adalah gambar tidak terlalu jelas jika media yang discreenshot terlalu panjang. Jadi kalau dikirim ke orang lain harus di zoom dulu baru kelihatan lebih jelas meski gambar agak blur. 

Karena cara screenshot panjang Xiaomi itu tersedia dari MIUI jadi tak perlu pasang aplikasi tangkapan layar pihak ketiga yang banyak tersedia di Play Store.

Dan perlu ketahui di atas bisa digunakan untuk semua seri Xiaomi seri lama MIU 8 sampai terbaru seperti Redmi 4X, Redmi 5A, Note 5A, MI 5X dan seterusnya.