Cara Menghapus AKUN GOOGLE Di Android (KELUAR) Untuk HP-Tablet

Dari sini saya akan memandu Anda untuk cara menghapus Akun Google di Android yang tentunya tanpa factory reset (kembalikan setelan pabrik). Kali aja Anda sedang mempunyai hp dan tablet Android pemberian seseorang atau baru saja membeli hp bekas dari OLX serta online store barang-barang second lain.

Lalu rencananya, Anda hanya ingin mengeluarkan akun Gmail lama yang sudah terkait dengan smartphone Android tersebut. Bagaimana caranya? dari tulisan kami yang lalu untuk cara menghapus akun Gmail sudah dijelaskan dengan 3 metode hapus akun.

Namun melalui artikel yang sedang Anda baca ini saya memberikan penjelasan dengan gambar dari hasil tangkapan layar Android dengan OS KitKat (4.4.4). Tak ada beda yang mencolok selain tahap awal di tampilan pengaturan telepon, apalagi Anda kebetulan pengguna Xiaomi Redmi.

Kenapa Ingin Menghapus Akun Google di Android?

Sebelum ikuti langkah penghapusan akun, mungkin beberapa alasan ini akan mewakili alasan Anda untuk hapus akun Google Mail yang sudah terlanjur masuk di smartphone Android:

  • Karena akun Google di Android yang telah di-tambahkan ke aplikasi Gmail sudah terlalu banyak dan berencana menghapus salah satu akun Gmail saja agar Android tidak lemot.
  • Ingin ganti akun Google lama dengan yang baru. Karena akun yang lama sudah lupa password serta mau remove sinkron data aplikasi  & game Android, kotak pesan masuk ke email penuh dan tak penting meskipun ada cara menghapus inbox Gmail secara cepat.
  • Anda sudah mengganti dengan email baru dari semua proses daftar akun sosial media yang menggunakan akun Gmail yang akan di hapus. Misalnya seperti cara mengganti email utama Facebook dari Gmail ke Yahoo yang berguna untuk pemulihan akun.
CMMA BLOG News | Cara Menghapus AKUN GOOGLE Di Android (KELUAR) Untuk HP-Tablet
Setelah yakin bahwa cara ini bukan untuk menghapus akun Google secara permanen. Tapi Anda hanya kami arahkan ke langkah-langkah mengeluarkan akun Gmail yang sudah terkait dengan aplikasi Android untuk akun Play Store, Google Play Game atau Play Music. Serta Anda akan hapus sinkronisasi data di Android yang terkait dengan aplikasi layanan Google lainnya.

Cara Menghapus (Keluar) AKUN GOOGLE Di Android Untuk HP dan Tablet

Pandaun ini tidak memerlukan jaringan internet, jadi meski Android dalam keadaan offline langsung saja eksekusi ke cara mengeluarkan akun Gmail berikut.

NB: Sebagai contoh untuk menghapus akun Google saya memakai Xiaomi Note rom MIUI 8. Jika Anda pengguna Samsung Galaxy hanya perlu meyesuaikan di point pertama saja, tampilan selebihnya sama asalkan berplatform Android KitKat.

  1. Buruan pergi ke Pengaturan / Settings / Setelan di HP Xiaomi terus masuk ke Akun lain.
    CMMA BLOG News | Cara Menghapus AKUN GOOGLE Di Android (KELUAR) Untuk HP-Tablet

  2. Dari situ akan terlihat semua pilihan ikon dari akun Anda, karena kita akan menghapus Google pilihlah ikon Google. Pilih sala satu jika muncul tampilan beberapa urutan email Gmail, atau jika hanya ada satu akun saja langsung tekan disitu.
    CMMA BLOG News | Cara Menghapus AKUN GOOGLE Di Android (KELUAR) Untuk HP-Tablet
  3. Lanjutkan langkah dengan menyentuh tombol Lainnya yang berada di bawah dari laman Sinkronisasi. Terus pilih yang Hapus akun.
    CMMA BLOG News | Cara Menghapus AKUN GOOGLE Di Android (KELUAR) Untuk HP-Tablet
  4. Akan muncul pertanyaan untuk menyakinkan Anda bahwa untuk hapus akun di Android akan secara otomatis menghapus kontak telepon yang sudah ditambahkan ke email Gmail (tenang bukan di kartu telepon kok)
    CMMA BLOG News | Cara Menghapus AKUN GOOGLE Di Android (KELUAR) Untuk HP-Tablet
  5. Selesai deh! sentuh tombol back untuk kembali ke menu utama Android. 

Pentingnya cara menghapus atau mengeluarkan akun Google di Android ini bisa kita rasakan dari beberapa asalan penghapusan pada uraian di atas.

Setelah ini Anda mungkin membuat akun Google baru di Samsung dengan tips untuk membuat password yang kuat itu bagaimana, sampai trik buat alamat Gmail di Xiaomi yang tersedia itu seperti apa.