Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email (2 Metode)

Cara membuka Instagram yang lupa password dan email itu seperti ini loh, ada banyak metode untuk memulihkan akun IG jika memang kata sandi yang digunakan masuk akun instagram tak ingat. Tapi kali ini saya akan memberikan cukup 2 metode atau cara untuk mengembalikan instagram tanpa email dan password.

Sebagai pengguna baru instagram kalau memang kebiasaanya tidak mencatat sandi dan email instagram yang digunakan saat daftar akun, bakalan panik sendiri kalau tidak bisa login instagram. Lupa alamat email instagram sering kali kita alami bahkan beserta lupa kata sandi email. Padahal untuk mengganti password instagram bisa kita lakukan dengan bantuan email tersebut.

Nah, untuk masalah umum yang terjadi pada user instagram disaat kelupaan sandi yang dipake untuk membuka akun IG dan alamat emailnya adalah tidak melengkapi metode pemulihan akun lainnya.

Pengembang instagram telah menciptakan cara memulihkan akun Instagram dengan banyak metode namun apakah kamu sebelumnya sudah mengetahui?

Untuk reset password instagram sendiri bisa mengikuti kedua metode berikut ini. Namun kedua cara ini bersyarat loh sob. Apa saja syaratnya? agar kamu bisa memilih diantaranya:

  1. Sudah memasukkan nomor hp di instagram. Jika kita ingin atur ulang kata sandi Instagram tapi lupa password instagram dan emailnya kita bisa meminta tautan menggunakan nomor telepon atau dulunya kamu mendaftar instagram dengan no hp. Alaskan nomor yang berada di akun instagram tidak dalam kondisi hilang atau tidak aktif.
  2. Telah menyambungkan instagram ke facebook. Bila kedua akun instagram dengan facebook terhubung maka bisa digunakan untuk membuat password instagram baru lewat bantuan akun FB tersebut. Instagram yang terhubung ke Facebook tersebut selain bisa digunakan untuk mengganti sandi juga bisa menemukan akun IG dari teman FB kita loh.
Yuk kalau sudah tau apa saja syarat keberhasilan untuk membuka instagram yang lupa password untuk ubah passwordnya. Silahkan memilih dari kedua metode di atas, kemungkinan mana syarat yang dapat kamu setujui.

Metode 1: Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email Dengan Nomor Hp

Sekarang kita mulai saja ya! kalau kamu lupa username dan password instagram namun sudah pernah memasukkan nomor hp ke dalam pengaturan akun instagram. Kalau diwaktu lalu ketika buat akun instagram tanpa email atau hanya dengan nomor hp silahkan mengikuti metode pertama ini.

1. Tentunya kamu tak perlu diajari kalau untuk membuka aplikasi instagram lewat hp. Namun dalam kondisi sebelum masuk instagram, kamu akan melihat tampilan di layar hape seperti gambar kemudian segera menekan menu masuk.

cara membuka instagram yang lupa password dan emailnya

2. Dari situ akan muncul beberapa kolom sebagai cara masukknya, tapi karena kita lupa password serta email instagram maka kamu perlu menuju pilihan “Lupa detail informasi masuk Anda? Dapatkan bantuan untuk masuk.”

cara mengganti password instagram tapi lupa password lama

3. Kemudian kita akan diarahkan menuju pilihan menu untuk proses memulihkan akun Instagram yang artinya kita bisa ubah sandi IG dari menu yang tersedia. Karena kita akan meminta sebuah link reset password Instagram dari nomor hp maka tekan yang “Kirim sebuah SMS”

cara reset password instagram tanpa email

4. Kalau aplikasi instagram sudah memunculkan kolom untuk memasukkan no telepon dengan kode negara Indonesia maka kamu perlu masukkan nomor hp tanpa kode area. Seperti dalam contoh gambar berikut ini.

lupa password instagram dan email

5. Setelah nomor dimasukkan sehingga keluar pemberitahuan bahwa SMS berupa link atau tautan sudah dikirim melalui nomor telepon tersebut. Pastikan kalau nomor masih aktif atau tidak hilang, kalau sudah segera membuka sms tadi. Tampilan smsnya seperti ini:

cara membuka instagram yang lupa password dan email dan nomor hp

6. Lalu segeralah menekan tautan > kemudian buka saja menggunakan aplikasi instagram selain itu kita bisa membuka tautannya pake aplikasi browser Chrome. Tapi dari contoh ini saya langsung membukanya pake aplikasi agar tidak Expired token bla..bla..bla.

reset password instagram

7. Langkah terakhir kita akan dibawa ke laman instagram tentang Ubah Kata Sandi, lalu masukkan kata sandi baru untuk mengganti password lama instagram-mu. Kemudian agar tidak lupa lagi silahkan dicatat dulu pada selembar kertas atau di buku harian (kalo masih pake).

cara mengatur ulang kata sandi instagram dengan no telepon

Metode 2: Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email lewat Facebook

Dalam panduan yang kedua, inilah bagi yang sudah tau manfaatnya ketika sudah menghubungkan FB ke IG. Kalau belum pernah menyambungkan rasanya belum bisa mengikuti metode yang kedua ini. Tapi meskipun kamu tidak menyambungkan namun disaat buat akun instagram lewat facebook tentu bisa saja.

1. Seperti metode awal kamu perlu menuju aplikasi instagram di Android atau iPhone lalu tekan menu masuk. Dengan catatan kamu belum masuk menggunkan akun IG yang lain, jika memang kamu sudah membuat akun instagram baru coba keluarkan sampai menemukan tampilan seperti berikut ini.

CMMA BLOG News | Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email (2 Metode)

2. Dari langkah yang ini masih sama dengan langkah point kedua di atas. Lalu jika sudah paham silahkan menekan “Dapatkan bantuan untuk masuk”

CMMA BLOG News | Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email (2 Metode)

3. Segelah memilih yang “Masuk dengan Facebook” dari menu ini kita dapat melihat Pusat Bantuan Instagram dari situs reseminya. Kamu bisa membaca-baca dengan memahami keterangan dari pihak Facebook karena sama-sama pengembang aplikasi IG itu.

CMMA BLOG News | Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email (2 Metode)

4. Sebagai contoh saya masuk fb menggunakan nomor telepon dan yang pasti akun fb saya ini sudah terhubung ke instagram. Jika kamu memakai email untuk masuk Facebook maka silahkan memasukan email dan kata sandi FB kamu dan seharusnya kamu tidak lupa kata sandi Facebook juga.

CMMA BLOG News | Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email (2 Metode)

5. Terus Facebook ingin konfirmasi masuk dengan peryataan Anda telah mengizinkan instagram langsung saja tekan OK untuk melanjutkan langkah berikutnya. Karena langkah ini hanya untuk memberi izin akses akun FB yang kamu punya oleh instagram.

CMMA BLOG News | Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email (2 Metode)

6. Terakhir, secara otomatis instagram menyediakan menu untuk reset password instagram tanpa email atau nomor tidak aktif. Karena kita menggunakan Facebook terhubung.

CMMA BLOG News | Cara Membuka Instagram Yang Lupa Password dan Email (2 Metode)

Bagaimana cara membuka kembali instagram yang lupa password, alamat email dan nomor tidak aktif. Alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menyelamatkan IG kamu yang sudah kamu kelola sejak lama.

Masalah yang sering timbul disaat pergantian passsword instagram ini adalah Expired token. Please request a new password reset link. Hal ini artinya kamu telalu lama untuk membuka tautan atau memasukkan kata sandi yang lemah. Tipsnya gunakanlah password yang kuat dengan campuran huruf besar-kecil, angka, atau karakter khusus.

Sebelum melakukan cara ini sebaiknya cek kondisi internet yang kamu gunakan di handphone memang bagus. Agar tidak gagal jangan menggunakan password yang sama atau mirip dengan password instagram yang lama. Dari situs resmi instagram, dengan munculnya pemberitahuan “Expired token” itu tidak dijelaskan alasannya kenapa sih selalu muncul warning itu disaat mengganti password baru.

Kemungkinan hal tersebut digunakan oleh pihak instagram untuk menjaga akun instagram kita agar tidak disalahgunakan orang lain. Atau seseorang yang mencoba mengganti password instagram kita tanpa izin kita dengan kata lain instagram di bobol.