Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM

Halaman Facebook atau Fanpage FB adalah suatu halaman dari media sosial yang digunakan untuk sarana promosi bisnis, komunitas, produk, hiburan, artis, tokoh yang ditujukan untuk memudahkan pengguna Facebook dalam menyukai dan memberikan kontribusi kepada penggemarnya.

Media sosial Facebook mempunyai banyak pengguna, sehingga perusahaan atau perseorangan banyak yang melirik peluang ini untuk promosi produk bisnisnya. Layanan yang diberikan Facebook ini gratis dengan panel pengelola admin yang sangat mudah.

Lalu bagaimana cara membuat halaman di facebook untuk bisnis? Baik untuk bisnis online (blog), online shop, profesional atau ukm. Bisa dibaca lebih lanjut.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM

Facebook page ini memberikan sisi manfaat bagi kedua belah pihak. Bagi pengemar (likers) Fanspage; mendapatkan info cepat sesuai tema halaman yang diikuti setiap kali update posting baru. Untuk pemilik halaman facebook; mendapatkan keuntungan penyampaian informasi kepada audien yang tepat.

Konsep Cara Membuat Facebook Page Untuk Bisnis

  • Riset keyword judul fanpage dengan benar menurut target pasar yang akan dibidik. Posisikan anda sebagai calon pengemar maka akan lebih mudah membayangkan kata kunci apa yang akan dicari di kolom pencarian FB, atau menggunakan Google Trends, Adwords Keyword Planner dll
  • Manfaatkan kolom pencarian Facebook untuk mengamati pesaing dengan kata kunci yang akan dibidik. Dengan melihat fanpage kompetitior, anda bisa meniru apa yang baik dan lengkapi kekurangan untuk menerapkan pada halaman facebook diperusahaan anda.
  • Buat desain cover timeline / foto sampul semenarik mungkin yang menggambarkan apa yang dipromosikan sesuai tema produk. Dengan ukuran cover timeline facebook 851 x 315 pixel, pastikan resolusi gambar desain mempunyai kualitas yang baik. Kalau anda mungkin orang yang lemah dalam hal ini, sebaiknya minta bantuan teman / jasa desain.
  • Siapkan logo perusahaan pada foto profil, logo sebagai sebuah simbul yang menjelaskan makna dari perusahaan bisnis yang anda kelola. Ukuran standar dari foto profil facebook adalah 180 x 180 pixel. Percayakan pada pembuat logo profesional kalau anda memang bukan ahli desain.
  • Promosikan – share Fanspage FB disaat semua telah fix mulai dari pemuatan kata sambutan atas peluncurannya (lounching), pengaturan tabs video, foto, event, sampai pengisian konten yang menarik minat audien. Jangan terlalu terburu untuk share kepada teman, sahabat, keluarga jika memang kondisi fanspage dalam keadaan kosong.
  • Analisis dan Evaluasi perkembangan halaman Facebook, lakukan update konten secara berkala diwaktu penggemar anda sedang online. Dan analisa keakuratan konten dan minat penggemar. Evalusai perkembangan halaman facebook yang anda buat, sudah berhasil kah menurut target strategi marketing yang anda kehendaki.

Cara Membuat Halaman di Facebook

Sebelum jauh melangkah pada cara membuat fanpage, memastikan kalau anda sudah buat akun Facebook. Semakin banyak teman yang dimiliki atau group yang diikuti semakin besar peluang halaman FB banyak yang like.

Tahap 1:
Login menggunakan akun facebook yang anda punya. Setelah itu buka beranda facebook anda, fokus pada pojok kiri bawah pada tab Halaman > Buat halaman

cara membuat fanpage

Tahap 2:
Setelah keluar klasifikasi yang terdiri dari :

  • Tempat atau Bisnis Lokal
  • Perusahaan, Organisasi atau Institusi
  • Merek atau Produk
  • Artis, Grup, atau Tokoh Masyarakat
  • Hiburan
  • Gerakan atau Komunitas

Pilih dan sesuaikan dengan kategori bisnis yang akan dibuat. Pada contoh saya akan memilih klasifikasi Merek atau Produk

cara membuat facebook page untuk bisnis

Tahap 3:
Pilih kategori produk pada perusahaan anda dan isikan Nama Merek atau Produk, ini adalah judul tampilan halaman yang akan dipublikasikan ke penggemar. Lalu klik tombol Memulai

cara membuat fanspage profesional

Tahap 4:
Selanjutnya anda akan dibawa pada tampilan Pengaturan halaman facebook Pada tab Tentang isikan deskripsi singkat tentang produk halaman anda yang tidak lebih dari 155 karakter usahakan deskripsi pas. Isi url situs web anda, lalu tuliskan url facebook sesuaikan dengan judul. Baca ketentuan pembuatan nama pengguna khusus halaman Facebook

cara membuat fanspage untuk bisnis online

Tahap 5:
Pada tab Pemirsa Halaman Pilihan pada kolom pilihan Lokasi tentukan negara pengikut sesuai anda targetkan.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM
cara buat fanspage profesional

Tahap 6:
Masih pada tap Pemirsa Halaman Pilihan lalu pilihlah Umur, Jenis Kelamin dan Minat penggemar yang akan dibidik. Klik tombol Simpan

cara buat fanspage bisnis

Tahap 7:
Sebenarnya pada langkah ini halaman facebook sudah berhasil dibuat. Tinggal anda ikuti tahap selanjutnya sesuai yang diarahkan Facebook seperti, menyukai halaman anda sendiri, mempromosikan kepada pengguna FB lain. Tetapi lengkapi konten dahulu dan unggah foto sampul.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM

Sekian tutorial cara membuat halaman di Facebook untuk bisnis online profesional UKM. Semoga bisa membantu untuk usaha bisnis anda yang memanfaatkan social media untuk media promosi. Terima kasih telah membaca artikel pada blog tutorial ini.