CMMA BLOG News | 6 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Terhindar Dari Jerawat Agar Tidak Mengganggu Kepercayaan

6 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Terhindar Dari Jerawat Agar Tidak Mengganggu Kepercayaan

Kulit wajah yang bersih dan sehat adalah idaman setiap orang, namun seringkali jerawat menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Mengatasi jerawat tidak hanya melibatkan penggunaan produk perawatan kulit, tetapi juga memerlukan pendekatan untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Banyak yang belum paham mengenai cara merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat ini.

Dalam uraian ini, maka akan membahas berbagai cara merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat. Mulai dari kebiasaan sehari-hari yang harus diubah hingga rutinitas perawatan kulit yang efektif. Bagi yang penasaran maka langsung saja simak selengkapnya dibawah ini:

1. Cuci Muka 2 Kali Sehari

Cara merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat yang pertama bisa dimulai dengan cuci muka 2 kali sehari. Merawat kulit wajah yang berjerawat memerlukan langkah yang rutin, seperti mencuci wajah dua kali sehari—pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, pastikan untuk membersihkan wajah setelah banyak berkeringat atau jika terasa terlalu berminyak.

Saat mencuci, gunakan air bersih dan sabun dengan formula lembut yang tidak mengandung bahan kimia keras untuk menghindari iritasi. Sabun wajah yang mengandung sulfur bisa menjadi pilihan baik untuk perawatan ini.

Hindari menggosok wajah dengan keras karena hal ini dapat merusak jerawat dan membuat kondisinya lebih buruk.

2. Gunakan Pelembap dan Toner

Setelah membersihkan wajah, penting untuk menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan toner dan pelembap. Pilih produk yang bebas alkohol dan lembut di kulit agar lebih aman.

Produk dengan alkohol dapat menyebabkan iritasi, meningkatkan produksi minyak, dan memperburuk jerawat. Menggunakan produk yang lembut dapat membantu mencegah jerawat bertambah parah.

3. Hindari Menyentuh atau Memecahkan Jerawat

Untuk menghindari jerawat semakin buruk, jangan sentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih. Selain itu, hindari memecahkan jerawat karena dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas parut yang sulit hilang.

Sebagai alternatif, gunakan acne patch untuk melindungi dan mengeringkan jerawat. Stiker transparan ini membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat dengan efektif

4. Melindungi Kulit Wajah dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merangsang produksi minyak atau sebum di wajah, membuatnya lebih rentan terhadap komedo dan jerawat baru. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sinar matahari langsung ketika wajah sedang berjerawat.

Jika perlu, ketika berada di luar ruangan di bawah sinar matahari, aplikasikan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit. Pilihlah produk yang bebas minyak atau khusus dirancang untuk kulit berminyak.

5. Bersihkan Make Up di Wajah

Setelah menggunakan make up, penting untuk membersihkan wajah dengan tuntas. Hindari tidur dengan make up masih menempel di wajah karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Ketika memilih make up, carilah produk yang berlabel noncomedogenic atau nonacnegenic, karena produk ini dirancang khusus untuk tidak menyebabkan jerawat.

6. Gunakan Produk Perawatan Kulit untuk Wajah Berjerawat

Selain langkah-langkah sebelumnya, menggunakan produk perawatan yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat juga sangat penting. Produk ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida, retinoid, asam azaleat, asam salisilat, atau asam glikolat.

Bahan-bahan tersebut tidak hanya membantu mengurangi peradangan tetapi juga membunuh bakteri penyebab jerawat dan mendukung pemulihan kulit setelah jerawat menghilang.

Sebelum membeli produk, pastikan untuk membaca label dengan teliti dan mengikuti petunjuk penggunaannya untuk hasil terbaik.

Itulah penjelasan mengenai cara merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat. Pada penjelasan diatas terdapat enam cara dalam merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat.