Cara Menggunakan KeyBCA Pertama Kali & Aktivasi User ID ATM Baru

Jika kalian belum paham gimana cara menggunakan KeyBCA pertama kali? maka kamu bisa mengikuti langkah mengaktifkan alat keyBCA tersebut disini. Biasanya cara ini akan dilakukan setelah daftar internet banking BCA via mesin ATM maupun setelah buat rekening BCA baru. Agar bisa digunakan untuk transfer internet banking BCA atau transaksi belanja di toko online maka keyBCA harus di aktivasi.

Manfaat dan Fungsi KeyBCA

Ap itu KeyBCA? KeyBCA adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai kode keamanan dalam melakukan transaksi keuangan lewat website klikBCA. Biasa juga disebut tekon BCA, alat ini difungsikan untuk memberikan persetujuan proses kirim uang atau transaksi lain melalui internet banking klikBCA. Hal ini dimaksudkan mencegah orang lain melakukan pengiriman uang yang tidak kamu setujui karena dia tidak pegang secara fisik alat KeyBCA tsb.

Kode yang dihasilkan oleh keyBCA akan selalu berubah-ubah hanya sekali pakai saja dan seperti itulah cara kerja token BCA. Manfaat lain dari keyBCA selain bertransaksi transfer uang, pembelian dan pembayaran juga sebagai alat yang sifatnya non finansial. Artinya bisa sebagai cara aktivasi alat KeyBCA nya sendiri, menambah koneksi, menghapus koneksi dan registrasi tagihan kartu kredit BCA. Sumber dari: https://ibank.klikbca.com/privacy.htm

Cara Mendapatkan KeyBCA

Untuk mendapatkan KeyBCA ini caranya kamu harus datang ke kantor bank BCA dikotamu. Kemarin saya juga selesai membuat rekening BCA Xpresi lalu sekalian saja biar nggak ribet bolak-balik saya minta keyBCA ke CS bank, dengan membayar biaya 10 ribu. Untuk masalah jika keyBCA hilang atau rusak maka segera menghubungi Hallo BCA dengan nomor 1500888.

Terus segera datang langsung ke bank untuk ganti KeyBCA baru membawa persyaratan seperti: buku tabungan, kartu SIM atau E-KTP, kartu ATM BCA. Nah, jika masalahnya keyBCA terblokir bagaimana cara untuk mengatasi? sama saja segeralah menghubungi CS dan mendatangi kantor cabang BCA. Seperti itulah yang perlu teman-teman perhatikan untuk berjaga-jaga saat keyBCA bermasalah.

Cara Menggunakan KeyBCA Pertama kali untuk Aktivasi

Setelah memahai uraian di atas mengenai fungsi keyBCA serta cara mendapatkan keyBCA baru atau mengganti keyBCA yang rusak maupun terblokir. Sekarang mari melangkah pada cara aktivasi keyBCA dengan menghubungkan User ID.

NB: Pastikan teman-teman sudah mendaftar internet banking melalui mesin ATM dan sudah memegang struk yang berisi User ID yang sudah terdaftar di mesin ATM. Atau seperti pada kasus ini karena saya daftar internet banking dibantu admin bank BCA waktu pembuatan rekening yang dikirim ke email Gmail saya.

Cara Membuat PIN KeyBCA

Perlakuan pada keyBCA untuk membuat PIN bisa kamu lihat pada langkah berikut, jika masih pertama kali menggunakan keyBCA maka kita harus melakukan dengan cara seperti ini:

  • Menyalakan keyBCA dengan menekan tombol anak panah merah
    cara menggunakan keybca pertama kali

  • Masukkan kode aktivasi keyBCA yang ada di email, itulah yang disebut PIN keyBCA 8 digit
    pin keybca 8 digit
  • Setelah itu membuat PIN baru 6 digit angka disarankan sama dengan PIN ATM
  • Silahkan konfirmasi PIN dengan memasukkan PIN yang sama sekali lagi. Kalau sudah berhasil ditandai dengan tampil tulisan APPLI
    cara menggunakan keybca pertama kali untuk aktivasi token bca

Cara Aktivasi KeyBCA Melalui Internet Banking KlikBCA

1. Buka email yang kamu gunakan untuk akun bank BCA tersebut untuk melihat User ID dan kode. Jika belum jelas kamu bisa melihatnya seperti gambar di atas.
2. Jika sudah mendapati ID dan kodenya tapi yang diperlukan hanya User ID BCA saja pada langkah yang ini, kemudian silahkan masuk ke klikbca.com kamu bisa membuka melalui browser hp atau laptop terserah.
3. Saya pastikan kamu sudah berada di halaman klikBCA lalu klik Login dipilihan INDIVIDUAL

cara aktivasi keybca

4. Kemudian yang harus kamu masukkan dari kolom yang atas adalah User ID (yang di struk atau di email tadi) lalu masukkan PIN seperti saat kita memasukkan PIN di mesin ATM. Klik Login jika sudah!

cara mengaktifkan keybca

5. Jika sampai disini, biar nggak bingung kamu bisa mengganti bahasa dari menu Administration> Change Languange > Indonesia > Sumbit

cara mengganti bahasa di klikbca

6. Terus kalau bahasa sudah berganti maka yang perlu kamu pilih adalah menu Administrai > Aktivasi KeyBCA
7. Langkah selanjutnya lihat 16 digit angka yang ada di kartu ATM dan masukkan pada kolom NO. KARTU ATM, kemudian masukkan juga nomor seri keyBCA yang ada dibelakang alat KeyBCA.

contoh no kartu atm dan nomor seri keybca

# Perlakuan berikutnya pada keyBCA bisa kamu lihat seperti langkah berikut ini:

  • Nyalakan keyBCA dengan tekan tombol merah
  • Masukkan PIN keyBCA yang sudah kamu buat tadi
  • Kemudian akan muncul APPLI tekan angka 1
    cara mengaktifkan keybca yang terblokir
  • Lalu masukkan nomor unik tersebut di kolom “Respon KeyBCA APPLI 1”
    cara menghubungkan user id dengan keybca

Silahkan melihat contoh pengisian dari gambar agar tidak gagal aktivasi KeyBCA. Jikas semua kolom sudah terisi dengan benar maka silahkan klik tombol Kirim.

cara menghubungkan user id dengan keybca

8. Langkah terakhir maka akan muncul seperti gambar ini yang bertuliskan “AKTIVASI KEYBCA SUDAH SELESAI” ini tandanya sudah berhasil aktivasi keyBCA.

user id anda belum terhubung dengan keybca atau status keybca anda hilang/rusak/tutup/tidak aktif

Selesai dan mulai saat ini setiap kali kita akan melakukan transfer uang via intenet banking BCA harus menggunakan keyBCA. Simpan ditempat yang aman keyBCA teman-teman dan jangan pernah memberitahukan PIN pada siapapun kecuali dia adalah orang yang kalian percaya. Semoga panduan cara menggunakan keyBCA pertama kali ini bisa membantu!