20 Tips Belanja Online Baju Lebaran Aman & Cerdas, Yuk Beli!

Pengen tau tips belanja online baju lebaran? yuk baca-baca info ini yang bisa kamu terapkan untuk membeli keperluan pakaian lebaran agar aman dan tidak tertipu. Dengan menjamurnya toko online di Indonesia maka semakin banyak pula peluang oknum penjual nakal yang memanfaatkan saat-saat belanja online lebaran & ramadan.

Selain gangguan internal dari toko online maka tidak menutup kemungkinan ancaman jahat muncul dari luar. Transaksi keuangan yang terjadi disaat momen sebelum lebaran semakin meningkat. Sehingga kamu harus tetap hati-hati berbelanja online untuk keperluan ramadan dan lebaran tahun ini. Memang urusan belanja di toko online hanya memerlukan cara yang cukup mudah dan cepat.

tips belanja online baju lebaran aman dan cerdas yuk beli

Pun dalam segi waktu jauh lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan belanja baju lebaran di tanah abang, mall atau pasar tradisional misalnya. Kamu harus rela macet-macetan, panas dan berdesakan demi berburu baju untuk lebaran. Padahal tanpa belanja baju baru di hari raya tak jadi masalah. Namun banyak yang bilang “kalau nggak pas lebaran, nggak beli baju baru”.


20 Tips Belanja Online Baju Lebaran Aman & Cerdas, Yuk Beli!

Saya mengumpulkan beberapa tips berbelanja online yang aman demi menyandang predikat pembeli cerdas. Apa saja kira-kira cara, tips dan triknya? intip dan pahami disini ya guys, kedua puluh poinnya! Baca lebih lanjut 42 toko online yang bisa bayar ditempat

1. Daftar akun secara lengkap di toko online

Di era digital sekarang ini yang mungkin bisa dijabarkan sebagai zaman serba online. Maka dalam kegiatan jual-beli jika sebagai konsumen bisa menyiapkan akun belanja-mu. Namun akun pembelian toko online yang seperti apa? Misal kita membuat akun di Tokopedia, Shopee, Lazada atau ol shop lainnya maka lengkapi nomor hp & juga alamat pengiriman. Simpan kata sandi dan alamat email yang telah digunakan daftar, hal ini bertujuan mengamankan akunmu saat lupa.

2. Tentukan market place yang aman

Sebelum mulai pembelian baju secara online, perhatikan baik-baik situs online shop yang aman. Aman dalam artian aplikasi atau website yang memiliki verifikasi security atau protection. Biasanya pada toko online besar ditandai dengan ikon-ikon keamanan di footer (bagian bawah halaman situs). Jika sudah memeriksa beberapa market place mana saja maka tentukan, buatlah ceklis dari daftar toko online tersebut.

3. Aplikasi atau situs website ber-SSL https

Apa itu ssl https? ini merupakan alamat situs yang memiliki keamanan enkripsi. Bisa kamu lihat contohnya langsung di blog ini. Jika kamu membuka blog yang sedang kamu baca ini maka selalu diarahkan ke url https://cmmablog.com dan biasanya situs-situs yang seperti ini akan terenkripsi. Karena itu adalah perlindungan dari situs web sehingga data informasi hanya bisa dilihat pihak klien dan server.

4. Amankan smartphone dan laptop dari malware

Sebelum memulai berbelanja online entah lewat aplikasi toko online atau menggunakan laptop, sebaiknya bebaskan perangkat hp dan komputer-mu dari virus. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan seperti pencurian akun dari orang yang tak bertanggung jawab. Sayang sekali kan kalau akunmu memiliki cashback yang banyak lalu berpindah tangan.

5. Perhitungan budget yang tepat

Sebagai pembeli yang pintar, sebaiknya kamu menentukan budget yang akan dikeluarkan untuk membeli pakaian lebaran. Mengatur keuangan memang tidaklah mudah sehingga diperlukan kebiasaan dalam memanejemen pemasukan dan pengeluaran. Memang sih, sebagai pekerja kamu akan memperoleh Tunjangan Hari Raya. Tapi hitung dulu secara detail, buat daftar belanja sesuai kebutuhan saja jangan sampai berlebihan.

6. Komparasi harga barang pembelian

Komparasi atau perbandingan harga sangat diperlukan lho. Misalnya di ol-shop Bukalapak jual gamis murah dengan brand yang sama di toko sebelah maka jangan langsung memasukkan kedalam keranjang belanja. Bandingkan harga gamis tersebut di Zoya, Elzatta atau Zalora, jika dari toko online yang fokus menjual pakaian wanita muslim lebih murah boleh langsung dibeli. Perbadingan harga ini kita perlukan jika ingin mendapatkan baju lebaran murah dan berkualitas.

7. Tentukan jenis model baju pakaian yang dibeli

Sebelum membeli baju lebaran sebaiknya perhatikan jenis pakaian yang lagi trend sekarang ini. Memang sih untuk jenis pakaian sekarang ini sangat bermacam-macam yang tercipta dai karya tangan desainer lokal dan luar negeri. Namun belum tentu model baju yang kekinian akan pantas dikenakan, jadi tetap perhatikan postur tubuhmu ya!

8. Paham ukuran baju atau pakaian

Memahami ukuran baju juga dibutuhkan dalam urusan belanja online. Apalgi untuk membeli baju lebaran, jangan sampai saat bersilaturhami nanti ukuran bajumu kegedean atau kekecilan. Bisa malu kan kalau memang ukuranya tidak cocok dengan ukuran tubuh kita. Dengan adanya online shop seperti SaleStock yang bisa dicoba dulu ditempat pengiriman lalu kalau tidak pas bisa kita kembalikan ke kurir untuk meminta tukar ukuran. Siap retur! jadi kalau tidak muat bisa ditukarkan kembali.

9. Memilih pakaian sesuai warna kulit

Bukan saja gendut atau langsingnya tubuh yang menjadi patokan untuk membeli baju hari raya namun warna kulit juga mempergaruhi lho. Jika usia muda dan warna kulitmu sawo matang maka pilihlah pakaian yang terkesan soft dengan kombinasi sedikit mencolok dibagian atasan. Pertimbankan untuk memilih warna-warna pastel sehingga akan terlihat simpel minimalis.

10. Periksa deskripsi produk

Diskripsi poduk toko online memang ditulis oleh admin penjualnya. Nah, untuk tips belanja online yang perlu kamu coba saat belanja baju lebaran adalah memperhatikan detail keterangan tersebut sebelum memasukkan troli dan melakukan proses pemabayaran. Jangan sampai menyesal kalau tidak sesuai gambar dan deskripsi produk pembelian.

11. Perhatikan promo di online shop incaranmu

Biasanya banyak sekali promo yang muncul disaat momen-momen tertentu seperti hari libur nasional, tanggal gajian dan THR menjelang hari raya. Namun tetap perthatikan syarat dan ketentuan yang berlaku dari tiap-tiap diskon atau voucher belanja. Jangan sampai terjebak dalam mendapatkan promo baju lebaran dan momen ramadan tahun 2018 ini ya guys! tau sendiri kan, kalau kata-kata promo itu selalu terlihat manis.

12. Jangan tergoda harga barang murah

Siapa sih yang nggak ingin membeli barang dengan harga murah dan berkualitas bagus? dan mayoritasnya kalau belanja sesuatu kita berharap hal tersebut. Sehingga kita fokus mencari barang belanja di toko online yang murah. Sekali lagi tetap berhati-hatilah, apalagi yang kamu temukan adalah barang branded dengan harga miring. Perlu dicek ulang nih! mengecek diawal lebih baik daripada beli barang kw yang ngaku-ngaku asli.

13. Pertimbangkan baju seragam lebaran keluarga

Mau tampil kompak dengan anggota keluarga yang lainnya? kalau iya pertimbangkan pilihan model baju couple untuk lebaran. Karena belinya satu paket maka harapannya mendapatkan harga baju muslim yang lebih murah daripada beli satuan. Lumayan jika untuk satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan 1 atau 2 orang anak dengan budget di bawah 2 jutaan. Nggak ada salahnya kalau kamu mencari inspirasi baju lebaran keluarga artis dari tahun terdahulu bahkan 2018 ini.

14. Pilih kurir pengiriman yang terbaik

Pemilihan jasa pengiriman juga sangat penting kawan, sebab ini akan menentukan barang pembelian sampai lebih cepat maupun lambat. Untuk tips belanja secara online, bukanlah seller yang berperan dalam hal pengiriman. Pihak ekspedisi-lah yang mengantarkan baju lebaranmu sampai di rumah atau tempat pengiriman. Dengan banyaknya dukungan pengiriman seperti JNE, J&T express, Tiki, Pos Indonesia maka pilihlah yang termurah dan terbaik pelayanannya.

15. Tentukan opsi pembayaran yang aman

Sekarang ini untuk opsi pembayaran yang disediakan pada online shop di Indonesia sangat bervariatif. Mulai dari cara bayar tunai di tempat (COD), transfer bank, dengan kartu kredit atau bayar di Indomaret / Alfamart. Semua bisa dijadikan pilihan-pilihan dari metode pembayaran yang tersedia.

16. Simpanlah bukti pembayaran

Jika sudah membayar belanjaan dari opsi bayar yang kamu pilih. Sebaiknya simpan struk atau bukti pembayaran tersebut, hal ini digunakan untuk konfirmasi pembayaran jika diperlukan. Oh iya, bukti transfer ini juga bisa kamu simpan untuk mengelola data keuanganmu. Kira-kira itu adalah salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros.

17. Berbelanja di minggu awal ramadan

Momen puasa ramadan sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia. Karena ini adalah bulan penuh rahmat, penuh berkah dan ampunan. Jika pencapian awal minggu untuk berpuasa sudah kita lakukan secara ikhlas. Tak ada salahnya pada minggu pertama ramadan untuk mencicil belanja busana lebaran. Kemungkinan besar di awal minggu ini para ol-shop mulai memberikan promo murah meriah baju muslim terkini.

18. Tracking baju pesanan dan terima barang dengan aman

Setelah selesai melakukan pembelian pakaian yang kamu harapkan maka langkah selanjutnya yaitu tracking barang belanja sudah sampai mana. Melakukan pelacakan bisa melalui nomor resi yang dapat di cek lewat official website dari jasa pengiriman atau melihatnya langsung di profil akun toko online.

19. Hindari keserakahan

Keserakahan dalam hal apapun dalam kehidupan kita ini tidak diperbolehkan oleh Allah. Maka itu sebagai hamba yang bertakwa hindari belanja online secara berlebihan. Meskipun sifat dasar manusia adalah tidak pernah puas, alangkah baiknya sebagian harta tersebut kita sisihkan untuk kaum yang membutuhkan apalagi di bulan yang penuh hikmah.

20. Bersyukurlah

Bersyukur merupakan perbuatan sederhana, murah dan mudah bagi orang yang mampu melakukannya secara lisan, hati dan tindakan. Dengan begitu nikmat yang diberikan sang Illahi bisa kita syukuri mulai sekarang, jika kita lupa alangkah indahnya selalu berusaha mencari nikmat rizki yang diberikan-Nya. Karena jika rizki berupa materi untuk memenuhi segala kebutuhan hidup, seperti istilah Jawa “sandang, pangan dan papan” sudah terpenuhi.

Kita bisa membayangkan berapa banyak orang yang tidak bisa pulang kampung untuk berlebaran di kampung halaman. Tidak memberikan makna “baju baru” yang bearti jika seperti itu, namun makna “baju baru” yang sesungguhnya akan kita peroleh dari Allah jika kita beribadah secara sungguh-sungguh hanya karena-Nya baik dibulan ramadan dan sesudahnya.

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat dimuat disini tapi saya rasa kedua puluh cara dan tips belanja online baju lebaran diatas mampu memberikan rasa aman dan strategi yang cerdas untuk membeli segala kebutuhan. Semoga menginspirasi, terima kasih.