Saat Maag Sedang Kambuh, Bisa Sampai Tak Sadarkan Diri

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI,) Prof. Dr. Dr. Ari Fahrial Syam, melalui unggahan di Instagram mengatakan penderita sakit maag bisa mengalami rasa nyeri yang hebat, bahkan hingga tak sadarkan diri.

“Apakah orang sakit maag itu ketika mengalami serangan sampai bisa sedemikian sakitnya dan tidak sadarkan diri? Jawabannya bisa,” kata dokter penyakit dalam subspesialis konsultan gastroenterologi dan hepatologi itu.

Ia menjelaskan lebih lanjut kondisi peningkatan asam lambung yang berlebihan tentu akan menyebabkan gangguan pada lambung. Apalagi jika sudah terdapat luka di sana sehingga peningkatan asam lambung akan menyebabkan rasa tidak nyaman yang luar biasa.

“Dan sebagian pasien-pasien tersebut bisa juga mengeluh merasa sesak napas, susah bernapas, kenapa? Karena memang asam lambung itu bisa saja naik ke atas, refluks yang kita bilang dengan GERD,” imbuhnya.

Kondisi peningkatan asam lambung membuat penderita tidak nyaman yang semakin parah apabila ditambah mengalami stres dan kelelahan serta lambung dalam keadaan kosong. Menurut Ari, produksi gas lambung juga mungkin saja meningkat, yang menyebabkan rasa begah luar biasa sehingga penderita kesulitan untuk bernapas.

“Bagaimana menyiasatinya? Tetap tenang. Kalau memang ada obat penekan asam lambung silakan dikonsumsi atau obat-obat seperti antasida juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut,” kata Ari.

Pesan Arditho Pramono

Sebelumnya, penyanyi Ardhito Pramono jatuh pingsan saat tampil di acara Pesta Malam Minggu di Medan, Sabtu, eleven Februari 2023. Hal itu diketahui melalui unggahan video warganet yang beredar di media sosial. Sehari kemudian, Ardhito memberi kabar tentang kondisinya melalui unggahan Instagram Story dan menyatakan mengidap maag akut.

Dalam unggahan yang berbeda, penyanyi berusia 27 tahun itu juga membagikan detail kondisi yang dialami. Ia mengaku kerap mengabaikan pola makan dan tidak teratur, termasuk minum kopi berlebihan saat perut dalam keadaan kosong, ditambah faktor pikiran dan jam tidur yang tidak teratur.

“Rasa perih yang luar biasa di ulu hati dan menjalar sampai dada yang sakitnya seperti ditusuk menembus sampai pundak seketika membuat saya terjatuh saat menutup penampilan kami di Medan,” tulis Ardhito.

Ia pun mengingatkan kepada para penggemar dan orang muda lain untuk menyadari pentingnya menjaga kesehatan dari sekarang.

Sumber Berita : https://gaya.Tempo.Co/examine/1691168/sebab-penderita-maag-bisa-sampai-tak-sadarkan-diri