CMMA BLOG News | 5 Penyebab Google Chrome Lemot, Ternyata Tidak Hanya Masalah Koneksi Saja

5 Penyebab Google Chrome Lemot, Ternyata Tidak Hanya Masalah Koneksi Saja

Google Chrome dikenal sebagai salah satu peramban web paling populer di dunia karena kecepatannya dan fitur-fiturnya yang lengkap. Namun, tidak jarang pengguna mengalami masalah di mana Google Chrome menjadi lemot. Sehingga banyak yang mencari tahu penyebab google chrome lemot ini.

Google chrome lemot tentu sangat mengganggu produktivitas dan kenyamanan ketika menggunakannya. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan Google Chrome berjalan lebih lambat dari biasanya. Pada uraian ini akan dibahas secara lengkap dan detail:

1. Koneksi Internet

Penyebab google chrome lemot yang pertama adalah koneksi internet. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, koneksi internet yang tidak stabil seringkali menjadi faktor utama yang membuat Google Chrome lambat saat digunakan. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan cache pada peramban pengguna.

Namun, perlu diingat bahwa membersihkan cache hanya merupakan solusi sementara. Untuk memastikan apakah masalahnya memang pada koneksi internet, pengguna juga bisa memeriksa router atau jaringan internet pengguna. Kemungkinan besar, masalah pada koneksi ini yang menyebabkan Google Chrome menjadi lambat.

2. Terlalu Banyak Instal Ekstensi

Kemungkinan lainnya adalah karena terlalu banyak ekstensi yang terpasang di Google Chrome. Fitur ekstensi ini memang sangat membantu dalam pekerjaan, tetapi jika terlalu banyak, bisa menyebabkan Google Chrome menjadi lambat.

Untuk itu, disarankan agar pengguna menghapus ekstensi yang tidak diperlukan. Dengan demikian, kecepatan akses di Google Chrome dapat kembali normal.

3. Terlalu Banyak Membuka Tab dan Windows

Banyak pengguna mungkin tidak menyadari bahwa membuka terlalu banyak tab atau jendela di Google Chrome secara bersamaan dapat memberikan dampak negatif pada kinerja perangkat mereka. Saat pengguna membuka banyak tab, setiap halaman web yang terbuka membutuhkan memori dan sumber daya untuk tetap aktif.

Ini termasuk elemen-elemen seperti gambar, video, dan skrip yang berjalan di latar belakang, semuanya menambah beban pada sistem pengguna.Seiring bertambahnya jumlah tab dan jendela yang terbuka, semakin besar pula beban yang harus ditanggung oleh prosesor dan memori perangkat pengguna.

Jika spesifikasi perangkat pengguna, baik itu laptop atau komputer, tidak cukup kuat, ini bisa menyebabkan Google Chrome menjadi lambat atau bahkan tidak responsif. Kondisi ini biasanya terjadi pada perangkat dengan spesifikasi rendah, dimana memori yang terbatas tidak mampu menangani beban multitasking yang berat.

4. Banyak Background App

Penyebab paling umum dari melambatnya kinerja PC adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, sering disebut sebagai background apps. Aplikasi-aplikasi ini mungkin tidak terlihat secara langsung, tetapi mereka tetap menggunakan sumber daya sistem seperti memori dan daya pemrosesan.

Kondisi ini sering terjadi terutama ketika pengguna sering menggunakan aplikasi web yang sama berulang kali, atau ketika pengguna memiliki banyak ekstensi terpasang di Google Chrome.Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa memeriksa aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang dan menonaktifkan yang tidak diperlukan.

5. Update Google Chrome

Salah satu alasan mengapa Google Chrome bisa menjadi lambat saat digunakan adalah karena perangkat lunaknya yang belum diperbarui ke versi terbaru. Setiap pembaruan yang dirilis oleh Google biasanya membawa peningkatan kinerja, perbaikan bug, dan fitur keamanan yang lebih baik.

Jika pengguna tidak memperbarui Google Chrome secara berkala, pengguna mungkin akan mengalami penurunan kecepatan, serta berisiko terkena masalah keamanan yang sudah diperbaiki di versi terbaru.

Selain itu, pembaruan juga seringkali memperbaiki masalah kompatibilitas dengan sistem operasi terbaru atau perangkat keras tertentu. Dengan tidak memperbarui Chrome, pengguna mungkin akan mengalami masalah dengan stabilitas dan kinerja, terutama saat menjalankan aplikasi web yang lebih canggih atau saat membuka banyak tab secara bersamaan.

Itulah penjelasan mengenai penyebab google chrome lemot. Pada penjelasan yang sudah dijelaskan diatas tadi terdapat lima pemicu yang menyebabkan google chrome ini lemot. Bagi pengguna yang sedang mengalami hal ini maka bisa simak beberapa pemicunya diatas.