CMMA BLOG News | 5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja tak terkecuali untuk kalangan anak muda. Sebenarnya penyebab gagal ginjal di usia muda ini cukup beragam. Dimana, beberapa penyebab tersebut terkadang tidak disadari.

Seperti yang telah diketahui bahwa, ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Hal ini dikarekana, organ ginjal ini dapat berfungsi sebagai penyaring darah dalam tubuh dan j uga dapat mengeluarkan racun yang ada.

Sehingga jika organ ini rusak tentu akan dapat berpengaruh besar bagi tubuh manusia. Lantas apa saja penyebab gagal ginjal yang dapat terjadi di usia muda ini? Untuk itu, simak daftarnya berikut ini:

1. Terlalu Sering Makan Makanan Manis

Selain kekurangan asupan air putih, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula juga dapat menyebabkan masalah ginjal pada usia muda. Ini disebabkan oleh dampak konsumsi gula yang berlebihan yang dapat meningkatkan risiko hipertensi dan diabetes, kedua kondisi ini merupakan faktor risiko utama dalam masalah ginjal.

2. Kurang Minum Air Putih

Salah satu alasan di balik kegagalan ginjal yang sering kali tidak disadari adalah kurangnya minum air putih setiap hari. Ginjal memerlukan asupan cairan yang mencukupi untuk menjalankan fungsinya dengan baik dalam mengeluarkan kelebihan cairan, elektrolit, dan racun dari tubuh.

Tak hanya itu, konsumsi air putih yang mencukupi juga merupakan langkah preventif untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Sebuah pedoman untuk individu yang sehat adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum setidaknya 2 liter air putih setiap harinya. Namun, bagi mereka yang mengalami masalah ginjal, disarankan untuk membatasi asupan cairan.

Hal ini disebabkan oleh penurunan kemampuan ginjal dalam mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh, sehingga konsumsi cairan yang berlebihan bisa menyebabkan pembengkakan (edema) pada organ lain seperti paru-paru dan jantung.

3. Kebiasaan Minum Alkohol

Salah satu faktor yang berkontribusi pada gagal ginjal pada usia muda adalah konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gagal ginjal kronis hingga dua kali lipat. Risiko tersebut dapat meningkat lebih lanjut menjadi lima kali lipat apabila individu tersebut juga merokok.

4. Makan Daging Berlebihan

Meskipun daging memiliki rasa yang enak, jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak seimbang dengan makanan sehat lainnya, dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan, termasuk risiko gagal ginjal pada usia muda. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar asam dalam darah akibat konsumsi daging, yang dapat menyebabkan asidosis, yaitu kondisi dimana pH darah menjadi terlalu asam.

Meskipun penting untuk mengonsumsi daging guna memenuhi kebutuhan protein hewani yang mendukung pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel tubuh, namun disarankan untuk seimbangkan dengan asupan sayur dan buah.

5. Penggunaan Obat NSAID dalam Jangka Panjang

Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen dan aspirin, dalam jangka waktu yang panjang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal pada usia muda. Hal ini disebabkan karena obat-obatan tersebut memiliki potensi untuk memicu perkembangan penyakit ginjal kronis yang dikenal sebagai nefritis interstisial kronis.

Perlu diketahui bahwa pada label kemasan obat NSAID biasanya disarankan untuk tidak menggunakan obat tersebut selama lebih dari 10 hari untuk meredakan rasa nyeri dan tidak melebihi 3 hari untuk mengatasi gejala demam. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mengikuti anjuran dokter saat akan mengkonsumsi obat NSAID.

Itulah uraian terkait dengan penyebab gagal ginjal di usia muda. Sehingga dengan adanya berbagai penyebab ini sebaiknya segera hindari agar tidak terjadi masalah kesehatan serius untuk kedepannya.