CMMA BLOG News | 7 Manfaat Buah Naga Untuk Bayi Sebagai Pendamping ASI

7 Manfaat Buah Naga Untuk Bayi Sebagai Pendamping ASI

Buah naga, dengan warna yang cerah dan rasa yang manis, tidak hanya menarik perhatian orang dewasa tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan untuk bayi. Manfaat buah naga untuk bayi ini sangat bagus. Kandungan nutrisinya yang kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan menjadikan buah naga sebagai pilihan yang ideal untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Memberikan buah naga kepada bayi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh,. Selain itu, buah naga juga dikenal sebagai sumber hidrasi yang baik karena kandungan airnya yang tinggi, sehingga cocok untuk menjaga bayi tetap terhidrasi dengan baik.

Untuk lebih lengkapnya maka bisa simak dibawah ini mengenai manfaat buah naga untuk bayi.

1. Mencegah Pilek

Pada tahun-tahun pertama kehidupannya, bayi bisa mengalami pilek sebanyak 8-10 kali dalam setahun, terutama jika orang-orang di sekitarnya, seperti pengasuh, juga sering pilek. Sistem kekebalan bayi yang masih berkembang membuatnya lebih rentan terhadap infeksi ini.

Agar bayi tidak mudah terkena pilek, ketika mulai mengkonsumsi MPASI, penting bagi orang tua untuk memberikan makanan yang kaya akan antioksidan, serta vitamin A dan C. Buah naga adalah salah satu sumber vitamin ini.

Dengan asupan vitamin A dan C yang memadai, sistem imun bayi bisa lebih terjaga dan diperkuat, sehingga bayi menjadi lebih tahan terhadap penyakit, termasuk pilek.

2. Mencegah Sembelit

Buah naga kaya akan serat prebiotik, yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di usus (probiotik). Dengan asupan probiotik yang cukup, keseimbangan antara bakteri baik dan jahat di saluran pencernaan dapat terjaga, mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Selain itu, buah naga juga mendorong pertumbuhan probiotik seperti lactobacilli dan bifidobacteria. Kedua jenis bakteri ini membantu melawan virus penyebab penyakit dan memfasilitasi pencernaan makanan, sehingga BAB bayi menjadi lancar dan bayi terhindar dari sembelit.

3. Menurunkan Resiko Terkena Anemia

Kekurangan zat besi bisa membuat bayi rentan terhadap anemia, suatu kondisi yang serius karena bisa menghambat kenaikan berat badan dan mengganggu tumbuh kembangnya.

Untuk mencegah anemia, penting untuk memberikan makanan yang kaya zat besi, salah satunya adalah buah naga. Buah ini juga kaya akan vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Selain itu, kandungan air dan elektrolit dalam buah naga sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan bayi setiap hari, mencegah dehidrasi, terutama bagi bayi yang sering pilih-pilih makanan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lain dari buah naga untuk bayi adalah dalam menjaga kesehatan mata. Buah ini kaya akan omega-3, serta vitamin A dan C, yang semuanya berperan penting dalam mencegah kekeringan pada mata dan memperbaiki kerusakan akibat infeksi.

Selain itu, buah naga merah mengandung flavonoid antosianin yang terbukti mampu meningkatkan kesehatan mata.

5. Mengoptimalkan Tinggi Badan Bayi

Vitamin C dalam buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Vitamin ini melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, serta meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap lembab dan elastis.

6. Mempercepat Penyembuhan Iritasi Kulit

Buah naga mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang bayi. Dengan menjadikan buah naga sebagai bagian dari makanan pendamping ASI (MPASI), kebutuhan mineral-mineral tersebut dapat terpenuhi, sehingga kesehatan tulang terjaga dan pertumbuhan tinggi badan bayi dapat optimal.

7. Mempercepat Penyembuhan Iritasi Kulit

Kulit bayi lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Kondisi yang terlalu lembab atau paparan bahan kimia iritan, seperti sabun atau bahan popok yang tidak cocok, dapat menyebabkan ruam yang gatal dan tidak nyaman.

Untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan iritasi kulit, penting memberikan asupan vitamin C yang cukup. Vitamin C membantu menjaga kesehatan kulit bayi, melindunginya dari sinar matahari, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, dan meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap lembab, elastis, dan sehat.

Sumber vitamin C yang dapat diberikan kepada bayi termasuk buah naga, jeruk, stroberi, jambu biji, dan pepaya.

Itulah penjelasan sekilas mengenai manfaat buah naga untuk bayi yang perlu diketahui bagi orang tua baru. Jadi, buah naga bisa menjadi rekomendasi MPASI bayi yang bisa dicoba di rumah. Atau bisa juga mengolahnya sebagai puree, puding, atau es loli agar bayi lebih lahap.