CMMA BLOG News | 6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Wajib Dihindari

6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Wajib Dihindari

Bagi penderita penyakit kolesterol, tentu harus menghindari beberapa makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Hal ini lantaran, biasanya penyakit kolesterol ini akan kambuh karena penderitanya makan makanan yang telah dipantang tersebut.

Perlu diketahui bahwa, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang jelas telah dilarang untuk penderita kolesterol tersebut, tentu akan dapat menyebabkan berbagai masalah serius untuk kedepannya. Sebaiknya kenali terlebih  dulu apa saja makanan yang harus dihindari bagi penderitanya.

Seperti yang telah diketahui bahwa kelebihan dalam segala hal tidaklah menguntungkan. Ambil contoh kadar lemak dalam tubuh, meskipun tubuh membutuhkan jenis lemak tertentu, jika kadar lemaknya terlalu tinggi, dapat mengancam kesehatan.

Lantas apa saja jenis makanan yang tidak boleh dimakan bagi para penderita kolesterol ini? Untuk  itu, simak beberapa pantangannya berikut ini:

1. Lemak Jenuh

Makanan yang memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi seperti santan kelapa, daging olahan seperti kornet dan sosis, minyak kelapa sawit, dan mentega, dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Lebih baik untuk menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Sebagai alternatif, daripada menggunakan minyak kelapa sawit atau mentega, disarankan untuk memilih minyak zaitun.

2. Gorengan

Gorengan mengandung tinggi kalori dan lemak trans/lemak jenuh, yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Demikian juga, sayuran yang digoreng, seperti kol goreng, memiliki dampak serupa. Oleh karena itu, bagi individu dengan kolesterol tinggi, disarankan untuk membatasi konsumsi gorengan. Sebagai alternatif, makanan dapat diolah dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang untuk menjaga kesehatan.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol berikutnya adalah menghindari konsumsi makanan cepat saji atau fast food. Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, disarankan untuk mengurangi asupan makanan cepat saji.

Selain tinggi kolesterol, makanan cepat saji juga mengandung lemak jenuh dan lemak trans, serta gula tinggi yang dapat meningkatkan risiko kolesterol dan masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, hipertensi, dan obesitas.

Lemak trans dalam makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol baik, yang berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

4. Daging Merah

Makanan yang perlu dihindari karena tinggi kolesterol berikutnya adalah daging merah atau produk daging olahan. Sebagian besar makanan instan seperti burger dan sosis mengandung daging merah yang kaya lemak jenuh.

Selain memicu peningkatan kadar kolesterol, konsumsi daging olahan juga sering dikaitkan dengan risiko kanker dan penyakit jantung. Maka sebaiknya, konsumsi makanan ini perlu dibatasi atau dihindari.

5. Jeroan Daging

Makanan organ, seperti jeroan, mengandung banyak zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya karena tingginya kadar kolesterol dan purin yang terdapat di dalamnya. Penderita kolesterol dan asam urat sebaiknya membatasi asupan makanan jenis ini.

6. Telur Ayam

Sebuah butir telur dari ayam ras (ayam negeri) dengan keseluruhan bagian kuning dan putihnya memiliki sekitar 164 miligram kolesterol. Namun, kandungan kolesterol dalam kuning telurnya saja mencapai sekitar 242 miligram. Lebih baik untuk mengonsumsi sumber protein alternatif yang lebih rendah risiko, seperti tahu dan tempe, daripada telur yang digoreng dengan minyak kelapa sawit.

Itulah uraian terkait dengan makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Sehingga jika telah terbukti menderita penyakit kolesterol, sebaiknya hindari beberapa makanan yang telah disebutkan di atas.