7 Keuntungan Profil & Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Bagaimana cara membuat akun instagram bisnis? mudah banget kok guys. Kalian hanya perlu meluangkan sedikit waktu saja untuk mengganti akun IG personal kalian menjadi profil bisnis.

Dijaman sekarang banyak para pebisnis yang mulai melirik Instagram sebagai sarana dan fasilitas penunjang dalam berbagai kegiatan bisnis. Bahkan banyak diantara mereka yang sudah lama menggunakan Instagram dalam kegiatan bisnis online. Seperti dalam hal membuat iklan di Instagram maupun transaksi jual beli online lainnya.

Terlebih lagi sekarang Instagram sudah menyediakan fitur yang bisa mengubah akun personal kalian menjadi akun bisnis. Seakan sejalan banget kan dengan apa yang dibutuhkan oleh para pebisnis jaman now. Tentunya menggunakan profil bisnis Instagram memiliki banyak keuntungan guys. Simak penjelasan berikut ini.

Keuntungan Profil Bisnis Instagram

1. Memudahkan Pebisnis Membaca Insight

Percuma dong kalau punya akun Instagram yang ramai banyak pengikut tapi tidak bisa membaca Insight. Yaps masalah ini akan selesai saat kalian mengganti profil pribadi menjadi bisnis. Untuk mengakses Insight, klik ikon ‘Statistik’ yang terletak di kanan atas akun Instagram kalian. Lalu, apa saja yang dapat dibaca dalam Insight?

CMMA BLOG News | 7 Keuntungan Profil & Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Ada cukup banyak, mulai dari statistik jumlah follower dan kiriman, sampai jumlah tayangan, kunjungan profil, jangkauan, interaksi, jelajah, impresi profil, jumlah klik situs, klik telepon dan klik email.

Untuk follower Instagram kalian juga bisa melihat berdasarkan range usia, gender, dan wilayah. Kalian juga bisa melihat postingan terpopuler dan jam postingan paling banyak diakses oleh pengguna. Dengan data Insight ini, tentu saja akan lebih memantapkan kalian untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis dan menentukan strategi selanjutnya.

2. Jangkauan Semakin Luas

Dari namanya saja sudah profil bisnis, pastinya sang developer sudah mengoptimalkan fitur ini untuk memudahkan dan membantu siapa saja yang ingin melakukan kegiatan bisnis online khusus nya via Instagram. Tentunya jangkauan akan menjadi lebih luas dibandingkan akun personal apalagi akun yang di mode privat.

Dengan luasnya jangkauan yang didapat, maka akan semakin memperbanyak kesempatan untuk dikenal orang. Apabila akun tersebut dikenal banyak orang, maka akan semakin banyak potensi orang untuk mengikuti akun tersebut. Pun cara membuat akun Instagram untuk bisnis cukup mudah banget.

CMMA BLOG News | 7 Keuntungan Profil & Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Sehingga ketika kalian mengirimkan sebuah konten, maka akan semakin banyak yang melihat dan potensi tertarik untuk berinteraksi juga semakin tinggi. Sebaliknya jika sebuah akun diikuti sedikit orang, maka saat akun tersebut mengirimkan konten akan sedikit juga yang tertarik dan menanggapinya.

Pastikan akun media sosial kalian terhubung satu sama lain. Mulai dari Instagram bisnis, Facebook, Twitter, line, YouTube, dan sebagainya. Jika salah satu akun memposting sesuatu, jangan lupa untuk share ke akun sosial media lainnya. Karena hal itu akan semakin memperluas jangkauan kalian dalam berbisnis.

3. Mempromosikan Produk Lebih Mudah

Selain memperluas jangkauan, dalam profil Instagram bisnis juga menyediakan fitur untuk mempromosikan produk kalian dengan Instagram ads (beriklan Instagram). Karena jika hanya mengunggah konten biasa, jangkauan tidak akan seluas jika menggunakan fitur promote. Dengan menggunakan fitur promote di instagram, jangkauan bisa diperluas lagi. Bahkan apa yang kalian promosikan tersebut dapat muncul pada beranda akun yang tidak memfollow akun IG kalian. Tentunya hal ini akan membawa banyak manfaat bagi kita.

CMMA BLOG News | 7 Keuntungan Profil & Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

4. Terdapat Informasi Kategori Bisnis

Didalam profil Instagram bisnis, kalian juga dapat menampilkan kategori bisnis apa yang kalian miliki. Kategori bisnis dalam sebuah akun akan menjadi informasi penting bagi para calon konsumen. Untuk itu, perlu adanya kategori bisnis sebagai acuan para konsumen untuk mengenal identitas suatu akun bisnis.

Pada akun bisnis Instagram terdapat banyak pilihan kategori bisnis. Fitur ini sudah disediakan sejak awal kalian mendaftar atau menggunakan profil Instagram bisnis. Banyak sekali pilihan kategori yang tersedia, seperti agen perjalanan, belanja & ritel, desain & fashion, hotel & penginapan, keuangan dan lain sebagainya. Dan pastinya akan sangat memudahkan para konsumen mengetahui jenis usaha apa yang ada pada Instagram bisnis kalian.

5. Tahu Waktu Terbaik Untuk Memposting

Setelah membaca informasi dari insight, kalian kini dapat menentukan waktu terbaik untuk memposting. Bagaimana caranya? Dengan cara melihat data statistik jam dan hari dimana postingan kalian paling banyak mendapatkan respon. Jadi, kalian kini tidak lagi harus menebak- nebak lagi apakah postingan kalian akan direspon banyak orang atau tidak.

Biasanya waktu terbaik menggunggah konten adalah ketika jam istirahat makan siang, jam pulang kerja dan di tengah malam. Untuk waktu tengah malam, tidak perlu khawatir tak mendapatkan respon. Karena masih banyak orang-orang yang aktif bekerja pada waktu tersebut, Atau hanya sekedar menghabiskan kuota internet tengah malam. Jadi mengupload konten juga bisa dilakukan ketika jam orang-orang sedang beristirahat.

6. Calon Pembeli Atau Customer Bisa Menghubungi Kalian dengan Mudah

Saat sudah menjadi akun bisnis maka akan semakin memudahkan kalian untuk berinteraksi dengan calon pembeli atau customer. Karena adanya tiga tab kontak tersebut, maka akan semakin memperpendek jarak antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli online.

Dari sisi penjual, kalian dapat meminimalisir adanya lost order. Dan dari sisi pembeli atau customer, akan lebih mudah dalam menyampaikan kritik maupun keluhannya kepada penjual apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan apa yang ada pada gambar.

7. Membalas Komentar dengan Mudah via Fanpage

Saat kalian sudah mengubah akun Instagram menjadi bisnis, kalian diminta untuk menghubungkannya dengan fanpage atau halaman Facebook. Di saat fanpage dan Instagram kalian sudah terhubung, kalian dapat melihat notifikasi komentar di fanpage, sekaligus membalas pesan yang masuk via fanpage tersebut. Karena terhubung dengan fanpage juga dapat memudahkan calon customer atau pembeli menemukan produk kalian jika ingin membuka toko online di Instagram.

Naah demikianlah keuntungan profil bisnis di instagram. Setelah mengetahui banyak keuntungan yang akan kalian peroleh jika membuat profil bisnis dalam akun Instagram kalian, pastinya tertarik dong untuk mengganti akun personal kalian menjadi akun bisnis. Lalu bagaimana cara mengganti profil bisnis di Instagram? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Ikuti saja beberapa persiapan berikut ini sebelum mengganti pofil Instagram personal ke akun Instagram bisnis.

Daftar Akun Instagram

Jika kalian belum memiliki akun instagram , kalian bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk dari link

Menyiapkan Halaman Facebook

Apabila belum memiliki akun Facebook kalian bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti cara membuat halaman FB

Langkah-langkah Membuat Profil Bisnis di Instagram

Setelah kalian sudah membuat akun instagram dan halaman Facebook, nah sekarang kalian sudah dapat melakukan setelan ke akun Instagram bisnis. Lihat contoh pada langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Pertama, buka akun Instagram yang sudah dibuat tadi. lalu masuk ke bagian profil instagram kalian dan klik 3 titik di pojok kanan atas seperti gambar berikut ini. Setelah masuk pada menu “Pengaturan” selanjutnya scroll kebawah dan silahkan pilih “Beralih ke Akun Bisnis” seperti gambar  ini dan klik saja “Lanjutkan” > “Lanjutkan” pada petunjuk singkat yang muncul.

cara membuat akun instagram untuk bisnis
Menu Instagram untuk mengganti ke akun bisnis

2. Kemudian kalian akan diminta untuk menghubungkan halaman Facebook dengan akun instagram. Silahkan pilih halaman Facebook yang sudah kamu buat sebelumnya. Namun jika kalian ingin membuat halaman Facebook baru, kalian juga bisa langsung membuatnya pada langkah ini. Langsung klik “buat halaman baru” lalu buat judul halaman dan pilih kategori yang sesuai dengan nama merk, bisnis, atau organisasi kalian. Bahkan tanpa halaman Facebook pun bisa, kamu cukup tekan “Lewati”.

cara membuat akun bisnis di instagram
Menghubungkan IG ke Facebook

3. Setelah itu teman-teman harus memasukkan email atau nomor hp serta kata sandi untuk masuk ke Facebook.

cara membuat akun instagram bisnis
Login Facebook dari Instagram

4. Jika sudah diarahkan kembali ke Instagram maka kamu bisa menamai “Judul Halaman” sesuai harapkan kalian. Pilih juga kategori dari akun Instagram bisnis kita. Dalam contoh ini saya memilih “Blog Pribadi”.

cara membuat akun instagram jadi akun bisnis
Judul halaman dan kategori akun

5. Setelah terhubung dengan halaman Facebook, isilah bagian profile instagram kalian. Klik saja “Buka Profil” lalu “Edit Profil” kemudian ikuti langkah selanjutnya.

cara membuat akun instagram bisnis tanpa facebook
Mengedit profil Instagram bisnis

6. Silahkan isi bagian yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis kalian, seperti nomor telepon, email dan juga alamat. Ketiga informasi ini tentunya sangat membantu para pelanggan agar dapat menghubungi kalian dengan lebih mudah.

bagaimana cara membuat akun bisnis di instagram
Melengkapi kontak di akun bisnis IG

7. Seperti inilah tampilan dari akun bisnis yang lengkap dengan tulisan blog pribadi di bio Instagram, nomor telepon, email dan juga petunjuk arah.

cara membuat account bisnis di instagram

Oke itu dia keuntungan yang akan kalian peroleh apabila mengganti akun istagram kalian menjadi profil bisnis beserta cara membuat akun bisnis di Instagram. Banyak sekali kan manfaat yang bisa kalian peroleh. Cara membuat akunnya juga sangat mudah kok. Jadi setelah baca artikel ini akun Instagramnya langsung beralih ke profil bisnis ya. Terima kasih dan selamat mencoba 🙂