CMMA BLOG News | Kartu Memori Tidak Terbaca? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kartu Memori Tidak Terbaca? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kartu memori merupakan salah satu benda yang dapat menyimpan seluruh file. Namun akan adakalanya jika kartu memori tidak terbaca oleh perangkat yang digunakan. Tentunya hal ini bisa menjadi masalah yang cukup besar.

Sebagian besar pengguna tentu berpikir bahwa jika kartu memori tidak dapat terbaca maka besar kemungkinan file yang ada di dalamnya juga ikut hilang. Namun sebenarnya hal ini tidaklah benar, karena bisa saja memang ada masalah di bagian kartu memori ataupun perangkat yang digunakan.

Untuk itu, sebaiknya kenali dulu apa saja penyebab dari kartu memori yang tidak dapat terbaca. Setelah itu, baru bisa menentukan bagaimana cara yang bisa dilakukan  untuk mengatasinya.

Oleh karenanya, dalam penjelasan kali ini akan diberikan beberapa penyebab dari kartu memori yang tidak dapat terbaca dan juga bagaimana langkah yang harus ditempuh untuk dapat mengatasinya. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya:

Penyebab Kartu SD Tidak Dapat Terbaca

Data yang tersimpan di kartu SD biasanya dapat dibaca oleh berbagai perangkat seperti ponsel dan laptop. Namun, dalam beberapa kasus, kartu SD mungkin tidak terbaca di perangkat tersebut.

Apa saja penyebab kartu SD tidak terbaca di laptop, ponsel, dan perangkat lainnya? Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Kotoran atau debu pada konektor kartu SD.
  • Paparan zat merusak seperti minyak, oli, atau tinta pada kartu SD.
  • Lecet pada area konektor akibat sering dilepas-pasang, yang menghambat pembacaan data.
  • Kerusakan fisik pada kartu SD yang tidak bisa diperbaiki.
  • Infeksi virus yang mengganggu proses transfer data.
  • Tombol kunci atau lock pada kartu SD yang tidak sengaja tergeser.
  • Jenis kartu SD yang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat.
  • Kapasitas kartu SD melebihi kemampuan perangkat dalam membaca data.
  • Sistem atau program pada perangkat yang mengganggu pembacaan kartu SD pada Android, iPhone, hingga laptop.

Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari kartu memori yang tidak dapat terbaca, maka hal selanjutnya yang bisa diketahui yakni terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Oleh karenanya, berikut cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Bersihkan Kartu SD

Lepaskan kartu SD dari perangkat seperti smartphone, kamera, atau actioncam yang Anda miliki. Bersihkan bagian lempengan tembaga yang berwarna kekuningan, yang berfungsi sebagai konektor, menggunakan penghapus.

Gosok perlahan hingga bagian tersebut terlihat bersih. Setelah itu, masukkan kembali kartu SD ke dalam perangkat dan periksa apakah kartu SD yang sebelumnya rusak sudah dapat terbaca atau belum.

2. Keluarkan dan Masukkan Kembali SD Card ke Perangkat

Jika kartu SD tidak terbaca, salah satu penyebabnya bisa jadi adalah kesalahan saat memasukkan kartu ke dalam slot pembaca. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencabut dan kemudian memasukkan kembali kartu SD ke perangkat.

Untuk mencabut kartu SD dengan benar, gunakan fitur disable memory card pada laptop. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan ponsel ke laptop menggunakan kabel data USB.
  • Buka menu Device Manager pada laptop.
  • Klik kanan pada bagian USB Mass Storage Device dan tunggu hingga laptop memberikan respons.
  • Klik kanan lagi pada USB Mass Storage Device dan pilih Enable.
  • Periksa kembali apakah data pada kartu SD sudah bisa terbaca.

3. Cek Kartu Memori di Perangkat Lain

Untuk memverifikasi keadaan SD card, hubungkan kartu memori tersebut ke perangkat lain. Jika SD card terdeteksi di perangkat lain, ada kemungkinan kerusakan terletak pada slot perangkat bukan pada kartu itu sendiri.

Sangat penting untuk mencadangkan data dari SD card apabila kartu tersebut dapat diakses di perangkat lain. Tindakan ini diperlukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya SD card tidak dapat dibaca lagi di kesempatan berikutnya.

Itulah beberapa uraian terkait dengan masalah kartu memori tidak terbaca di berbagai perangkat. Dimana, dalam penjelasan ini telah diberikan uraian terkait dengan apa saja penyebab dan juga bagaimana cara mengatasinya.