CMMA BLOG News | Gaji 13 Pensiunan 2022 Kapan Cair?
Gaji 13 Pensiunan 2022 Kapan Cair?

Gaji 13 Pensiunan 2022 Kapan Cair?

Gaji Pns Ke 13 Kapan Cair
Gaji Pns Ke 13 Kapan Cair from www.tanyagaji.my.id

Memahami Gaji 13 Pensiunan

Gaji 13 atau biasa disebut dengan Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan salah satu hal yang dinanti-nanti oleh karyawan, termasuk pensiunan. THR sendiri adalah hak karyawan yang diberikan oleh perusahaan pada saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Namun, bagi pensiunan, THR diberikan dalam bentuk gaji ke-13.

Peraturan Gaji 13 Pensiunan

Berdasarkan peraturan yang ada, gaji 13 pensiunan dibayarkan setiap tahunnya pada akhir Desember. Artinya, pensiunan akan menerima gaji 13 pada akhir tahun yang sama dengan tahun pengajuan pensiun mereka. Sebagai contoh, jika pensiunan mengajukan pensiun pada tahun 2020, maka gaji 13 mereka akan diterima pada akhir tahun 2020.

Pandemi Covid-19 dan Gaji 13 Pensiunan

Tahun 2020 menjadi tahun yang sulit bagi semua orang, termasuk pensiunan. Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan mengalami kesulitan keuangan, sehingga beberapa perusahaan memutuskan untuk menunda pembayaran gaji 13. Namun, pada akhirnya pemerintah memutuskan untuk memberikan subsidi THR bagi karyawan dan pensiunan pada tahun 2020.

Gaji 13 Pensiunan 2022 Kapan Cair?

Untuk tahun 2022, gaji 13 pensiunan seharusnya cair pada akhir Desember. Namun, mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, belum ada kepastian apakah pemerintah akan memberikan subsidi THR kembali pada tahun 2022. Namun, pensiunan tetap dapat menghubungi perusahaan tempat mereka bekerja atau lembaga pensiun yang mereka daftarkan untuk mengetahui informasi terbaru mengenai gaji 13 mereka.

Tips Mengelola Gaji 13 Pensiunan

Bagi pensiunan, gaji 13 bisa menjadi tambahan dana yang sangat berharga. Oleh karena itu, penting untuk mengelolanya dengan baik. Beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain:

1. Buatlah Anggaran

Membuat anggaran adalah langkah pertama yang perlu dilakukan agar gaji 13 dapat dimanfaatkan dengan baik. Buatlah daftar kebutuhan dan prioritas pengeluaran, sehingga gaji 13 dapat digunakan dengan efektif.

2. Simpan Sebagian untuk Dana Darurat

Selalu ada kemungkinan kejadian yang tidak terduga, seperti kecelakaan atau sakit. Oleh karena itu, simpanlah sebagian dari gaji 13 untuk dana darurat.

3. Bayar Utang atau Cicilan

Jika masih memiliki utang atau cicilan yang harus dibayar, gunakanlah sebagian dari gaji 13 untuk membayarnya. Hal ini bisa membantu mengurangi beban finansial di masa mendatang.

4. Investasikan untuk Masa Depan

Sisihkan sebagian dari gaji 13 untuk investasi masa depan, seperti membeli asuransi atau investasi reksa dana. Hal ini bisa membantu pensiunan memiliki persiapan keuangan yang lebih baik di masa mendatang.

Kesimpulan

Gaji 13 pensiunan adalah hak yang diberikan oleh perusahaan atau lembaga pensiun pada akhir tahun. Meskipun belum ada kepastian mengenai subsidi THR pada tahun 2022, pensiunan tetap dapat menghubungi perusahaan atau lembaga pensiun untuk mengetahui informasi terbaru. Penting bagi pensiunan untuk mengelola gaji 13 dengan baik, dengan membuat anggaran, menyimpan sebagian untuk dana darurat, membayar utang atau cicilan, dan menginvestasikan untuk masa depan.