8 Daftar Bank Syariah Terbaik di Indonesia & Syaratnya

Demi tujuan sejahtera banyak didirikan macam-macam bank, ada juga bank yang yang berprinsip islam yaitu bank syariah dengan penawaran seperti bank pada pada umumnya, antara lain jasa keuangan mulai dari pinjaman, tabungan (simpanan), sampai investasi (deposito) yang dapat menguntungkan dengan cara bagi hasil (akad murabahah).

Saya akan menjelaskan berbagai bank syariah yang berada di Indonesia dengan sistem pelayanan dan penawaran sesuai dengan syariat islam, selain itu bank di bawah ini juga telah terbukti menjadi bank yang melayani rakyat dengan sangat baik jadi tidak heran jika bank berikut ini memiliki nasabah yang sangat loyal.

Info sejarah bank syariah

Pada tahu 1990 majelis ulama indonesia (MUI) telah telah kelompok kerja untuk mendirikan Bank Islam Indonesia, dan pada pada tanggal 18 – 20 Agustus 1990, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyelenggarakan loka karya bunga bank dan perbankan di daerah Cisarua, Bogor, dan Jawa Barat.

Kemudian pada tanggal 1 november 1991 hasil kerja perbankan (MUI) membawakan hasil yaitu berdirinya bank syariah pertama di Indonesia yang bernama PT Bank Muamalat Indonesia, dan pertama di operasikan pada  tanggal 1 Mei 1992 dengan modal sebesar Rp 106.126.382.000,- hingga melewati beberapa proses sampai bisa berkembang seperti saat ini.

8 Daftar Bank Syariah Terbaik di Indonesia

Berikut akan saya tunjukan info tentang deretan bank syariah agar kamu dapat daftar bank syariah terbaik, mengenal lebih dalam dan bisa lebih cermat untuk memilih bank yang sesuai dengan keinginan kamu.

1. Bank syariah BRI

Bank ini memiliki 74 kantor cabang di seluruh Indonesia yang pastinya akan memudahkan kamu untuk menggunakan produk keuangan syariah. Bank ini sangat lama berdiri yaitu sejak tahun 2010.

bank syariah terbaik di indonesia

Ada 3 jenis platform pinjaman dengan hitungan tenor maksimal 60 Bulan, berikut akan saya terangkan di antaranya:

  1. Pembiayaan Mikro 25iB: Nasabah dapat meminjam dana untuk di jadikan modal usaha sebesar Rp 5 juta hingga Rp 25 juta dengan tenor maksimal 36 bulan.
  2. Pembiayaan Mikro 75iB: Nasabah bisa meminjam dana untuk di jadikan modal usaha sebesar Rp 5 juta sampai dengan Rp 75 juta  dengan tenor maksimal 60 bulan.
  3. Pembiayaan Mikro 500iB: Nasabah bisa meminjam dana untuk di jadikan modal usaha sebesar Rp 75 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor maksimal 60 bulan.

Persyaratan yang harus di lakukan  adalah dengan FC KTP Calon Nasabah & Pasangan, Kartu Keluarga & Akta Nikah, Akta Cerai / Surat Kematian (Pasangan), Surat Izin Usaha / Surat Keterangan Usaha.

2. CIMB Niaga syariah

Urutan bank ke dua ini meraih posisi Top of 3 The Best Islamic Banking in Indonesia dalam IFN Best Bank Pool 2015 dan banyak banget penghargaan yang dia dapat. CIMB niaga syariah merupakan bank ke lima yang terbesar di Indonesia dengan segi aset, dana masyarakat dan  banyaknya cabang di seluruh Indonesia.

bank syariah terbaik di indonesia

Mereka menyediakan layanan perbankan dengan nasabah secara  individu ataupun bisnis, untuk layanan nasabah individu mereka menyediakan tabungan, kredit perumahan, kredit kredit kendaraan, giro, deposito, dan kartu kredit.

Layanan yang diberikan untuk nasabah bisnis juga tidak menguntungkan, yaitu dengan adanya layanan giro, pinjaman, deposito, serta layanan treasury dan pasar modal. CIMB niaga syariah memang fokus memberikan layanan kepada sagme individual menengah dan menengah ke atas.

3. Bank Muamalat syariah

Bank mualamalat syariah juga merupakan bank yang di kelolah dengan sayarat dan akad islam dengan tujuan mensejahterakan rakyat layan tabungan dan simpanan yang aman dan berkah.

Bank yang di dirikan pada tahun 1991, dan di oprasikan pada tanggal 1 Mei 1992 ini memiliki layanan tersendiri, berikut akan saya jelaskan apa saja layanan itu beserta persyaratannya.

bank syariah terbaik di indonesia

Tabungan Muamalat iB
Ini adalah tawaran bank syariah yang di miliki Muamalat, yaitu mempunyai fasilitas nasabah transaksi yang mudah, cepat dan aman dengan di difalisitasi kartu ATM  untuk mendukung transaksi nasabah.

Selain itu kamu juga dapat keuntungan menikmati program muamalat berbagi rizeki sepanjang tahun, hadiahnya cukup banyak yang mungkin bisa kamu raih, dari subsidi belanja, subsidi transaksi elektronik banking, dan banyak lagi.

Syarat untuk dapat menggunakan layanan ini yang pertama adalah  WNI: KTP / SIM / Paspor yang masih berlaku & NPWP atau Surat Pernyataan dan yang kedua WNA: KITAS/KIMS & Paspor & Surat Referensi.

Tabungan Muamalat dollar
Yang ini merupakan jenis penyimpanan uang asing  US Dollar dan singapura Dollar, jadi kusus untuk memenuhi transaksi mata uang asing. Keunggulan fitur ini adalah  untuk tabungab ini tidak ada biaya adminitrasi kalau saldo rata-rata USD 1.000 tidak ada biaya penutupan rekening dan tidak ada biaya transfer jika melakukan transaksi sesama bank muamalat.

Syaratnya untuk WNA adalah KITAS/KIMS/Paspor dan Surat Referensi.
Syarat untuk perorangan WNI: KTP/SIM/Paspor dan NPWP yang masih berlaku/Surat Pernyataan, dan WNA: KIMS/KITAS/Paspor/Surat Referensi.

Syarat untuk institusi WNA: KIMS/KITAS/Paspor/Surat Referensi, Legalitas pendirian dan perubahannya (jika ada), Izin-izin usaha : SIUP, TDP, SKD, SITU dan lainnya (jika dibutuhkan) yang masih berlaku, juga Data-data pengurus perusahaan.

Tabungan Muamalat Prima iB
Produk ini sangat cocok dengan kamu yang mendambakn hasil maksimal dan kebesan berinteraksi, jadi seperti yang sudah saya katakan tadi nasabah dapat melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja dengan melalui e-banking muamalat (ATM, Internet Banking, Mobile Banking dan Phone Banking).

Syarat bagi nasabah perorangan adalah cukup mengisi formulir pembukaan rekening  yang di sediakan serta indentitas, WNI: KTP / SIM / paspor yang berlaku dan NPWP/Surat pernyataan, WNA: KITAS / KIMS/paspor/surat referensi.

Sedangkan syarat non perorangan adalah mengisi formulir pembukaan rekening dan juga menyerahkan dokumen NPWP,  Akta Pendirian dan Perubahan (jika ada), izin usaha yaitu TDP dan SIUP bagi badan usaha, Surat kuasa penunjukkan pengelolaan rekening, Bukti identitas diri penerima dan pemberi kuasa.


4. Bank BCA syariah

Bank syariah di indonesia selanjutnya adalah BCA Syariah, bagi kamu yang berniat membuka rekening di bank syariah mungkin ada baiknya jika saya kenalkan dengan bank yang satu ini.

Seperti bank yang lainnya bank ini juga memiliki beberapa tipe tabungan dengan keunggulan dan kemudahan bagi nasabah di antaranya.

bank syariah terbaik di indonesia

Tahapan iB
Yang satu ini sering di minati oleh nasabah di karenakan memberikan fitur dan kemudahan transaksi, baiklah akan saya jelaskan fasilitas tahapan iB Bisa pilih akad wadiah (titipan) atau mudharabah (bagi hasil),kamu juga mendapatkan kartu BCA yang bisa digunakan sebagai kartu ATM di ATM yang ada logo prima, sekaligus sebagai kartu debit untuk belanja di merchant yang menyediakan mesin EDC.

Syarat untuk membuka tahapan iB adalah Datang ke kantor cabang BCA Syariah, membawa indentitas berupa SIM, KTP atau Paspor, mengisi formulir aplikasi pendaftaran rekening, setoran awal minimal Rp 100.000,00 Penabung bisa perorangan atau lembaga / yayasan.

Tahapan rencana iB
Tipe rekening ini adalah tabungan investasi baik untuk jangka pendek maupun menengah, sistem ini di lakukan dengan cara bagi hasil (bukan riba tapi nisba), nasabah mendapatkan keuntungan merencanakan keuanganya dengan mudah.

Manfaat lainya yaitu memperoleh kepastian dana dalam pencapaian perencanaan keuangan, alternatif investasi tentunya, dan memperoleh manfaat asuransi jiwa.

Syaratnya juga sangat mudah, ya itu sertakan KTP dengan catatan sebelumnya harus mempunyai tabungan Tahapan iB dan Giro iB sebagai rekening induk, untuk membuka rekening ini harus umur minimal 17 tahun sampai umur maksimal 55 tahun, mengisi aplikasi pendaftaran, mengisi formulir Simplified Issue Offering, saat jatuh tempo rekening, usia nasabah maksimal 65 tahun.

Giro iB
Kalau yang satu ini cocok buat pembisnis yang membutuhkan rekening giro. Pembukaannya atas dasar akad wadiah dan gironya multiguna dan ekstra manfaat. Setelah memiliki rekening Giro iB BCA Syariah, kamu akan mendapatkan manfaat di bawah ini:

Layanan potongan zakat, tersedia juga fasilitas automatic transfer, bisa mengajukan kartu BCA yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit, dan menerima rekening koran yang dikirim ke alamat kamu.

Syarat dan ketentuanya juga enggak ribet cukup datang ke cabang iB terdekat dengan membawa kartu identitas, NPWP dan surat referensi, setoran awal Rp 1.000.000,00, tidak masuk blacklist iB, usia minimal 21 tahun atau telah menikah, dan nasabah boleh perorangan atau lembaga.

Depasito iB
Keunggulan Depasito iB juga tak kalah menarik dengan yang lainya lo, tipe yang yang satu ini memiliki layanan rekening bebas memilih jangka deposito, 1, 3, 6, atau 12 bulan, tersedia perpanjangan deposito, bisa digunakan untuk jaminan pembiayaan, hasil deposito dapat langsung dipindahkan ke rekening Tahapan iB atau Giro iB kamu, dan ada juga layanan pemotongan zakat.

Jika kamu tertarik lakukan persyaratan ini, siapkan kartu indentitas kamu, mengisi formulir aplikasi pendaftaran, setoran awal minimalnya Rp 8.000.000,00.

Simpanan Pelajar (SimPel) iB
Ini adalah yang terakir, sesuai dengan namanya layanan ini di tunjukkan kepada siswa berumur di bawah 17 tahun, yang tentu saja belum mempunyai KTP atau dokumen, sungguh masukan yang sangat cerdas menurut saya bisa membimbing anak usia dini untuk menabung.

Gimana persyaratannya kan masih belum punya KTP? jadi bisa di ganti dengan mengajukan Kartu Keluarga (KK), nomor Induk Siswa, nomor Induk Siswa Nasional, atau Akta kelahiran, foto kopi KTP, SIM, atau Paspor milik orang tua, sebelum pembukaan rekening, dilakukan kerja sama dahulu antara pihak bank dan sekolah.

Dengan catatan hanya boleh memiliki satu rekening saja, dan hanya dimiliki perorangan, tidak diperkenankan rekening bersama atau join account.

5. Bank Mega Syariah

Selanjutnya ada Bank mega syariah, bank ini cukup ramai di bicarakan karena fitur-fitur serta keunggulan yang lebih. Bank Mega pada awalnya adalah salah satu bank swasta umum dengan nama Bank Umum Tugu atau Bank Tugu yang didirikan pada 14 juli 1990, hinga terus berkembang sampai saat ini.

bank syariah terbaik di indonesia

Apa saja keunggulan Bank Mega Syariah?
Serta apa perayaratan yang harus di lakukan untuk mendapatkan layanannya?
Disini akan saya jelaskan satu persatu produk yang di keluarkan, beserta persyaratanya.

Tabungan Utama iB
Tabungan ini di tunjukan hanya kepada perorangan yang memberikan kenyamnan kemudahan dan keuntungan bersyariah islam. Keunggulanya adalah setoran awal ringan, gratis biaya tarik tunai di ATM jaringan MegaNet, dan penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp. 2 miliar per nasabah.

Berikut juga persyaratanya, Setoran Awal Rp 100 ribu, setoran Minimal Selanjutnya Rp 50 ribu, dan saldo Minimum Rp 50 ribu.

Tabungan Haji iB
Tabungan yang diperuntukkan untuk merencanakan dana keberangkatan ibadah haji, ini juga di tunjukan hanya untuk perorangan, kelebihan jika anda menggunakan produk ini adalah setoran awal ringan hanya Rp 200 ribu termasuk gratis biaya adminitrasi, setoran online secara real time di seluruh kantor cabang Bank Mega Syariah dan masih banyak yang lain.

Jika kamu ingin berangkat haji dengan menggunakan Tabungan Haji iB maka lakukanlah persyaratan berikut ini, yaitu KTP, Kartu keluarga (KK) dan Akte Kelahiran (untuk Tabungan Haji Anak).

Tabungan Mega Syariah Mobile
Layanan ini di sediakan untuk berinteraksi melalui ponsel, nasabah dapat tranksaksi non-tunai seperti cek saldo dan transfer bahkan kamu juga bisa melihat history tansaksi, jadi kamu bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja, diseratai dengan PIN Challenge yang menabah keamanan transaksi anda.

Ada tiga pilihan transaksi mobile yaitu melalui SMS, melalui USSD, dan melalui Applet MegaSyariah Mobile.

Kemudahan tersebut bisa kamu dapatkan dengan melakukan pendaftar di kantor cabang Bank Mega Syariah terdekat dengan menunjukkan KTP/Passport & KITAS, Buku Tabungan dan Kartu ATM, memiliki sim Card GSM, Telkomsel, Indosat, XL dan sudah memiliki rekening tabungan atau rekening giro di Bank Mega Syariah.

Tabungan Platinum iB
Tabungan Platinum iB hampir sama dengan utama iB yaitu sama-sama di tunjukan untuk perorangan jadi keunggulanya adalah setoran awal ringan, dapat bertransaksi di seluruh jaringan ATM Prima (BCA), Bersama & Mega Net, ada juga Fitur Bill payment pembelian pulsa & pembayaran tagihan, bisal melalui Telkom, Listrik, dan PDAM.

Sedangkan keuntungan lainya ya itu penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp. 2 miliar per nasabah, gratis biaya untuk transaksi belanja di mesin EDC Prima (BCA) dan MegaNet, dan dilengkapi dengan layanan SMS notifikasi.

Syaratnya hanya menggunakan KTP, setoran awal Rp 2 juta, saldo minimun 2 juta.

Tabungan Investasya iB
Di buat kusus untuk investasi dengan sistem bagi hasil lebih tinggi untuk dana investasi lebih besar, bisa di buka untuk nasabah perorangan dan non-perorangan. Keuntungan dari produk ini pun sangat mengiurkan yaitu penjaminan oleh lembaga penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp 2 miliar per Nasabah, nisbah tinggi hingga setara Deposito Plus iB, Gratis biaya tarik tunai di ATM jaringan MegaNet serta masih banyak sekali.

Syarat untuk perorangan yaitu melampirkan KTP.
Sedangkan syarat untuk non-perorangan adalah elampirkan KTP pengurus perusahaan, copy NPWP, copy SIUP/TDP, copy domisili perusahaan dan copy akte pendirian perusahaan dan perubahan terakhir.

Tabungan Rencana iB
Yang ke enam ada Tabungan Rencana iB yaitu digunakan untuk merencanakan semua kegiatan sesuai keinginan nasabah, di anjurkan untuk nasabah perorangan saja.

Tabungan Rencana iB terdiri dari “tabungan setoran rencana rutin”(Jumlah dan tanggal setoran tetap setiap bulannya sesuai dengan pilihan nasabah) dan “tabungan setoran rencana non rutin”(Jumlah dan tanggal setoran bebas sesuai dengan cashflow Nasabah, namun Nasabah memiliki target dana dan waktu pemenuhan target dananya).

Keuntungannya adalah gratis perlindungan asuransi jiwa dengan manfaat hingga 500 juta rupiah, Gratis biaya administrasi, jangka waktu dan setoran yang ringan dan dapat disesuaikan kebutuhan dan lainnya.

Syaratnya juga tidak kalah mudah dengan yang lain yaitu usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pembukaan rekening atau 65 tahun pada saat jatuh tempo,  dan KTP

Tabungan simpel iB
Tabungan yang ditujukan untuk Nasabah Perorangan (khusus siswa) sistem ini untuk mengajarkan budaya menabung kepada pelajar. Karena di sediakan hanya untuk siswa maka setoran Awal Rp 1 ribu, saldo minimal Rp 1 ribu, serta nisbah 1%.

Daftarkan anak kamu dengan melkukan perayratan ini usia dibawah 17 Tahun dan belum memiliki KTP, Siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTS, dan MA) atau sederajat yang bersekolah di sekolah yang telah bekerjasama dengan Bank Mega Syaria, KTP orang tua / wali yang masih berlaku, serta Surat kuasa yang sudah diverifikasi oleh pihak sekolah, serta identitas lainya seperti NIK/NISN/NIS dan Akta Kelahiran.

6. Bank Victoria Syariah

Kita lanjut ke daftar bank syariah terbaik. Di urutan ke enam ada Bank Victory Syariah yang memberikan produk dan jenis fasilitas yang sesuai dengab akad-akad islam. Bank ini berdiri sejak tahun 1966 dan mulai beroperasi tanggal 7 Januari 1967 dengan nama awal PT. Bank Swaguna.

bank syariah terbaik di indonesia

Suatu keuntungan jika kamu membuka rekening di Bank Victoria Syariah, karena manfaat dari produk dan jenis fasilitasnya, kamu bisa baca di bawah ini agar kamu lebih yakin dengan bank ini. Berikut adalah produk dan jenis fasilitasnya.

Produk untuk Pembiayaan Mikro dan Kecil yaitu:

  • Mikro ViS 50 iB (Pembiayaan Mikro dengan nilai pembiayaan sampai Rp 50 Juta)
  • Mikro ViS 200 iB(Pembiayaan Mikro dengan nilai pembiayaan sampai Rp 200 Juta)
  • Mikro ViS 500 iB(Pembiayaan Mikro dengan nilai pembiayaan sampai Rp 500 Juta)

Kamu akan juga akan mendapatkan fasilitas berupa pembiayaan modal kerja dan pembiayaan investasi. Sedangkan untuk waktu pembayaran pun sangat ringan untuk pembiayaan modal kerja 12 sd 48 bulan dan untuk pembiayaan Investasi 12 sd 60 bulan.

Kamu dapat memberikan jaminan berupa properti atau kendaraan bermotor atau barang lainya yang memiliki nilai dan marketable.

7. Bank Syariah Bukopin

Masih dengan bank syariah di indonesia, produk dan fasilitas yang satu ini juga tidak kalah menguntungkan, bank ini di dirikan pada tanggal 29 Juli 1990 di Samarinda, Kalimantan dengan nama awal PT. Bank Swansarindo Internasional.

bank syariah terbaik di indonesia

Manfaat yang bisa kamu dapatkan antara lain keamanan dan terjamin, bebas adminitrasi bulanan, mendapatkan kartu ATM, Perlindungan ansurasi secara geratis untuk nasabah dengan saldo rata-rata akhir bulan minimal Rp  juta dengan pertanggungan.

  • Meninggal dunia karena kecelakaan mendapatkan besar tanggungan Rp 10 juta
  • Meninggal dunia karena wajar mendapatkan besar tanggungan Rp 5 juta dan lain sebagainya.

Fitur produknya yang bisa kamu nikmati di antaranya. Sarana untuk melakukan pembayaran tagihan pembayaran listrik, PAM, telepon, pendidikan, kartu kredit dan pembelian isi ulang pulsa telepon selular, tabungan dalam mata uang rupiah, Sarana untuk penyaluran zakat, infaq dan shadaqah, dan sebagainya.

Seperti bank pada umumnya pihak tertentu membutuhkan syarat yang harus kamu penuhi, berikut juga sudah saya tuliskan persyaratannya.

Fotocopy kartu indentitas diri, KTP, SIM, Paspor, mengisi formulir aplikasi dan permohonan untuk kartu ATM.

Menyerahkan setoran awal pada minimal Rp 50 ribu dengan setoran berikutnya minimal Rp 10 ribu, maksimum penarikan melalui teller Rp 100 juta per hari dengan konfirmasi.

8. Bank Panin Dubai Syariah

Berikut adalah urutan yang terakhir urutan bank syariah terbaik di Indonesia, Bank ini mingkin jarang di kenal oleh masyarakat padahal ini adalah salah satu bank yang layanannya juga enggak kalah dengan yang lain.

bank syariah terbaik di indonesia

Oke saya akan terangkan beberapa produk dan layanannya untuk calon nasabah syariah yang belum begitu mengenal bank ini.

Berikut adalah kenikmatan dan keuntungan dari bank panin Dubai Syariah:

  1. Suku bunga kompotitif. Dengan adanya bunga ini tabungan kamu akan bertamabah banyak dengan lebih mudah pastinya.
  2. Transfer antar bank tanpa aturan waktu. Kamu bisa lebih leluasa menggunakan waktu transaksi kamu dengan adanya layanan 24 jam melalui jaringan jaringan ATM ALTO dan ATM Bahkan biaya transaksi melalui ATM di tanggung oleh panin bank.
  3. Kemudahan transaksi melalui fasilitas perbankan elektronik. Kebanyakan bank pasti menyediakan layanan ini, yaitu melakukan transaksi melalui ATM, phone banking, mobile banking dan internet banking.
  4. Kenyamanan bertransaksi. Dengan banyaknya kantor cabang di Indonesia yaitu 500 kantor cabang.

Persyaratannya sama dengan persyaratan pada umumnya yaitu datang ke kantir cabang dengan menyerahkan copt KTP, paspor. Bisa juga dengan melewati aplikasi juga bisa dengan cara isi form aplikasi Customer Information File (CIF), slip setoran awal.

Catatan: Nasabah di haruskan mengisi formulir dengan keadaan sebenar-benarnya karna jika pihak yang berwajib mengetahui jika informasi yang kamu isikan salah maka akan kena sanksi dan pemblokiran / penonaktifkan rekening.

Itu tadi adalah urutan bank syariah terbaik di Indonesia versi kami. Saya mohon maaf kalau produk, fasilitas dan persyaratan yang saya tuliskan jika ada yang kurang lengkap, karena saya mendapatkan info dari sumber-sumber tertentu saja.

Pilihlah bank syariah terbayang menurut kamu cocok dengan kriteria kamu, dan bimbing anak cucu kita untuk menabung karena budaya menabung di bank syariah sangatlah berharga, apalagi bank syariah bukan bank riba melainkan nisba menurut ulama. Semoga artikel saya bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.