Cara Mengirim File Video Ukuran Besar Lewat Email di Android

Gimana sih cara kirim file video ukuran besar lewat email di Android? Dengan menggunakan Akun Gmail dan aplikasi bawaan perangkat (hp atau tablet) Android saya akan membuat panduannya.

Karena adanya pertanyaan dari Om saya pada suatu hari, kurang lebihnya seperti ini “Bagaimana cara kirim video lewat Gmail, jika ukuran file se gede 27 mb”. Dia gagal terus, saat akan kirim video untuk tugas anaknya.

CMMA BLOG News | Cara Mengirim File Video Ukuran Besar Lewat Email di Android


Jika Anda sampai ke halaman ini kemungkinan punya masalah yang sama, cara mengatasi hal ini simpel aja sih…

Perhatikan baik-baik perangkat Android Anda, sempat terbesit pertanyaan dibenak gak apa itu Drive. Aplikasi bawaan dari Android ini, ternyata banyak yang masih belum ngeh (tau) fungsinya Drive Google.

Lalu kaitannya apa dengan panduan cara kirim email video di Gmail kali ini, sangat erat sekali karena kita akan memanfaatkan Drive sebagai mana fungsinya.


Simak dulu apa saja fungsi Google Drive.

Karena batasan lampiran email Gmail yang ditentukan Google yaitu hanya 25 mb saja, dengan demikian kita harus tau dong gimana cara kirim file besar lewat Gmail jika ukuran data lebih dari ketentuan.

Sudah dibaca dan pahami kan manfaat Drive melalui tautan di atas? Kalau iya mari kita lanjut pada inti dari panduan.

Cara Kirim Video Lewat Email di Android


Lakukan langkah mulai nomor dua jika Drive sudah ada di ponsel, bila belum ikuti mulai nomor satu. Namun bila belum memiliki Gmail ikuti langkah langkah membuat email sebelum menggunakan Google Drive.

1. Langkah pertama pastikan dulu di Hp Android Anda sudah terpasang aplikasi Drive. Kalau memang belum ada instal cari di Playstore lalu download dengan ketik “Google Drive” dan pastikan pengembang app Google Inc. Setelah selesai sentuh Buka.


download gdrive


2. Buka aplikasi Drive, cari dan sentuh icon Drive di perangkat Anda. Ikuti tour aplikasi ini dengan memilih tombol Lanjut – Lanjut – terakhir Selesai.

goggle drive


Jika sudah berada di Drive maka akan tersinkron ke salah satu Gmail / Akun Google di Android Anda. Sentuh tombol plus (+) seperti yang saya beri tanda kotak merah, ini untuk menemukan tombol upload di Drive.


CMMA BLOG News | Cara Mengirim File Video Ukuran Besar Lewat Email di Android


3. Setelah proses di atas sekarang waktunya upload video Anda, dengan memilih tombol Unggah > Berkas Video

google drive adalah


4. Pilihan file video yang akan dimasukkan Google Drive. Sentuh file tersebut, dan tunggu proses upload video ke Drive sampai selesai.

google drive video


Unggah video tidak begitu lama jika file video kecil dan kecepatan Internet Anda cepat atau Jaringan 4G di Hp Anda kuat.


Jika gagal upload file ke Google Drive, perhatikan gambar di bawah bila berstatus “Menunggu Wi-Fi” lakukan setelan batasan kuota untuk unggah file ke Drive.


kirim video

Masuk di tombol Menu (3 Tumpuk garis) lalu cari pada bagian bawah dan temukan Setelan > Penggunaan Data > pilih OKE

bagaimana cara mengirim email

Dengan hal ini maka proses upload akan kembali berjalan tapi setelan diatas tidak berlaku jika koneksi internet menggunakan WiFi.

cara mengirim data lewat email


5. Sudah selesai? Kalau sudah tiada baru terasa pilih tombol yang ditandai dengan (tiga titik bertumpuk) di samping video.


cara gunakan google drive



Nah pada proses inilah saatnya untuk kirim lampiran video melalui Gmail. Pilih tombol Bagikan tautan

cara mengirim file lewat email


6. Proses selanjutnya Anda akan dibawa ke pilihan untuk mengirim file yang berukuran besar menggunakan apa? Karena kita akan mengirim vidio lewat email maka pilih yang Gmail ya, meskipun bisa juga di share lewat Whatsapp, BBM, Line, sampai menggunakan ShareIt pun bisa.


CMMA BLOG News | Cara Mengirim File Video Ukuran Besar Lewat Email di Android



7. Langkah berikutnya akan muncul tampilan Gmail, pada langkah ini kita hanya mengisi alamat email tujuan di kolom Kepada dan yang paling terakhir sentuh tombol Send (kotak warna hijau)


cara mengirim email



Dengan mengikuti panduan kali ini Anda sudah belajar cara mengirim data melalui email hanya dengan hp Android saja. Drive ini dapat juga dimanfaatkan untuk kirim foto, dokumen, pdf, mp4, mp3, dan banyak file yang di support aplikasi tsb.


Membagikan ilmu yang bermanfaat itu “sesuatu” so, please share pada teman yang lain bila mereka membutuhkan. Wassalam