CMMA BLOG News | Cara Menghilangkan Kesemutan di Tangan yang Tak Kunjung Hilang

Cara Menghilangkan Kesemutan di Tangan yang Tak Kunjung Hilang

Kesemutan di tangan adalah kondisi umum yang mungkin membuat kamu ingin mengetahui cara menghilangkan kesemutan di tangan yang tak kunjung hilang. Penyebab seringnya kesemutan, termasuk di tangan kanan, bisa menjadi gejala dari berbagai kondisi kesehatan, terutama yang mempengaruhi sistem saraf tepi.

Kesemutan, yang dikenal secara medis sebagai parestesia, adalah kondisi di mana bagian tubuh mengalami sensasi seperti kebas, geli, atau panas.

Ada banyak penyebab kesemutan yang sering terjadi pada tangan kanan, beberapa di antaranya berhubungan dengan masalah kesehatan saraf.

Beberapa cara rumahan berikut ini mungkin tidak bisa menyembuhkan kondisi medis yang mendasarinya, tetapi bisa membantu mengurangi sensasi kesemutan yang kamu alami. Berikut diantaranya:

1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Menggunakan kompres hangat adalah metode yang efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan sirkulasi darah di tangan atau kaki yang mengalami kesemutan.

Caranya, rendam handuk dalam air hangat, kemudian letakkan di area tubuh yang kesemutan selama lima hingga tujuh menit. Lakukan hal ini tiga kali sehari untuk hasil terbaik.

2. Manfaatkan Garam Epsom

Garam Epsom mengandung magnesium dalam jumlah besar yang berfungsi menurunkan peradangan dalam tubuh. Garam ini secara aktif bekerja dengan memulihkan saraf yang meradang dan menyebabkan sensasi kesemutan.

Penggunaannya pun cukup mudah. Tambahkan secangkir garam Epsom ke dalam ember atau bak berisi air, sebaiknya air hangat. Kemudian, rendam diri selama sekitar 15 hingga 20 menit.

Lakukan perawatan ini sekali sehari untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga sensasi kesemutan bisa berkurang.

3. Gunakan Cuka Apel

Khasiat anti-inflamasi yang kuat serta kandungan asam asetat dalam cuka sari apel berperan dalam memulihkan dan memperbaiki saraf yang mengalami kerusakan.

Selain itu, cuka sari apel yang kaya akan nutrisi penting juga membantu meningkatkan energi dan mempercepat proses penyembuhan. Cobalah tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air hangat, kemudian tambahkan madu dan minum sekali sehari.

4. Lakukan Terapi Pijat

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan terapi pijat sebagai alternatif. Metode ini efektif dalam mengurangi rasa kesemutan yang terus-menerus pada tangan dan kaki.

Pijatan dapat merangsang saraf, meningkatkan peredaran darah, serta memulihkan fungsi saraf normal, sehingga membantu menjaga kesehatan saraf secara keseluruhan.

5. Manfaatkan Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki manfaat positif dalam meredakan gejala neurologis seperti kesemutan pada tangan dan kaki. Kandungan antiinflamasi dan analgesik yang kuat dalam minyak ini membantu mengurangi nyeri saraf serta memperbaiki kerusakan saraf.

Terapkan pijatan teratur menggunakan minyak esensial untuk mendukung pemulihan saraf dan memulihkan fungsinya. Minyak esensial lavender direkomendasikan, tambahkan 10–12 tetes ke minyak kelapa atau zaitun, lalu oleskan secara lembut pada area yang terpengaruh kesemutan. Praktikkan secara harian untuk hasil yang optimal.

6. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Beberapa kali, kesemutan bisa berhubungan dengan kekurangan vitamin B1, B6, B12, atau asam folat. Seseorang yang mengalami kesemutan bisa meningkatkan asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi susu, daging sapi, ikan salmon, kerang, sayuran hijau, dan daging ayam.

7. Kontrol Berat Badan

Pada tambahan pengontrolan gula darah, individu yang mengalami kesemutan disarankan untuk memantau berat badan mereka. Disarankan untuk mengikuti program diet atau berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan program penurunan berat badan yang sesuai.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara menghilangkan kesemutan di tangan yang tak kunjung hilang. Tentunya dengan menerapkan berbagai metode ini, maka kesemutan akan dapat hilang dengan sendirinya. Selain itu, pastikan telah melakukan berbagai kegiatan olahraga.