CMMA BLOG News | 7 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Bisa Dilakukan Secara Mandiri

7 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Bisa Dilakukan Secara Mandiri

Ada beberapa cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam, terutama jika Anda sering merasa lelah atau kurang tidur. Meskipun tidak berbahaya, kantung mata dan lingkaran hitam bisa membuat penampilan tampak lelah.

Kantung mata dan lingkaran hitam, yang juga dikenal sebagai mata panda, dapat muncul seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan oleh penurunan jumlah kolagen di kulit sekitar mata, yang membuat kelopak mata menjadi lebih kendur.

Banyak orang merasa tidak nyaman dengan adanya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata, terutama jika sudah menyebabkan pembengkakan ringan.

Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya? Untuk itu, simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata, diantaranya:

1. Perbaiki Pola Tidur

Kantung mata dan lingkaran hitam dapat muncul akibat kurang tidur atau kelelahan. Untuk mengatasinya, usahakan tidur selama 7–9 jam setiap malam.

Posisi tidur tertentu juga dapat membantu mengurangi kantong mata. Cobalah tidur dengan kepala sedikit terangkat, menggunakan bantal tambahan untuk menopangnya. Ini dapat membantu mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur.

2. Gunakan Kompres Dingin

Mengompres mata terbukti efektif dalam mengurangi pembengkakan dan menyamarkan lingkaran hitam. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kain bersih yang telah direndam dalam air dingin atau dibungkus dengan es. Tempelkan kompres pada mata selama 10-15 menit.

Selain menggunakan air dingin atau es, Anda juga dapat menggunakan kantong teh hijau basah, irisan mentimun, atau masker gel khusus untuk mata sebagai alternatif kompres.

3. Hindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Cara menghilangkan kantung mata  yang selanjutnya bisa dilakukan dengan menghindari minuman yang beralkohol. Selain itu, hindari pula minuman yang mengandung kafein.

Minuman beralkohol dan berkafein diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu pola tidur, dan memperjelas kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein agar kantong mata dapat cepat menghilang.

4. Tinggikan Kepala Saat Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya kantong gelap di bawah mata, dan cara tidur juga bisa mempengaruhinya. Cobalah untuk meninggikan kepala dengan beberapa bantal guna mencegah penumpukan cairan di bawah mata, yang dapat menyebabkan tampilan bengkak.

5. Oleskan Kentang yang Diiris Tipis ke Setiap Mata

Kentang memiliki enzim yang dikenal sebagai Catecholase, yang berfungsi mencerahkan kulit dan dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Kamu juga dapat menggunakan minyak ringan, seperti minyak kelapa, untuk memijat area mata agar membantu melancarkan aliran cairan.

6. Cukupi Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga dapat mencegah pembentukan kantung mata. Selain itu, untuk menghindari retensi cairan, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan olahan yang tinggi garam.

7. Gunakan Kantong Teh

Mengompres mata dengan kantong teh dingin dapat menjadi metode efektif untuk mengurangi kantung mata hitam. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi retensi cairan di bawah kulit.

Caranya, rendam dua kantong teh hitam atau hijau dalam air panas selama lima menit. Kemudian dinginkan kantong teh di lemari es selama 15 hingga 20 menit. Setelah dingin, letakkan kantong teh pada mata tertutup selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas mata dengan air dingin.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya hal ini bisa dilakukan secara mandiri dirumah pada saat waktu yang santai.