CMMA BLOG News | 6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Medis

6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Medis

Jerawat batu atau dalam istilah medis dikenal dengan jerawat kistik merupakan jenis jerawat yang lebih besar dan lebih dalam dibandingkan dengan jerawat biasa. Cara menghilangkan jerawat batu ini sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Jenis jerawat ini sering kali sulit diatasi dan dapat menyebabkan rasa nyeri yang signifikan. Penting untuk segera mengatasi jerawat batu karena peradangan yang disebabkan oleh jerawat ini dapat menyebar ke jaringan kulit di sekitarnya, dan dapat menyebabkan munculnya jerawat baru.

Sebenarnya, jerawat batu ini bisa diatasi baik secara alami maupun secara medis. Untuk itu, akan diberikan sebuah uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu ini. Berikut beberapa pilihan opsi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya:

1. Memanfaatkan Pembersih Tanpa Sabun

Salah satu cara alami untuk mengurangi jerawat batu adalah dengan menggunakan produk pembersih tanpa sabun. Berbeda dengan sabun konvensional, pembersih wajah non sabun memiliki resiko efek samping yang lebih rendah.

Sehingga dianggap aman untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat batu. Produk perawatan wajah ini juga dapat mencegah timbulnya iritasi serta efek samping lain yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

2. Mengompres dengan Air Dingin Ataupun Hangat

Salah satu cara yang efektif dan sederhana untuk mengatasi jerawat batu adalah dengan menggunakan metode kompres hangat dan dingin. Pertama, kompres hangat dapat membantu melunakkan benjolan jerawat, memungkinkan nanah keluar lebih cepat, dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Selain itu, penggunaan kompres dingin juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada jerawat batu. Pastikan untuk melindungi kulit dengan membungkus es batu dengan kain sebelum ditempatkan pada area yang terkena jerawat.

Lakukan proses kompres secara bergantian antara hangat dan dingin. Sebagai contoh, kompres hangat dapat dilakukan pada malam hari, sementara kompres dingin dapat dilakukan pada siang hari.

3. Memanfaatkan Tea Tree Oil

Salah satu cara menghilangkan jerawat batu adalah dengan memanfaatkan minyak daun teh atau tea tree oil. Minyak tersebut mengandung terpinene yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Kedua sifat ini efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri baru dan mengurangi peradangan.

4. Menggunakan Antibiotik

Satu cara medis untuk mengatasi jerawat batu adalah dengan menggunakan antibiotik. Antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi dan meredakan peradangan. Penggunaan antibiotik harus sesuai dengan arahan dokter.

5. Menggunakan Isotretinoin

Isotretinoin merupakan suatu jenis obat yang termasuk dalam kelompok retinoid yang diproduksi secara sintetis dari vitamin A. Terdapat dua opsi dalam penyajiannya, yaitu dalam bentuk gel atau tablet dengan dosis yang biasanya diberikan satu atau dua kali sehari sesuai dengan anjuran dokter.

Penggunaan isotretinoin untuk mengatasi jerawat batu terbukti efektif karena mampu mengurangi peradangan yang parah pada jerawat. Namun, penting untuk diingat bahwa wanita hamil tidak diperbolehkan menggunakan obat ini karena berisiko meningkatkan kemungkinan terjadinya cacat lahir pada bayi.

6. Memanfaatkan Krim Jerawat dari Dokter

Perawatan jerawat kistik juga bisa dilakukan dengan menggunakan krim atau salep jerawat yang diresepkan oleh dokter. Penting untuk memastikan penggunaan krim atau salep sesuai dengan petunjuk dokter guna mencapai hasil yang terbaik.

Itulah uraian terkait dengan cara menghilangkan jerawat batu yang bisa dilakukan dengan mudah. Dimana, dalam penjelasan ini telah diberikan uraian terkait dengan bagaimana cara  yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat batu baik secara alami maupun medis.