Cara Mengganti Password Gmail Lewat Android: Play store

Lupa kata sandi Email ya? Ikuti saja bagaimana cara mengganti password Gmail lewat Android dengan Play store. Untuk dapat membuka kembali akun Google yang terkunci saat lupa password, sebenarnya ada banyak metode yang diterapkan Google untuk pemulihan akun.


Seperti mengatasi lupa kata sandi Gmail dengan nomor ponsel, email pemulihan, dan pertanyaan rahasia. Satu lagi yang mungkin tidak termasuk anjuran Google yaitu melalui app Google Play store di Android.  Ikuti panduan pemulihan email dengan metode yang lain bila dengan cara ini belum sukses juga, tapi coba dulu semoga berhasil.!




Pemulihan Akun Google, metode lainnya:

Playstore merupakan toko aplikasi Android yang menjual berbagai konten mulai aplikasi, game, buku, movie, dan musik. Sistem pembelian di Google Play inilah yang nantinya akan kita manfaatkan untuk ganti sandi Gmail.


Jika Anda ingin mengubah sandi Gmail yang sebelumnya pernah digunakan login Playstore, Anda bisa mencoba menerapkan langkah pada artikel ini.



cara mengganti sandi gmail yg lupa



Trik ini mungkin bisa membantu untuk mendapatkan kembali data penting dalam akun Google Anda. Kita akan mencoba mengakali lewat playstore untuk memulihkan akun Gmail yang lupa sandi.



Sayang sekali kan bila akun Gmail yang tersinkron dengan Google game akun COC, Google Drive, Youtube channel, Google plus, atau Blogger tidak dapat diakses.



Untuk mengikuti trik mengganti password Gmail lewat Play store yang dapat dilakukan melalui semua device berplatform Android baik smartphone, tablet dan smartTV.



Karena prosesnya agak panjang baca dengan cermat ya dan lakukan dengan hati-hati!




Cara Mengganti Sandi Gmail Lewat Play Store



Tahap Pendahuluan



Sebelum mengikuti langkah-langkah ganti password Gmail, terlebih dulu sesuaikan pengaturan Google Play store pada Android Anda. 



Masuk aplikasi Playstore > Menu (icon garis tiga tumpuk) > Setelan > Perlu autentikasi untuk pembelian > “Untuk semua pembelian melalui Google Play di perangkat ini”. Lebih jelasnya lihat screen shot!



cara ganti password gmail di android



Step 1:

Langkah pertama buka aplikasi Playstore


Step 2:

Setelah app terbuka, cari aplikasi berbayar boleh game atau lainnya terserah Anda, tenang saja kita hanya mengakali sistem pembelian di playstore untuk bisa ganti sandi Gmail atau pilih harga termurah jika takut ke potong pulsa, nah sekarang sentuh “Harga aplikasi”


cara mengganti sandi akun gmail





Sentuh Lanjutkan

cara mengganti sandi gmail lewat hp



Step 3 :

Langkah berikutnya sesuaikan dengan memilih metode pembayaran. Karena saya menggunakan Telkomsel maka saya akan memilih Gunakan penagihan Telkomsel, isi data seperti dibawah lalu Simpan


cara merubah password gmail di hp



Cara Mengisi Data Tagihan Akun Playstore

  • Nama  : Isikan dengan nama Anda
  • Alamat lengkap: Isi alamat lengkap
  • Apt./Kamar Artinya isikan patokan tempat tinggal yang dikenali Google Map atau jika Anda tinggal di apartemen masukkan nomor apartemen kamar Anda
  • Kota: Isi kota tempat tinggal
  • Provinsi: Isi nama propinsi
  • Kode pos: Masukkan Kode pos
  • Nomor Telepon: Isi nomor telepon awali dengan kode negara (+62)



Step 4 :

Proses selanjutnya pilih Beli > Ikon Tanda tanya, karena kita telah setel pengaturan Play store pada  langkah sebelumnya, jika setiap kali melakukan transaksi pembelian maka akan keluar form untuk mengisi kata sandi Gmail kita. Nah disinilah kesempatan kita untuk memilih ‘’ Lupa Sandi? ‘’


cara ganti sandi gmail coc



Note: Perlu di ingat bila sampai proses ini Anda tidak menemukan tampilan seperti gambar diatas sebaiknya jangan dilanjutkan. Sesuaikan dulu pengaturan autentikasi pembelian Playstore di Tahap Pendahuluan pada panduan ini. Ulangi..!



Step 5 :

Pilih salah satu browser yang akan digunakan untuk reset password Akun Google, saran gunakan Chrome lebih aman


lupa sandi gmail



Step 6 :

Sistem Google akan memberikan tampilan halaman “Bantuan Akun” yang berisi pertanyaan “Apakah Anda ingat kata sandi yang pernah Anda pakai sebelumnya” pilih saja Saya tidak tahu. Lanjut pada halaman “Gunakan Android phone untuk memverifikasi ini memang Anda” pilihlah Kirim 


cara mengetahui kata sandi akun google play





Step 7 :

Kemudian pada tampilan halaman “ Mencoba menyetel ulang sandi? “ Pilih Ya lalu “Setel ulang sandi?” Pilih Setel Ulang


cara mengetahui kata sandi akun google yang lupa



Step 8 :

Di proses yang terakhir akan mucul tampilan untuk merubah / membuat kata sandi Gmail baru, Masukkan sandi dua kali lalu sentuh Ubah sandi. Selesai deh.


cara memulihkan akun gmail



Setelah proses diatas kita sudah berhasil dan enaknya lagi kita tidak akan diminta untuk verifikasi dengan nomor ponsel, gimana caranya mudah kan?  merubah sandi Gmail hanya lewat HP Android saja…!



Reset password Gmail melalui Playstore bisa dilakukan melalui cara diatas ketika dengan nomor telepon pemulihan dan email pemulihan sudah tidak bisa lagi, dengan catatan akun Google dalam keadaan login di smartphone Android dan masih bisa akses ke Play store.