CMMA BLOG News | 3 Cara Mengatasi Virus Shortcut dengan CMD, System Configuration dan Antivirus

3 Cara Mengatasi Virus Shortcut dengan CMD, System Configuration dan Antivirus

Dalam era digital yang dipenuhi dengan ancaman malware, virus shortcut menjadi salah satu masalah yang sering mengganggu pengguna komputer. Oleh karena itu banyak yang bertanya mengenai cara mengatasi virus shortcut ini. Pada informasi ini akan dibahas lengkap mengenai cara mengatasi virus shortcut.

Perlu diketahui bahwa vIrus ini dapat menginfeksi perangkat dan menyebabkan kerugian data serta ketidaknyamanan. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, maka bisa simak selengkapnya dibawah ini:

1. Menggunakan CMD (Command Prompt)

Salah satu metode untuk menangani virus pintas yang terjamin efektif adalah melalui penggunaan Command Prompt (CMD). Pendekatan ini dapat diterapkan baik untuk virus pintas pada PC maupun perangkat USB (flashdisk dan hard disk eksternal). Namun, pengguna perlu berhati-hati dalam melaksanakan langkah ini karena kesalahan dalam pengetikan kode dapat berdampak fatal pada sistem. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Langkah Pertama: Buka Command Prompt. Jika masalah virus pintas terjadi pada flashdisk atau hard disk eksternal, pastikan terlebih dahulu perangkatnya terpasang pada komputer.
  • Setelah itu, buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows pada keyboard atau klik kanan pada menu Start.
  • Selanjutnya, cari opsi Run atau tekan tombol Windows dan R secara bersamaan pada keyboard. Setelah jendela program Run muncul, ketikkan perintah “cmd”.
  • Langkah Kedua: Pilih Drive yang Terinfeksi.
  • Selanjutnya, pilihlah drive yang terinfeksi oleh virus pintas. Misalnya, jika drive lokal D yang terinfeksi pada komputer, ketikkan ‘D’ kemudian tekan Enter.
  • Lakukan hal yang sama untuk drive eksternal yang terinfeksi. Ketikkan lokasi drive sesuai dengan yang ada di komputer.
  • Langkah Ketiga: Ketikkan Kode. Ketikkan perintah “del *.lnk /s /d” kemudian tekan Enter. Jika proses tidak berhasil, notifikasi error akan muncul.
  • Pengguna dapat mencoba kembali dengan hanya mengetikkan perintah “del *.lnk” saja. Jika berhasil, lanjutkan dengan mengetikkan perintah “attrib -s -h -r -a . /s” dan tekan Enter.
  • Jika perintah tidak berhasil, coba gunakan perintah serupa namun hanya pilih salah satu huruf (misalnya, ‘s’ atau ‘d’).

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, kemungkinan PC atau USB eksternal telah terinfeksi oleh virus lain. Cobalah untuk mengganti ekstensi ‘.lnk’ dengan ekstensi virus lain seperti ‘*.exe’. Setelah berhasil, buka opsi folder dan kembalikan pengaturannya ke konfigurasi awal.

2. Menggunakan System Configuration

Untuk menanggulangi infeksi virus shortcut yang menyerang perangkat komputer atau laptop, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Windows, kemudian masukkan kata kunci msconfig pada kolom pencarian.
  • Setelah jendela System Configuration terbuka, klik opsi Startup.
  • Di dalam tab Startup, buka Task Manager.
  • Setelah jendela Task Manager terbuka, navigasikan ke tab Startup dan temukan entri kanvas www.vbs.
  • Setelah menemukannya, klik kanan pada entri tersebut, kemudian pilih opsi “disable” untuk menonaktifkannya.

3. Menggunakan Antivirus

Salah satu metode yang paling efektif dan cepat adalah dengan memanfaatkan program antivirus. Terdapat beberapa antivirus yang telah dilengkapi dengan fitur yang memadai untuk menangani virus shortcut. Antara lain, SMADAV, Norton Antivirus, Mcafee Stinger, dan sebagainya.

Langkah-langkahnya cukup sederhana. Pengguna hanya perlu menjalankan pemindaian pada komputer melalui antivirus. Setelah itu, tunggu hingga proses pemindaian selesai.

Jika ada infeksi terdeteksi, antivirus akan memberi peringatan tentang keberadaan virus beserta pilihan untuk menghapusnya. Pengguna dapat memilih opsi karantina atau hapus virus. Proses ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada jenis antivirus yang digunakan.

Untuk meningkatkan keamanan komputer dan laptop, sangat disarankan untuk selalu menjalankan antivirus secara aktif. Beberapa antivirus bahkan secara otomatis akan mengisolasi virus yang masuk secara langsung, sehingga dapat meningkatkan keamanan perangkat dengan lebih efektif.

Demikianlah seputar informasi mengenai cara mengatasi virus shortcut. Pada pembahasan di atas tadi terdapat tiga cara dan langkahnya yang bisa dipahami untuk mengatasi virus shortcut.