Bagaimana Cara Membuat Email Baru Di HP Android Xiaomi?

Bagi newbie HP android Xiaomi, inilah cara membuat email baru pada handset tersebut. Bagaimana caranya untuk menambahkan akun Google lewat smartphone merk Xiaomi dan pengelolaan-nya? boleh langsung baca, pahami dan ikuti!

Buat akun Gmail dari beberapa user baru Android mungkin saja sedikit membingungkan. Apalagi ketika proses daftar email lewat hp, misalnya nama pengguna dinyatakan tidak tersedia atau masalah lain yang mengakibatkan tidak bisa menambahkan akun Google.

cara bikin email baru di HP android xiaomi

Beberapa tips dan panduan di bawah ini semoga dapat mengatasi masalah akun Google dengan mudah. Karena saya juga memakai Xiaomi Note 4G LTE, step by step nya akan saya sesuaikan dengan apa yang saya lakukan saat membuat email baru.

Tips Daftar Gmail dan Cara Mengelola Akun Email

Pada dasarnya cara menambahkan akun Google itu gampang, berikut ini sedikit tips agar langkah daftar akun Gmail lancar beserta managering-nya (kelola).

  • Jangan buat email baru di HP dalam keadaan koneksi buruk, karena ini menyebabkan username gagal tervalidasi. Solusi: di setel ke prioritas jaringan 3G saja
  • Jika ada hotspot, lebih baik koneksikan wifi Anda untuk mendapatkan akses yang stabil. Bagi Anda yang berada di daerah, maka gelombang sinyal tidak jauh lebih baik dari pada kabel layanan internet seperti Speedy, Fastmedia, dan sejenisnya.
  • Agar alamat email (nama pengguna) mudah diingat lebih baik gunakan nama sendiri saja, hindari penggunaan nama alay atau panggilan teman-teman (alias).
  • Jangan lupa catat alamat email dan password ke dalam note di smartphone Anda. Tapi ingat jangan mencatat dalam tempat yang sama, pisahkan hanya Anda dan Tuhan yang tahu maksudnya (jangan mencolok). Hehe
  • Jika nantinya Gmail Anda tersinkron dengan akun game COC, Clash of Royale, dan game favorit Anda yang lainnya. Ketika daftar akun Google hindari mengisikan kata sandi yang mudah ditebak orang, kalau tak ingin kena bobol, dibawah sudah saya contohkan.
  • Nama depan dan paling belakang isikan dengan nama sesuai KTP karena bisa digunakan untuk mencari akun Gmail yang lupa atau meminta bantuan tim pemulihan akun Google.
  • Jika ingin membuat akun Gmail namun usia belum genap 13 tahun, silahkan gunakan data perwalian atau menggunakan Google Family link

Langkah-Langkah Membuat Email Baru di Gmail

Setelah membaca pada ulasan dan tips saya diatas, sekarang waktunya mengikuti tahapan simpel membuat akun Gmail di Android dengan lancar. Jika tidak menemukan pilihan menu seperti contoh gambar, saya membaginya sesuai seri Xiaomi MIUI 9 / MIUI terbaru:

Step 1 : Setelan Bahasa

Saya asumsikan Anda berada pada settingan bahasa Indonesia, jika Xiaomi masih benar-benar baru. Masuk atau sentuh ikon “Setting” – “Additional settings” – “Language & input” – “Language” (Indonesia)

Step 2 : Masuk pengaturan telepon Xiaomi

Setelah berhasil setel bahasa, selanjutnya sentuh ikon “Setelan”.  Pada setelan telepon ini, lakukan scroll layar ke atas untuk menemukan “Akun lain” masuk pada pilihan tersebut.

cara membuat email baru di gmail

Step 3 : Tambah ke Google

Lalu pilih dan sentuh ikon “tanda plus” (Tambah), tunggu loading beberapa saat kemudian pilih “Google”

buat akun gmail baru lewat hp android

Step 4 : Tambah akun Google baru 

Langkah selanjutnya anda berada di tab Tambahkan Akun Google sentuh “Baru”. Perhatikan gambar

cara membuat email baru di hp android xiaomi

Step 5 : Personalisasi handphone & layanan Google

“ Nama Anda digunakan untuk mempersonalisasi ponsel dan layanan Google Anda” pada halaman itu atau halaman “Nama Anda” isikan di kolom pertama dengan nama asli. Untuk kolom kedua isi juga dengan nama belakang. Next

membuat email baru gmail lewat hp

Step 6 : Membuat email valid

Lanjut di halaman “Nama pengguna”, berhati-hatilah pada langkah ini untuk mengetik alamat email, karena sekali jadi nanti kita tidak dapat mengubah.

Kalau Anda baca tips diatas mungkin sudah paham, bagaimana membuat nama pengguna Gmail (Akun Google) yang valid?

PENTING : Lihat pada screenshot contoh alamat email Google Mail! saya mengisikan rudiarm4w@gmail.com tapi nama pengguna tidak tersedia, Kemungkinan alamat tersebut sudah dipakai orang lain.

Lalu gimana untuk membuat email tersedia? saya merubah rudiarmaw13@gmail.com dan yang ini berhasil setelah Google memeriksa ketersediaan akun. saran saya pakailah tambahan angka atau tanda titik contoh rud.arm138@gmail.com. dan boleh menggunakan username lain yang menggambarkan karakter Anda.

daftar akun gmail via hp

Step 7 : Mengisi kata sandi kuat

Pada proses mengisi kata sandi usahakan sesuai saran Google, buat campuran huruf besar & kecil, simbol, angka dan buatlah paling pendek delapan karakter.

Contoh password email Gmail yang kuat : MKNrotibu@y4 (jika di baca makan roti buaya) atau pelajari dulu tips membuat kata sandi kuat dan aman.

Setelah berstatus strong / kuat, Sentuh next

daftar akun gmail lewat hp

Step 8 : Opsi pemulihan sandi Google

Di halaman ini sebaiknya Anda memilih “Siapkan opsi pemulihan” untuk memasukkan nomor telepon atau email pemulihan (alamat email lain yang Anda miliki). Apa arti email pemulihan ? Cari tahu di tautan tersebut, ingat jangan sekali-kali mengisi dengan email utama!

email pemulihan akun google

Step 9 : Layanan Google – Komunikasi

Selalu kabarkan berita dan penawaran terbaru dari Google. Beri tanda “Centang” jika Anda menghendaki selalu menerima tawaran produk baru lewat pesan email dan sebaliknya

tahapan membuat email baru

Step 10 : Tuntaskan akun

Pada proses persyaratan layanan dan kebijakan privasi Google, sentuh “Saya setuju” untuk menuntaskan pendaftaran

buat akun gmail lewat hp

Step 11 : Mengautentikasi

Bila diminta “Mengautentikasi” masukkan kode chaptca yang terlihat. Langkah ini tergantung sistem Google, kadang juga tidak ada proses ini. Sentuh next

cara masukkan kode verifikasi gmail

Step 12 : Menyimpan Akun

Sabar tunggu saja di tahap ini, Google sedang menyimpan data akun Anda ke dalam server.

menambah akun google baru

Step 13 : Berhasil masuk ke akun

Sesuaikan dengan kebutuhan sinkronisasi akun Google dengan produk aplikasi Google apa saja di Android Anda, lalu sentuh tombol Next

sinkronisasi akun gmail

Artikel ini sengaja saya buat sedetail mungkin agar cara membuat email baru di HP Android Xiaomi berjalan dengan tahap-tahap yang benar tanpa terlewatkan.

Daftar akun Gmail ini juga bisa digunakan untuk semua merk seperti Xiaomi Redmi 3 Pro, Note, 2, 3, Mi4 atau boleh menerapkan tips dan cara ini untuk Android merk lain.

Rekomendasikan panduan ini jika keluarga, teman dan sahabat Anda juga memerlukan..! setelah Anda berhasil belajar buat email pribadi hanya lewat hp saja. Kalau pada tampilan  screenshot beda dari contoh gambar di atas sobat bisa lihat buat email baru lewat hp Android Lolipop ke atas

Setelah itu mungkin Anda membutuhkan Cara Buat Akun Mi untuk Semua Tipe