Cara Membuat Akun Google Play Store di Android & Sinkronisasi

Bagaimana cara membuat akun Google Play store untuk bisa digunakan sepenuhnya pada hape Android Anda. Misalnya untuk membeli aplikasi, download gratis aplikasi Android, baca buku, nonton film, unduh atau pasang app game seru lainnya.

Apa sih langkah awal setelah Anda punya smartphone Android baru atau bekas? Langkah setelan di awal setelah punya hp Android yaitu daftar akun Google baru lalu sikronisasi (pengaitan) akun Gmail dengan Play store.

Mengapa demikian? Karena Play store mengharuskan untuk izin akses ke akun Google milik Anda agar Play store dapat dioperasikan sepenuhnya.

Sudah banyak yang tau sih sebenarnya, untuk membuat akun Google di Android tanpa pc atau komputer, tapi kalau belum tau dan ingin belajar! Anda bisa terus lanjut membaca dan langsung mengikuti panduan bergambar daftar akun Google Play store yang saya bagikan dibawah ini. Beserta gimana cara mengaitkan akun Gmail untuk masuk ke Play store setelah bikin akun.

Sejarah Perkembangan Google Play

Google Play yang awal mula dengan nama Android Market pada bulan Maret tahun 2012 lalu berganti nama. Google Play adalah sebuah layanan konten digital milik perusahaan Google yang bisa disebut juga sebagai toko online dengan produk-produk seperti aplikasi, permainan, buku, lagu, atau pemutar media bebasis cloud (penyimpanan online).

CMMA BLOG News | Cara Membuat Akun Google Play Store di Android & Sinkronisasi

Google Play dapat diakses melalui web atau aplikasi Android (Playstore) dan juga Google TV. Mengakses melalui web atau Playstore pada Android sendiri memungkinkan pengguna untuk memberikan rating , review, berkomentar tentang aplikasi tersebut. Sehingga pengguna yang akan men-download dapat melihat pengalaman dari pengguna lain baik tidaknya aplikasi.

Seperti pada OS smartphone lainya; Apple dengan toko aplikasi Appstore, Blackberry dengan BBworld, Windows mobile dengan Windows appstore nya.

Google Play sendiri memberikan wadah untuk para pengembang (developer) aplikasi. Untuk aplikasi gratis, pengembang mendapatkan keuntungan dari pemasangan Google Adsense (Iklan Google) bernilai $0,01 – $0,05 per klik iklan. Pada aplikasi berbayar, pengembang mendapatkan keuntugan 70% dan Google Play 30%.

Kembali pada topik utama yakni cara membuat akun baru Gmail untuk Playstore langsung dengan hp Android dengan gambar. Tanpa harus pinjem temen pun bisa, bagi anda yang memang belum punya laptop atau pc. Bisa ikuti caranya sebagai berikut :

Cara Membuat Akun Google Play Store (langkah Daftar Gmail Baru) 

Gambar di proses pendaftaran akun Google Play store ini saya sesuaikan dengan tampilan di Android Xiaomi yang saya punya namun tenang saja tidak ada beda yang mencolok jika memang hp Anda merk Samsung, Asus, Andromax, ataupun Lenovo karena masih satu keluarga ber-OS Android.

NB: Jika tampilan hp Anda tidak seperti seperti gambar, coba lihat bikin akun Google Play screenshot terbaru.

1. Langkah pertama untuk membuat akun Google Play lewat hp.

  • Silahkan masuk pada Setting / Setelan / Pengaturan telepon di Android anda.
  • Cari dan pilih pada menu Akun dengan mengeser layar ke atas
  • Setelah ketemu masuk atau pilih Akun Lain

2. Selanjutnya anda akan diarahkan pada menu Tambah akun. Lalu pilih Ikon Google

CMMA BLOG News | Cara Membuat Akun Google Play Store di Android & Sinkronisasi

3. Lanjut pada halaman Tambahkan Akun Google. langkah daftar akun berikutnya yaitu pilih Baru


CMMA BLOG News | Cara Membuat Akun Google Play Store di Android & Sinkronisasi

4. Setelah keluar form pendaftaran akun isikan dengan benar data pribadi Anda. Seperti :

  • Nama depan : Isikan dengan nama depan sesuaikan dengan identitas anda
  • Nama belakang : Ketikkan dengan nama belakang yang ada dalam identitas anda
  • Setelah semua terisi lalu sentuh next (tombol BERIKUTNYA)
CMMA BLOG News | Cara Membuat Akun Google Play Store di Android & Sinkronisasi
5. Proses berikutnya adalah Anda disuruh mengisikan nama alamat email Gmail (Nama Pengguna) yang dikehendaki.
Catatan: Apabila nama pengguna tidak tersedia atau sudah digunakan orang lain maka berikan kombinasi angka pada akhir alamat email atau pilih Nama pengguna yang disarankan saja. Setelah nama pengguna akun Gmail siap dan valid lalu sentuh tombol next
6. Setelah nama pengguna tersedia maka sekarang saatnya Buat Sandi

CMMA BLOG News | Cara Membuat Akun Google Play Store di Android & Sinkronisasi
7. Lalu siapkan opsi pemulihan sandi Google. Jangan mengabaikan pada langkah ini ya… meskipun tidak wajib diisi tapi hal ini penting loh..! apalagi untuk menjaga keamanan akun Google.

CMMA BLOG News | Cara Membuat Akun Google Play Store di Android & Sinkronisasi
8. Pada halaman Layanan Google bisa anda uncek atau menghilangkan tanda ceklis dulu
9. Di halaman Tuntaskan Akun . Pilih Saya Setuju

10. Kode verifikasi google akan dikirim ke nomor telepon yang anda gunakan pada saat daftar akun baru diatas. Cek SMS masuk yang berisi 6 digit kode > Lalu masukkan kode verifikasi akun untuk menyelesaikan proses daftar akun Google Play store. 

Cara Sinkronisasi Akun Google di Android setelah Langkah Daftar

Setelah anda selesai membuat email baru dan berhasil sekarang waktunya untuk mengaitkan (sinkronisasi) akun Google anda dengan aplikasi Play store. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Tap / sentuh icon Play Store pada android anda
  • Sekarang login dengan akun Gmail yang telah anda buat tadi dan jangan lupa password ya!
  • Selesai Play store sudah dapat digunakan pada device Android yang anda miliki
Sekian dulu tutorial cara membuat akun Google Play di Android. Apabila anda mengalami kesulitan atau gagal saat daftar akun baru di Android bisa anda sampaikan pada kolom komentar dibawah ini.