Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Android Device Manager

Ingin tau cara melacak hp Android hilang? Ketika kehilangan hp kita pasti akan panik bukan main, bagaimana cara menemukan Hp yang hilang tersebut jika hilang dicuri atau hanya terselip di rumah lalu bingung mencari?



Coba ikuti panduan cara melacak hp yang hilang di artikel ini, setelah sebelumnya saya juga share tentang melacak Xiaomi hilang. Langsung menuju ke inti panduan saja jika kalian kehilangan, namun untuk pembaca yang sekedar cari info boleh baca dari awal.
cara kerja android device manager



Bila perangkat yang hilang tidak mungkin dapat diambil lagi karena lokasi kehilangan yang jauh atau alasan lainnya, sebaiknya kunci perangkat, tulis pesan pemberitahuan ke pencuri / penemu atau hapus data dari hp Android yang hilang tsb.


…Kalau syarat terpenuhi kita dapat melacak hp hilang atau di curi dari jarak jauh kok. Santae…!


Disini kita akan memanfaatkan fitur bawaan Android (Android Device Manager) yang sudah dirancang khusus oleh tim Google pada divisi pengembang OS Android. Tanpa tambahan fake aplikasi pelacak hp yang banyak bertebaran di Playstore kita mampu mengendalikan perangkat dari kejauhan. 



Apa itu Android Device Manager?

Android Device Manager adalah fitur yang disematkan dalam sistem operasi Android yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat dari jarak jauh dengan beberapa pilihan menu mengunci, menghapus, dan menderingkan perangkat.


ADM terdapat di Android versi 2.2 ke atas dengan kondisi Google App terinstal. ADM merupakan salah satu cara mencari hp hilang yang bisa dibilang efektif bila kalian telah mempersiapkan beberapa setelan sebelum kehilangan & ketentuan terpenuhi.



Apa Syarat Melacak Hp Yang Hilang?

Berikut ini merupakan ketentuan yang harus dilakukan sebelum melacak hp yang hilang dengan Android Device Manager untuk deringkan, kunci, dan hapus file.


  • Masih dapat masuk Akun Google (alamat email Gmail) yang tersinkron di perangkat, karena untuk melacak hp hilang dengan Gmail kita memerlukan akses ke akun Google yang tersambung ke hp. 
  • Perangkat tidak dalam keadaan mati.
  • Terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Penemu hp yang hilang berinisiatif baik tidak melakukan factory reset
  • GPS aktif untuk menemukan lokasi hp yang hilang, jika tanpa GPS lokasi tidak terdeketsi secara akurat.


Karena sifatnya mendesak langsung saja ikuti beberapa langkah cara melacak dibawah ini ya, mudah-mudahan Anda segera menemukan hp Android yang hilang kembali ke pelukan. 🙂

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Android Device Manager

  1. Gunakan Chrome di PC atau laptop kemudian pilih mode penyamaran lalu akses tautan halaman dengan membuka Android Device Manager
  2. Langkah berikutnya masukkan alamat akun Gmail dan kata sandi yang telah tersinkron pada hp yang hilang, semoga saja masih dapat masuk akun Google tsb.
    melacak hp hilang dengan gmail
  3. Setelah berhasil masuk, maka akan terlihat welcome note Android Device Manager pilih Terima.
    melacak hp hilang atau dicuri
  4. Dengan hal ini kita dapat melihat lokasi terakhir jika hp hilang atau terselip, untuk memperbarui pencarian lokasi pilih tombol disamping ikon pensil.
    cara kerja android device manager
  5. Perhatikan tiga tombol “Deringkan” – “Kunci” – “Hapus” kemudian baca keterangan di bawah ini apa saja fungsi menu fitur di ADM.

Keterangan Menu Di Android Device Manager


 cara membuka android device manager
  • Deringkan : digunakan untuk menderingakan ponsel meskipun dalam keadaan mode hening bisa berbunyi dengan keras
    cara menggunakan device manager

  • Kunci : berfungsi untuk mengunci layar Android dan penemu atau pencuri hp tidak dapat melakukan apa-apa. Fitur ini dapat juga digunakan ketika lupa pola Android.
    android device manager sign in

  • Hapus : bermanfaat sebagai penghapus data di memori telepon pada hp yang hilang
    cara mengaktifkan android device manager

Demikian informasi tentang melacak hp Android yang hilang dengan Android Device Manager, meski ada beberapa syarat & ketentuan yang harus dilakukan. Cara melacak hp yang hilang ini tidak menjamin keberhasilan 100% untuk menemukan hp hilang karena praktek di lapangan pasti berbeda-beda. 


Dan perlu diketahui ya! belum ada cara melacak hp yang hilang melalui nomor hp. Soalnya di Indonesia hanyalah pihak berwajib yang bisa melakukan pelacakan nomor telepon pada kasus kriminalitas.


Pelajari juga info penting lainnya: