CMMA BLOG News | Inilah Cara Agar Ponsel Tidak Bisa Dilacak, Solusi Untuk Menjaga Privasi

Inilah Cara Agar Ponsel Tidak Bisa Dilacak, Solusi Untuk Menjaga Privasi

Dengan kemajuan teknologi, pelacakan ponsel menjadi semakin mudah dilakukan, baik oleh pihak ketiga maupun aplikasi yang tidak diinginkan. Namun, tidak perlu merasa terjebak dalam situasi ini. Ada berbagai cara agar ponsel tidak bisa dilacak yang dapat diambil untuk melindungi privasi dan memastikan bahwa ponsel tidak bisa dilacak.

Dari pengaturan keamanan hingga penggunaan aplikasi khusus, cara-cara ini tidak hanya meningkatkan perlindungan data pribadi tetapi juga memberikan rasa aman dalam berkomunikasi dan beraktivitas online. Dalam uraian ini akan dibahas cara agar ponsel tidak bisa dilacak dengan mudah:

1. Fake GPS Lokasi HP

Cara agar ponsel tidak bisa dilacak yang pertama dengan menggunakan fake GPS lokasi. Untuk menghindari pelacakan lokasi melalui ponsel, salah satu metode yang paling efektif adalah dengan menggunakan aplikasi fake GPS seperti AnyTo iMyFone. Alat ini memungkinkan kamu untuk mengubah dan menyembunyikan lokasi asli sehingga sulit untuk dilacak oleh pihak luar. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk menggunakannya:

Sebelum memulai, pastikan untuk menambahkan AnyTo ke dalam daftar aplikasi Mock Location dengan mengikuti langkah-langkah berikut: buka Setting > About Phone > ketuk Build Number sebanyak 7 kali hingga Developer Option terbuka > pilih Mock Location > pilih AnyTo.

Langkah 1: Buka aplikasi AnyTo dan izinkan akses lokasi serta izin lainnya jika diperlukan.

Langkah 2: Masuk ke menu Location, pilih lokasi di peta yang diinginkan untuk menyamarkan posisi kamu, lalu tekan tombol Move untuk mengonfirmasi perubahan lokasi.

Dengan menggunakan aplikasi fake GPS ini, lokasi kamu akan tersembunyi dan tidak bisa dilacak dengan mudah. Ini adalah cara yang cepat dan efisien untuk menjaga lokasi asli kamu tetap rahasia.

2. Matikan Lokasi Pada Google

Meskipun pengguna telah menonaktifkan akses lokasi di pengaturan ponsel pengguna , Google masih bisa melacak lokasi pengguna . Ini terjadi karena Google memiliki metode lain untuk mengakses informasi lokasi melalui akun Google pengguna . Untuk sepenuhnya menghentikan pelacakan lokasi oleh Google, pengguna perlu menonaktifkan akses lokasi di akun Google pengguna juga. Berikut adalah langkah-langkah detail yang dapat pengguna ikuti:

  • Masuk ke Akun Google pengguna : Pertama, buka browser pengguna dan masuk ke halaman utama Google. Dari situ, klik ikon profil di sudut kanan atas untuk mengakses akun Google pengguna .
  • Akses Data & Personalisasi: Setelah masuk, cari dan klik opsi Data & Personalisasi yang biasanya terdapat di menu pengaturan atau halaman utama akun pengguna . Ini akan membawa pengguna ke halaman yang memungkinkan pengguna mengelola data dan pengaturan pribadi pengguna .
  • Nonaktifkan Aktivitas Web & Aplikasi: Di halaman Data & Personalisasi, temukan bagian yang disebut Kontrol Aktivitas. Di bawah bagian ini, pengguna akan melihat opsi untuk Aktivitas Web & Aplikasi. Ketuk opsi ini dan pastikan untuk menonaktifkannya. Ini akan menghentikan Google dari menyimpan data aktivitas pengguna yang terkait dengan web dan aplikasi.
  • Hapus Aktivitas Secara Otomatis: Jika pengguna ingin menghapus aktivitas secara otomatis, gulir ke bawah pada bagian Aktivitas Web & Aplikasi atau Riwayat YouTube. Di bagian ini, pengguna akan menemukan opsi Kelola Aktivitas. Ketuk opsi tersebut untuk melihat dan mengelola aktivitas yang telah disimpan.
  • Kelola Data yang Disimpan: Di halaman Kelola Aktivitas, cari menu dengan tiga titik di bagian kanan atas layar. Klik menu tersebut dan pilih opsi Simpan Aktivitas. Di sini, pengguna dapat menonaktifkan berbagai jenis data yang disimpan oleh Google di akun pengguna . Ini termasuk berbagai jenis informasi yang mungkin dikumpulkan oleh Google berdasarkan aktivitas pengguna .

3. Kontrol Izin Aplikasi

Sebelum mengunduh aplikasi, penting untuk memeriksa izin yang diminta yang tertera di halaman Google Play atau Apple App Store. Terkadang, aplikasi bisa meminta informasi yang tidak relevan dengan fungsinya.

Oleh karena itu, memeriksa izin aplikasi secara berkala sangat disarankan untuk mencegah kemungkinan aplikasi yang berpotensi melacak aktivitas pengguna atau aplikasi yang terus berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna .

4. Menyembunyikan Alamat IP dengan VPN

Untuk memastikan ponsel kita tidak dapat dilacak, aplikasi Fake GPS mungkin tidak cukup efektif. Ini karena layanan pelacakan tidak hanya data dari aplikasi, tetapi juga dapat mengakses informasi melalui Alamat IP jaringan yang kita gunakan.

Dalam hal ini, untuk menutupi jejak digital kita, penggunaan VPN (Virtual Private Network) sangat disarankan. VPN bekerja dengan menyembunyikan Alamat IP asli yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider), sehingga mengurangi kemungkinan pelacakan.

Dengan menggunakan VPN, kita dapat memilih server yang berlokasi di negara atau kota tertentu, sesuai dengan lokasi yang ingin kita tampilkan. Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak semua layanan VPN memberikan kebebasan penuh dalam memilih kota atau negara yang diinginkan.

Pilihan lokasi yang tersedia bergantung pada server yang disediakan oleh penyedia VPN. Oleh karena itu, meskipun VPN dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap pelacakan, fleksibilitas dalam memilih lokasi mungkin terbatas berdasarkan layanan VPN yang kita pilih.

Demikianlah penjelasan mengenai cara agar ponsel tidak bisa dilacak. Pada penjelasan di atas tadi terdapat empat cara mudah yang bisa digunakan untuk menghindari supaya ponsel tidak bisa dilacak.