CMMA BLOG News | Kenapa Akun Tiktok Dibatasi? Ternyata Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Kenapa Akun Tiktok Dibatasi? Ternyata Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Ada sejumlah pengguna yang bertanya kenapa akun TikTok dibatasi. Pembatasan ini disebabkan oleh kepatuhan terhadap Pedoman Kebijakan TikTok, yang menyebabkan pengguna tidak dapat mengakses beberapa konten dan fitur di platform tersebut.

Untuk memperjelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengapa beberapa akun TikTok mengalami pembatasan dan langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini. Silakan baca informasi lebih lanjut di bawah ini.

Alasan Kenapa Akun TikTok Dibatasi

TikTok adalah platform sosial yang populer untuk berbagi video pendek yang dibuat oleh penggunanya. Seperti halnya platform sosial lainnya, TikTok memiliki Pedoman Kebijakan yang harus diikuti oleh penggunanya. Jika pengguna melanggar pedoman tersebut, salah satu konsekuensinya adalah pembatasan akun.

Dengan demikian, akun TikTok dibatasi ketika pengguna melanggar Pedoman Komunitas yang telah disepakati sebelumnya oleh platform tersebut.

Sebelum akun pengguna mengalami pembatasan di TikTok, mereka akan menerima pemberitahuan berupa Account Warning atau Peringatan Akun yang ditampilkan di profil mereka setelah dinyatakan melanggar aturan.

Setelah menerima peringatan, akun pengguna yang melanggar berisiko dihapus jika pelanggarannya dianggap serius. Langkah ini diambil untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan TikTok dan menjaga lingkungan yang aman bagi semua pengguna.

Cara Mengatasi Akun TikTok yang Dibatasi

Setelah mengetahui alasan kenapa akun TikTok dibatasi, disini juga akan diberikan cara mengatasi hal tersebut.

Beberapa pengguna mungkin merasa bahwa mereka tidak melanggar Pedoman Komunitas TikTok meskipun sudah menerima peringatan dan menyadari bahwa akun mereka dibatasi.

Nah berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi akun TikTok yang dibatasi:

1. Tinjau Konten

TikTok umumnya tidak memberikan penjelasan secara rinci tentang alasan pembatasan akun pengguna. Oleh karena itu, disarankan untuk secara rutin meninjau kembali semua konten yang telah diposting.

Jika ada konten yang dinilai melanggar Panduan Komunitas, segera lakukan pengeditan atau hapus konten tersebut untuk mencegah risiko lebih lanjut terhadap akun pengguna.

Dengan melakukan langkah ini, pengguna dapat meningkatkan kepatuhan terhadap kebijakan TikTok dan memastikan pengalaman berinteraksi yang positif di platform ini.

2. Hentikan Aktivitas Spam

Aktivitas spam di TikTok dapat menyebabkan akun terkena shadow banned. Contohnya, sering mengunggah konten dalam waktu singkat dapat menyebabkan akun ditangguhkan.

Oleh karena itu, disarankan untuk meninjau jadwal konten dan memposting secara teratur agar tidak terdeteksi sebagai spam oleh TikTok.

Dengan melakukan hal ini, pengguna dapat menghindari risiko pembatasan atau shadow banned pada akun pengguna di platform tersebut.

3. Mengajukan Banding

Jika tidak yakin mengapa akun TikTok dibatasi, pengguna memiliki opsi untuk mengajukan banding untuk memulihkan akun TikTok tersebut.

Adapun untuk langkah-langkahnya untuk mengajukan banding agar akun TikTok dapat kembali normal dapat mengikuti rincian berikut di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok dan buka halaman profil pengguna.
  • Ketuk ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Pengaturan dan Privasi.
  • Gulir ke bawah dan pilih Laporkan Masalah.
  • Pilih Masalah Akun.
  • Isi informasi yang diminta dan jelaskan secara jelas masalah yang dialami.
  • TikTok akan meninjau laporan yang dikirimkan. Jika diterima, pembatasan akun pengguna akan dibatalkan.

Itulah penjelasan serta uraian mengenai alasan kenapa akun TikTok dibatasi. Jadi disini kesimpulannya adalah ketika akun TikTok dibatasi itu artinya hanya satu yakni pengguna melanggar kebijakan Panduan Komunitas di TikTok.

Entah itu berkaitan dengan konten yang diunggah atau bisa juga berkaitan dengan aktivitas pengunggahan konten yang terlalu sering sehingga dianggap spam oleh TikTok.