CMMA BLOG News | 8 Cara Mengatasi Mual Tiba-tiba Tanpa Menggunakan Obat

8 Cara Mengatasi Mual Tiba-tiba Tanpa Menggunakan Obat

Mual sering diikuti oleh muntah, meskipun ada kasus di mana mual tidak diikuti oleh muntah. Cara mengatasi mual tiba-tiba ini sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Seperti yang telah diketahui bahwa, biasanya gejala ini terkait dengan masalah pencernaan seperti sakit maag dan bisa terjadi pada berbagai kelompok usia. Termasuk anak-anak, orang dewasa, serta individu yang sedang menjalani terapi kanker atau wanita hamil.

Sebenarnya, rasa mual ini bisa diatasi secara mandiri di rumah. Hal ini tentu bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan obat. Atau bisa dikatakan dengan menggunakan cara alami.

Penasaran bagaimana cara  yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual yang bisa muncul secara tiba tiba ini? Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diuraikan cara mengatasinya secara alami. Berikut diantaranya:

1. Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Untuk mengurangi rasa mual, dapat dipertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan ringan yang mudah dicerna seperti pisang, nasi, biskuit, dan bubur. Disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi kecil namun sering agar pencernaan dapat berlangsung secara perlahan.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Dilarang

Untuk mengurangi kemungkinan mual, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang digoreng, makanan pedas, kopi, minuman bersoda, atau makanan dengan aroma yang kuat. Beberapa makanan atau minuman tertentu bisa memicu mual atau membuatnya menjadi lebih buruk, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan lambung yang meningkatkan produksi asam lambung.

3. Tarik Napas Panjang

Mengatasi ketidaknyamanan fisik seperti mual bisa dilakukan dengan teknik relaksasi, terutama jika dipicu oleh faktor stres. Salah satu caranya adalah dengan melakukan latihan pernapasan yang teratur. Mulailah dengan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sejenak, dan hembuskan secara perlahan. Lakukan teknik ini beberapa kali sampai sensasi mual berkurang.

4. Minum Jahe

Jahe telah lama dipergunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi gejala mual. Komponen kimia yang terkandung dalam jahe diyakini memiliki kemampuan untuk mempengaruhi berbagai sistem dalam tubuh, seperti sistem saraf, lambung, dan usus, sehingga membantu mengurangi sensasi mual.

5. Berbaring

Berkegiatan ketika merasa mual bisa meningkatkan intensitas mual dan menginduksi muntah. Sebagai solusinya, sebaiknya hentikan kegiatan tersebut dan istirahatlah dengan duduk atau berbaring. Pastikan posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

6. Minum Air Putih

Salah satu langkah untuk mengatasi mual akibat naiknya asam lambung adalah dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Kondisi ini penting karena kekurangan cairan dapat memperburuk gejala yang dialami akibat naiknya asam lambung. Selain itu, asupan air yang cukup juga dapat membantu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga dapat meredakan gejala maag.

7. Kurangi Konsumsi Susu

Ketika maag sedang kambuh, lebih baik membatasi asupan susu dan produk susunya terlebih dahulu. Sebab, susu dapat meningkatkan asam lambung yang pada akhirnya dapat memperparah gejala maag, seperti mual, nyeri di ulu hati, dan heartburn.

8. Menghindari Minuman Berkafein

Untuk mengurangi rasa mual saat mengalami naiknya asam lambung, ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari. Salah satunya adalah minuman beralkohol, karena dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung yang memperparah gejala mual.

Tak hanya minuman beralkohol, konsumsi berlebihan minuman yang mengandung kafein juga dapat mengiritasi lapisan lambung. Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsi minuman berkafein agar bisa mengurangi mual yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi mual tiba-tiba yang bisa dilakukan. Tentunya dengan menggunakan beberapa metode tersebut, mual akan dapat hilang dengan sendirinya. Biasanya akan tergantung dari pola pikir penderitanya.