CMMA BLOG News | 5 Aplikasi Penambah Memori, Solusi Jika Memori Hampir Penuh

5 Aplikasi Penambah Memori, Solusi Jika Memori Hampir Penuh

Apabila menggunakan kartu memori sebagai penyimpanan, diperlukan kesiapan untuk menghadapi kemungkinan kehabisan ruang. Ketika kapasitas memori telah mencapai batasnya, aplikasi penambah memori menjadi solusi yang optimal dan efektif untuk diimplementasikan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak developer telah melahirkan sejumlah besar aplikasi yang dapat meningkatkan kapasitas memori. Bagi yang bingung memilih di antara beragam pilihan tersebut, artikel ini akan memberikan rekomendasi daftar aplikasi penambah ruang memori yang layak dipertimbangkan.

1. App2SD

Pilihan pertama yang tersedia adalah App2SD, sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Vicky Bonick dan telah diluncurkan sejak 25 Mei 2015. Hingga saat ini, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

App2SD memungkinkan pengguna untuk membuat partisi tambahan untuk menyimpan file serta menawarkan fitur otomatis untuk mengaitkan aplikasi baru dengan mudah.

Namun, aplikasi ini memerlukan perangkat yang sudah di-root agar dapat berfungsi. Penggunaan aplikasi tanpa melakukan proses root terlebih dahulu dapat menyebabkan kehilangan data dan masalah lainnya pada perangkat.

2. SanDisk Memory Zone

SanDisk Memory Zone adalah sebuah aplikasi yang layak dipertimbangkan untuk penggunaan berikutnya. Berbeda dengan opsi sebelumnya, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali, menunjukkan popularitas yang signifikan. Popularitas ini dapat dipercaya berkat kualitas yang ditawarkannya.

Dikembangkan oleh Western Digital Corporation atau Its Affiliates, aplikasi ini menawarkan beragam keunggulan. Selain menyediakan partisi tambahan, SanDisk Memory Zone memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengosongkan ruang memori mereka.

Proses ini memungkinkan pengguna untuk memperluas ruang penyimpanan dan menyimpan lebih banyak data. Keuntungan lainnya adalah kemudahan akses tanpa memerlukan proses rooting yang rumit. Ini tidak hanya memudahkan pengguna tetapi juga memastikan keamanan data mereka terjaga.

3. Dropbox

Dropbox adalah salah satu rekomendasi teratas untuk aplikasi penambah memori. Kepopulerannya telah solid sejak dirilis pada 4 Mei 2010, dengan unduhan mencapai 1 miliar hingga saat ini.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi ini begitu diminati. Pertama-tama, Dropbox menawarkan ruang penyimpanan yang sangat luas tanpa memberikan batasan yang terlalu ketat kepada pengguna. Kemudian, keunggulan lainnya terletak pada kelengkapan fitur yang ditawarkannya.

Melalui Dropbox, pengguna dapat menyimpan data dan mengaksesnya dengan mudah melalui tautan yang telah dibuat. Meskipun memori bawaan perangkat terbatas, pengguna dapat dengan fleksibel menambahkan ruang penyimpanan sesuai kebutuhan mereka. Dengan begitu, Dropbox memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola sejumlah besar data dengan lancar.

4. Link2SD

Alternatif lain yang dapat dipertimbangkan adalah menggunakan Link2SD. Link2SD dikembangkan oleh Bulent Akpinar dan telah tersedia sejak tahun 2011. Dengan sejarah pengembangannya yang panjang, tidak mengherankan bahwa jumlah unduhan aplikasi ini telah mencapai 10 juta.

Yang menarik, meskipun memiliki ukuran file yang sangat kecil, hanya 2,7 MB, Link2SD masih mampu menampung banyak data. Selain itu, proses penambahan memori juga dapat dilakukan dengan mudah, meminimalkan kesulitan bagi pengguna.

5. Swapper

Selain aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat opsi lain yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yaitu Swapper. Dikembangkan oleh AllaKore LTDA, aplikasi ini telah tersedia sejak tahun 2016 dan telah diunduh oleh sekitar 500 ribu pengguna hingga saat ini.

Untuk menggunakan Swapper, pengguna diharuskan untuk melakukan proses rooting terlebih dahulu pada perangkat mereka. Setelah proses tersebut selesai, meskipun penyimpanan data terus berlangsung, pengguna tidak akan secara langsung melihat peningkatan jumlah ruang dalam memori perangkat mereka.

Itulah daftar aplikasi penambah memori yang bisa digunakan sebagai solusi jika memori hampir penuh. Namun ingat bahwa sejatinya aplikasi ini hanya sebagai bantuan saja dan bukan benar-benar bisa menambah memori secara fisik atau hardware.