4 Jenis Kartu ATM, Syarat Dan Cara Buka Rekening Mandiri

Sudah dari dulu saya memiliki niatan untuk membuka rekening Mandiri sendiri namun masih belum tahu cara untuk daftar dan apa saja persyaratan yang diperlukan jadi saya memutuskan untuk bertanya pada teman yang sudah menjadi nasabah Mandiri dan membaca artikel tentang cara buka rekening Mandiri untuk menambah informasi.

Kenapa saya lebih memilih untuk menjadi nasabah Mandiri dari pada menjadi nasabah bank yang lainnya? Karena menurut saya bank Mandiri adalah salah satu bank yang biaya adminitrasi bulanannya cukup kecil (Tergantung jenis kartu ATM) bila dibandingkan dengan bank yang lainnya.

syarat buka rekening mandiri

Sebenarnya tetap tergantung pada kebutuhan kita masing-masing, karena yang saya butuhkan hanya untuk menabung jadi saya memilih bank yang biaya adminitrasinya kecil saja, selain itu kantor cabang Mandiri juga sangat mudah ditemui di desa-desa kecil.

Namun bila kebutuhan kamu untuk mengirim uang pada teman, keluarga atau orang lain sebaiknya menjadi nasabah yang sama saja dengan mereka guna untuk mengurangi biaya pengiriman uang.

Membahas tentang bank Mandiri menurut informasi dari yang saya baca bahwa dulunya bank Mandri terlahir dari empat janis bank yang berbeda yaitu bank Dagang Negara, bank Pembangunan Indonesia, bank Ekspor Inpor Indonesia dan bank Bumi Daya, mereka memutuskan untuk bergabung pada tanggal 2 Oktober 1998 dengan nama bank Mandiri hingga akhirnya beroprasi pada tahun 1999 hingga sampai sekarang.

Ditambah dengan alasan demikian saya waktu itu benar-benar yakin untuk menjadi nasabah Mandiri dan akhirnya melakukan cara membuka rekening Mandiri hingga menjadi nasabah sampai saat ini.

Syarat Buka Rekening Mandiri

Sebelum menuju ke langkah cara buka rekening Mandiri terlebih dahulu kita harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak bank, nah apa saja persyaratan yang diharuskan? berikut adalah jawabannya.
1. Kartu indentitas

  • Untuk warga negara Indonesia cukup membawa KTP yang masih berlaku
  • Sedangakan untuk warga negara asing (WNA) diharapkan membawa Paspor/KITAP/KIMS dan KITAS
  • Lalu untuk pelajar hanya menyertakan kartu pelajar dan surat izin dari orang tua.

2. Nomor pokok wajib pajak (NPWP)

3. Nomor telpon yang masih aktif (Bisa dihubungi)

4. Jika menjadi nasabah harus siap dikenakan biaya andminitrasi perbulanya, biasaya biayanya tergantung jenis kartu ATM.

5. Surat domisili

6. Surat keterangan kerja

7. Saat pembuatan artikel ini calon nasabah dikenakan biaya sebesar Rp 500.000 sebagai syarat buka rekening Mandiri

Kalau udah lengkap kita bisa langsung mendatangi kantor cabang? Est tunggu dulu, kamu hanya boleh mengunjungi kantor cabang terdekat sesuai dengan domisili kota/kabupaten yang telah terterta pada KTP.
Kalau saya terpaksa harus melakukan cara buka rekening Mandiri diluar wilayah dari domisili KTP gimana?

Tetap ada keringanan kok tenga saja, terkecualian ini hanya berlaku pada seseorang yang sedang bekerja diluar domisili KTP saja yakni harus menambah dokumen surat catatan tentang keterangan domisili dan surat keterangan kerja.

Catatan: KTP Jakarta bisa digunakan untuk buka rekening Mandiri disemua wilah Jakarta, dengan kata lain pereaturan diatas hanya berlaku pada KTP luar Jakarta saja.

Jenis Kartu ATM di Mandiri dan Info Biaya Tambahan

Ow iya hampir lupa, sebelum menuju ke kantor cabang terdekat lebih baik kamu harus mengetahui beberapa jenis kartu ATM yang ada di Mandiri serta informasinya dari jenis kartu ATM tersebut.

Karena kamu pasti enggak mau kan bila nantinya nyesel karena salah memilih kartu ATM? Untuk semua jenis kartu ATM memiliki kelebihan sendiri-sendiri dan biaya adminitrasi yang berbeda-beda oleh karena itu penting bagi nasabah untuk mengetahui jenis ATM yang akan digunakan.

Terus jenis ATM apa saja yang ditawarkan oleh Mandiri ke nasabah? Pertanyaan ini akan saya jawab setelah kita menyimak beberapa biaya yang nantikan akan dikenakan bila kamu sudah jadi nasabah Mandiri, biaya ini akan secara otomatis diambil dari saldo rekening mandiri nasabah.

  • Kalau saldo minimal harus Rp100.000, bila kurang dari Rp100.000 maka akan dikenakan denda (Denda secara otomatis diambil dari dalam saldo) sebesar Rp5.000.
  • Bila saldo telah kurang dari Rp50.000 berturut-turut selama tiga bulan akan dikenakan denda (Denda secara otomatis diambil ke dalam saldo) sebesar Rp5.000.
  • Penutupan rekening akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000
Saya juga telah menyiapkan beberapa biaya untuk keperluan lainnya berikut adalah uaraiannya.
  • Biaya bila buku habis dikarenakan penuh maka akan diganti secara gratis.
  • Bila ingin mengganti buku dikarenakan rusak akan dikanakan biaya sebesar Rp5.000.
  • Sedangkan bila biaya buku hilang akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000.
Nah sekarang kita akan mengenali beberapa kartu ATM yang terdapat pada mandiri lengkap dengan biaya adminitrasi dan informasi seputar biaya transaksinya.

1. Kartu ATM Mandiri Silver

Yang pertama ada kartu ATM Mandiri Silver, kartu ATM yang ini saya review paling awal karena sangat umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, mengapa demikian? karena kartu ATM memiliki kelebihan biaya perbulan yang cukup murah. Berikut adalah keterangannya.

syarat buka rekening Mandiri
  • Kamu bisa melakukan tarik tunai maksimal Rp10 juta perhari
  • Untuk biaya transfer ke sesama bank maksimal Rp25 juta perhari, sedangkan untuk beda bank maka akan dikenakan batasan kirim uang sebesar Rp5 juta.
  • Jika kamu mengambil uang ke mesin ATM yang berlogo ATM bersama maka akan dikenakan biaya Rp6.500
  • Biaya perbulanya (Biaya andminitrasi) Rp2.500

2. Kartu ATM Mandiri Gold

Kalau yang ini sangat cocok sekali buat kamu yang suka berbisnis, karena kelebihan dari kartu ATM jenis ini bisa mengirim uang dengan batasan lebih besar bila dibandingkan dengan kartu ATM Mandiri Silver, yuk langsung saja kita lihat informasinya di bawah ini.

syarat buka rekening Mandiri
  • Batasan untuk kirim kesesama bank Mandiri adalah sebesar Rp50 juta, sedangkan untuk bank lain maksimal Rp 10 juta perharinya.
  • Kelebihan lainnya adalah bisa mengambil uang tunai lewat ATM maksimal Rp10 juta perhari.
  • Kemudian untuk keperluan lainnya kamu bisa membelanjakan uang maksimal Rp10 juta.
  • Setiap bulanya hanya akan dipotong sebesar Rp5.500

3. Kartu ATM Mandiri Platinum

Naik lagi ke kartu ATM tingkat selanjutnya yang dimiliki oleh bank Mandiri yaitu kartu ATM Mandiri Platinum, tentu saja kartu ini memiliki batasan transaksi dengan angka nominal yang lebih besar bila dibandingkan dengan yang sebelumnya namun dengan biaya adminitrasi yang lebih mahal, supaya enggak penasaran berikut ini adalah informasinya.

syarat buka rekening mandiri 2018 - 2019
  • Seperti yang saya bilang bahwa kartu ini memiliki batasan pengiriman uang lebih besar daripada sebelumnya, yaitu sebesar Rp100 juta kesasama bank dan maksimal Rp 25 juta ke lain bank perharinya.
  • Bila kamu ingin berbelanja menggunakan kartu debit maka akan dikenakan batasan Rp100 juta perharinya.
  • Sedangkan bila ingin mencairkan uang tunai dengan menggunakan ATM maka akan dibatasi sebesar Rp10 Juta perhari.
  • Kalau untuk biaya potongan bulananya Rp8.500.

4. Kartu ATM Platinum Plus

Dan yang terakhir ini sangat luar biasa kehebatanya yaitu tanpa dikenakan batasan untuk bisa melakukan trnasfer ke sesama bank alias tidak terbatas. Mau transfer sampek Rp 1 M lebih mah bisa bila menggunakan kartu ATM ini.

cara buka rekening mandiri online
  • Bila tidak dikenakan batasan untuk melakukan transfer uang ke sesama maka tetap akan dikenai limit transaksi bila mengirim uang pada jenis bank yang berbeda yaitu sebesar Rp25 juta
  • Sedangkan untuk penarikan uang tunai pada ATM akan dikenakan batasan Rp10 juta perharinya.
  • Nah kalau biaya adminitrasi perbulanya sama seperti sebelumnya yaitu Rp8.500
Dengan membaca informasi di atas tadi pastikan kamu sudah memilih kartu ATM yang cocok untuk kamu gunakan sebelum melakukan cara buka rekening Mandiri online ya.

Bila saya boleh saran silahkan mengunjungi bank cabang selain hari senin karena biasanya hari tersebut sangat ramai didatangi oleh masyarakat, nah sedangkan bila tidak ingin mengantri lebih lama maka memintalah untuk melakukan cara membuka rekening Mandiri online kepada petugas bank agar lebih cepat proses pendaftaranya dan terhindar dari antrian.

Saya rasa sudah cukup artikel saya tentang syarat dan cara buka rekening semoga proses membuka rekening mandiri kamu lancar dan terimakasih atas waktunya.