10+ Tips & Cara Mengirim Lamaran lewat Email Yang Baik dan Benar di Laptop

Ini adalah tata cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar di laptop beserta contoh penulisan email secara resmi / formal. Mengirim email lewat Gmail sangat diperlukan ketika akan melakukan berbagai keperluan dengan surat elektronik. Entah itu untuk lamaran kerja, mengirim email kepada atasan dikantor, membalas email ke customer perusahaan dan lainnya.

Contoh email resmi bahasa Indonesia ini mempunyai beberapa tata cara syarat dan ketentuan dalam penulisan nya. Apabila Anda tidak terbiasa menulis email dengan formal sebaiknya pahami pada penjelasan berikut ini sebelum lebih jauh mengikuti inti dari tema kali ini.

Cara Mengirim Lamaran lewat Email Yang Baik dan Benar di Laptop

Jika Anda belum mempunyai e-mail, coba bikin email dulu dengan mengikuti panduan cara membuat email baru di Gmail dengan browser. Karena tutorial tersebut ada kaitannya dengan penggunaan akun Gmail dan lebih baik gunakan nama asli untuk mail address-nya.

11 Tips Tata Cara Mengirim Email Surat Resmi (Format dan Ketentuan)

Berikut ini adalah format menulis surat lamaran kerja secara resmi dengan syarat dan ketentuan serta tata cara yang baik dan benar:
  • Pakai akun email dengan nama asli Anda, nama alamat email dengan nama asli bukan nama alay atau lainnya menandakan bahwa Anda adalah orang yang profesional. Atau jika urusan dengan pekerjaan gunakan alamat email dari perusahaan Anda.
  • Tulis judul surat atau Subjek email dengan singkat, padat, dan jelas. Dengan begitu akan memudahkan penerima untuk memahami isi surat secara keseluruhan.
  • Gunakan selalu salam pembuka, karena ini merupakan etika yang baik untuk kirim email resmi. Bisa menggunakan kata sapaan “Dengan Hormat” atau “Yang Terhormat” dan “Dear (sertakan nama penerima email)”.
  • Jangan gunakan istilah yang tidak umum untuk menghindari ketidak pahaman si penerima email resmi.
  • Perkenalkan diri Anda sebelum jauh membahas inti dari email dengan menuliskan nama lengkap, alamat, dan juga jelaskan tujuan secara terperinci sehingga pembaca akan segera menangkap makna apa dan bagaimana.
  • Jangan pelit untuk menuliskan kata ucapan “Terima kasih” karena ini akan menjadikan apresiasi kepada penerima email.
  • Pakai tatanan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Untuk membuat email resmi baik pada pembuka, inti surat, sampai penutup selalu gunakan kaidah bahasa Indonesia yang benar.
  • Jangan menyingkat kata-kata dan sebisa mungkin hindari salah ketik serta tidak bertele-tele. Lakukan pengecekan sebelum benar-benar akan mengirim email surat resmi.
  • Cek ulang penulisan email sebelum kirim
  • Ketahui berapa ukuran attachement atau batasan lampiran email Gmail yaitu 25mb Atau bisa menggunakan penyimpanan cloud oleh Google Drive jika file melebihi
  • Sebaiknya merubah ke format PDF untuk melampirkan file dalam email yang Anda kirim jika ukuran file aslinya terlalu besar misal Word, Excel atau Porwerpoint

Contoh Surat Lamaran Kerja Drafter

Silahkan mengcopy-paste contoh penulisan email sesuai dengan tata cara menulis surat resmi. Lalu edit isinya dengan data diri yang Anda punya lengkap berserta apa saja yang akan menjadi lampiran. 
1Maret 2025
Nurshinta Vernilla Fitri Lutfiana
Jl Permata Jingga No 32 Bandung 
Telp 08124563920
Kepada, 
Adysta Dendi Karta
HRD PT Lancar Jaya Machinery Tbk. 
di Jl Kemayoran No 71 Jakarta Selatan 
Telp 021 5844389
Dengan hormat,
Menindak lanjuti pemberitahuan lowongan kerja dari surat kabar dan media online, dengan ini Saya bermaksud untuk bergabung dengan PT Lancar Jaya Machinery untuk posisi yang dibutuhkan sebagai Drafter di devisi Engineering. 
Dalam surat ini, Saya melampirkan beberapa berkas yaitu : 
1. Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Pekerjaan
2. Scan KTP 
3. Ijazah dan Transkrip Nilai Akademik 
4. Sertifikat dan piagam
5. Contoh gambar kerja
Demikian surat yang Saya sampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. 
Regards, 
Nurshinta Vernilla Fitri Lutfiana

Download contoh surat lamaran kerja di atas linknya

Cara Mengirim Email Surat Lamaran Kerja via Gmail Versi Desktop

Berikut ini adalah panduan untuk mengirim email surat lamaran kerja di laptop menggunakan Gmail versi desktop atau pc komputer. Yuk ikuti beberapa langkah-langkah ini!

1. Langkah pertama untuk mengirim email, buka mail.google.com kemudian login dengan email Anda dan kata sandi

cara mengirim lamran kerja lewat email yang baik dan benar di laptop

2. Setelah berhasil masuk ke dashboard email Gmail maka langkah selanjutnya yaitu klik pada tombol “Tulis” atau “Write”

contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan

3. Tujuan email “Kepada” harus diisi dengan alamat email valid dan aktif. Jika tidak maka secara otomatis email tidak terkirim atau ada peringatan gagal terkirim. Ketikkan subjek email secara singkat dan jelas boleh disertakan nama Anda

contoh surat lamaran kerja via email yang menarik

4. Lalu tuliskan isi body email resmi seperti pada contoh badan email lamaran kerja seperti dibawah ini atau mengikuti ketentuan diatas

cara kirim email surat lamaran kerja yang baik dan benar

5. Jika Anda ingin melampirkan dokumen atau foto, klik ikon klip “Lampirkan File”. Bisa format file PDF, JPG, DWG, XLS, DOC, dlsb.

cara memasukkan lampiran email lamaran kerja ke gmail

Catatan: maksimal lampiran pada Gmail adalah 25MB, usahakan jangan melebihi batas ukuran attachment email.

6. Cek kembali isi badan emailnya jangan sampai ada typo (salah ketik). Setelah semua syarat lampiran lamaran kerja di upload. Tinggal klik tombol “Kirim” deh

Q&A

Mengapa Gagal Mengirim Email?

Ada beberapa kemungkinan penyebab email gagal terkirim atau munculnya “Akun email yang Anda coba hubungi tidak ada”, salah satunya adalah alamat email penerima salah ketik atau alamat email tidak valid.

Kenapa “Pesan ditandai sebagai spam” atau “Pesan sementara ditolak”?

Karena kemungkinan Anda mengirim email dalam jumlah banyak, misalnya menambahkan CC dan BCC terlalu berlebihan sehingga di anggap email spam. Atau adanya link dalam isi pesan email

Muncul “Server penerima tidak menyetujui permintaan kami”?

Karena alamar email si penerima tidak menerima email dengan alasan server menolak. Segera cek alamat email tujuannya apakah salah penulisan sehingga email ditolak server. Lihat selengkapnya pada halaman support Google Mail link

Demikian cara mengirim email lewat Gmail dengan contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar memakai bahasa Indonesia yang saya share di blog tutorial untuk pemula tentang emailing dan pengguna akun Gmail. Semoga bermanfaat…!