Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara mengatasi Android lemot tanpa aplikasi tambahan atau loading lambat saat proses akses adalah solusi yang gampang, dengan menerapkan tips praktis pada artikel ini. Kamu mungkin merasa jengkel disaat yang sangat penting tiba-tiba smartphone android menjadi lemot minta ampun. Nah kalau kamu mengalami masalah ini, bisa kok ikuti cara simpel ini agar Android tidak loading lama seperti siput 🙂

Google menjual produk OS Android ke berbagai vendor smartphone, karena basis dari operating system ini adalah open source (terbuka) maka banyak pula pengembang aplikasi dengan penawaran gratis dan berbayar di Play Store. Sering kita jumpai kalau hp lemot padahal aplikasi sedikit silahkan dicoba cara mempercepat hp Samsung, Oppo, Lenovo, Vivo atau merek Android lainnya.

CMMA BLOG News | Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan

Maka dari itu banyak vendor hp android menawarkan harga Android yang murah dengan spesifikasi minim mengingat penjualan perangkat Android yang laku keras. Tidak perduli nantinya Android lambat atau cepat ketika memang si pemilik tidak paham bagaimana cara agar Android tidak lemot.

Si pembeli dengan kantong yang minim banyak meminati android murah dengan specs yang minim pula. Biasanya dengan spesifikasi hp yang didapat ini mengakibatkan android lemot karena si pemilik menginstal aplikasi yang seharusnya tidak perlu. Maka perlu diperhatikan bagi kamu pemilik hp Android dengan spesifikasi minim RAM dan Prosesor dengan mengikuti tips agar android loading lebih cepat.

Tips Praktis Membuat Android Loading Cepat

Cobalah beberapa cara mengatasi Android yang lemot tanpa aplikasi berikut ini jika handphone yang kamu pakai memang dirasa agak lamban saat membuka aplikasi atau melakukan navigasi di hp ke menu-menu yang lainnya.

1. Jangan instal aplikasi atau game berat sehingga akan memakan banyak memory yang memang fungsinya tidak begitu penting. Agar android tidak lemot, cek secara berkala kapasitas penyimpanan telepon setelah kamu menginstal aplikasi. Setidaknya 20 persen kapasitas bebas dari jumlah total memory. Misalnya total memori eksternal kamu 8 Gb maka 20% nya harus longgar yaitu 6.4 Gb.

2. Gunakan MicroSD atau penyimpanan Cloud Google Drive untuk menyimpan file Foto atau Video yang bermanfaat agar memory internal lebih longgar sebagai cara mempercepat hp Android yang lemot. Kalau memang belum tau cara membuat dan menggunakan akun Google Drive di Android bisa baca pada tautan tersebut.

3. Cara mengatasi Android lemot karena RAM kecil sebaiknya jangan menjalankan banyak aplikasi secara bersama, tutup aplikasi yang tidak perlu disaat smartphone Android lambat. Sebagian orang menjalankan aplikasi secara bersama ini memang diperlukan, tetapi untuk hape kamu yang memiliki RAM kecil 512mb ke bawah alangkah baiknya jangan melakukan hal ini.

4. Hapus cache Android secara berkala pada masing-masing aplikasi. Khususnya aplikasi yang sering dibuka, karena disetiap aplikasi membutuhkan penyimpanan memory sementara atau yang disebut cache.

Pembersihan cache untuk mengatasi android lemot dengan cara pergi ke Setting (pengaturan) > Storage (penyimpanan) > Cached data (data cache) > OK

cara bersihkan cache android
Cara menghapus cache hp Samsung Android

5. Jangan instal aplikasi pembersih cache, karena pada dasarnya Android sudah memiliki sistem pembersih sendiri. Kalau ini tetap dilakukan akan menguras konsumsi ROM (penyimpanan) sehingga dapat memperlambat kinerja Android.

Memang banyak pengembang aplikasi agar android tidak lemot, tapi jangan terlalu tergiur untuk penawaran ini. Karena ini salah satu strategi marketing untuk menarik pengguna yang akan donwload aplikasi di Play Store.

6. Sebaiknya jangan menggunakan Live Wallpaper (wallpaper bergerak) atau Launcher (tema kustom), karena akan membuat hp android menjadi lambat. Aplikasi semacam ini menguras banyak daya baterai dan mengurangi banyak memory baik RAM (memory akses) atau ROM (memory penyimpanan).

Dari 6 cara mengatasi Android lemot tanpa aplikasi tambahan diatas, mana yang sering kamu abaikan? Coba mulai dari saat teman-teman membaca artikel ini lakukan beberapa kebiasaan untuk mempercepat android tanpa aplikasi.

Bagi pengguna Android lainnya bisa menambahkan tips dan trik cara mengatasi android lemot karena ram kecil untuk berbagi pengalaman dengan yang lain pada kolom komentar di blog tutorial cara membuat mengatasi akun ini. Ingatkan ke sobat-sobat kita yang lain dengan share ke akun media sosial kamu, kali aja mereka juga belum tau. Terima kasih..!