CMMA BLOG News | 8 Keuntungan Mengonsumsi Beras Merah Jika Dikonsumsi Sesuai Rekomendasi

8 Keuntungan Mengonsumsi Beras Merah Jika Dikonsumsi Sesuai Rekomendasi

Keuntungan mengonsumsi beras merah telah dikenal luas, terutama di kalangan penggiat diet. Seperti yang telah diketahui bahwa, beras ini dianggap lebih bernutrisi dan lebih sehat daripada beras putih.

Hal ini karena merupakan biji utuh yang hanya mengalami satu proses pengelupasan kulit, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang. Hal ini menjadikan beras merah memiliki lebih banyak nutrisi .

Selain itu juga dianggap lebih sehat dibandingkan beras putih, selain baik untuk menjaga pola makan, beras merah juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh. Untuk itu, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika mengonsumsi beras merah, diantaranya:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Beras merah memiliki manfaat lain yaitu membantu mengatur tingkat gula darah. Hal ini disebabkan oleh indeks glikemik beras merah yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

Dengan demikian, konsumsi beras merah tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Selain pengaturan gula darah, mengonsumsi beras merah secara teratur juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Manfaat terakhir dari beras merah adalah mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker. Antioksidan seperti fenolat dan flavonoid yang terdapat dalam beras merah berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari stres oksidatif, yang dapat memicu berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

3. Mengontrol Berat Badan

Salah satu manfaat utama beras merah adalah membantu mengatur berat badan. Kandungan serat, protein, dan karbohidrat kompleksnya yang lebih tinggi dibanding beras putih menjadikannya mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi beras merah secara teratur dapat membantu dalam mengontrol berat badan, sehingga beras merah bermanfaat untuk pencegahan obesitas.

4. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskuler

Beras merah tidak hanya mengandung serat yang tinggi, tetapi juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti antioksidan, magnesium, dan zat lignan. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selaiin itu juga mengatur tekanan darah, serta mencegah penyumbatan pembuluh darah. Konsumsi beras merah secara teratur dapat membantu mencegah berbagai penyakit kardiovaskular dan menjaga kesehatan jantung.

5. Menurunkan Kolesterol

Keuntungan mengonsumsi beras merah yang selanjutnya yakni dapat menurunkan kadar kolesterol dari seseorang. Beras merah mengandung serat yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengkonsumsinya secara teratur.

6. Mengurangi Resiko Wasir

Mengonsumsi beras merah juga dapat mengurangi kemungkinan terkena wasir. Beras merah kaya serat namun rendah lemak, yang dapat meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi kemungkinan sembelit. Dengan mengonsumsi nasi merah secara teratur, kamu dapat memperbaiki kesehatan pencernaan secara efektif.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengonsumsi beras merah adalah salah satu metode untuk memelihara kesehatan tulang. Hal ini karena beras merah kaya akan kalsium dan magnesium. Kedua mineral ini berperan penting dalam mendukung kekuatan tulang serta mengurangi risiko peradangan sendi, osteoporosis, dan masalah tulang lainnya.

8. Mengurangi Peradangan

Beras merah tidak hanya mengandung antioksidan tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi. Kombinasi kedua sifat ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, seperti radang pada sendi. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menilai seberapa efektif beras merah dalam mengatasi peradangan.

Itulah beberapa keuntungan mengonsumsi beras merah yang bisa didapatkan. Namun jika ingin merasakan manfaat yang disebutkan, maka harus dikonsumsi secara rutin atau sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan.