Keputihan Bertambah Parah, Obati Keputihan dengan Cara Alami untuk Mengatasi Infeksi Jamur dan Bakteri

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Keputihan tidak regular bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri. Ada berbagai bahan alami yang bisa dicoba untuk membantu meredakan gejala keputihan.

Namun sebaiknya, kamu tidak menjadikan pengobatan utama. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Berikut ini adalah beberapa obat natural dari bahan alami untuk mengatasi keputihan:

1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang memiliki potensi untuk mengobati keputihan secara. Ekstrak bawang putih dapat digunakan untuk membantu mengobati keputihan yang disebabkan oleh vaginosis bakteri. Suatu penelitian menyebutkan bahwa bawang putih memiliki efektivitas yang tidak jauh berbeda dengan metronidazole untuk menangani keputihan.

Kemampuan bawang putih untuk mengatasi keputihan ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya sebagai makanan. Hindari menaruh bawang putih langsung di vagina karena bisa membuat kulit di location kewanitaan Anda mengalami iritasi.

Selain itu, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan bawang putih untuk mengatasi masalah keputihan.

2. Yogurt

Mengutip Global Journal of Health Science, mengonsumsi greek yogurt dianggap bisa meredakan gangguan keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur. Yogurt bisa menjadi obat keputihan alami yang efektif karena mengandung bakteri Lactobacillus.

Bakteri Lactobacillus adalah bakteri baik yang hidup di usus, saluran kemih, dan vagina tanpa mengiritasi region tersebut. Yogurt diketahui dapat mengembalikan keseimbangan ragi dan bakteri sehat di vagina. Lactobacillus dapat melepaskan hidrogen peroksida yang membunuh Candida, infeksi jamur penyebab keputihan.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, jumlah bakteri baik di saluran pencernaan akan bertambah, dan jumlah jamur yang menyebabkan infeksi bisa berkurang.

Three. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni dapat membantu menghilangkan jamur yang ada di tubuh, terutama Candida albicans yang merupakan penyebab utama adanya infeksi jamur di vagina.

Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung mengoleskan minyak ini ke area vagina yang mengalami infeksi. Namun pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap minyak kelapa sebelum mengoleskannya.

Four. Minyak oregano

Minyak oregano yang terbuat dari oregano liar berjenis Origanum vulgare dapat membantu mengatasi infeksi jamur yang menyebabkan keluarnya keputihan tak normal karena mengandung timol dan karvakrol yang bersifat antijamur. Kedua kandungannya ini dalam penelitian disebutkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri Candida albicans.

Cara mengatasi keputihan secara alami dengan minyak oregano cukup mudah. Anda bisa mengoleskannya langsung pada tampon yang dipakai. Minyak oregano ini juga dapat digunakan dalam bentuk important oil, bukan dioleskan langsung ke vagina.

5. Minyak tea tree

Minyak tea tree atau tea tree oil juga dipercaya sebagai obat keputihan alami. Klaim ini dibuat berdasarkan potensi yang dimilikinya dalam menyingkirkan bakteri dan jamur di tubuh. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa tea tree oil bisa meningkatkan aktivitas flukonazol, obat antijamur yang umum digunakan.

Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk benar-benar memastikan minyak ini sepenuhnya aman sebagai obat keputihan alami. Selain itu, penggunaan minyak ini juga perlu hati-hati karena bisa mengiritasi kulit vagina yang sangat sensitif.

6. Cuka apel

Keseimbangan pH vagina yang terganggu, bisa memicu munculnya infeksi yang menyebabkan keputihan. Cuka apel disebut dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH vagina.

Cara mengobati keputihan secara alami dengan cuka apel cukup mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan satu gelas air, atau sekitar 240 ml. Gunakan campuran tersebut untuk membasuh vagina 2 kali sehari.

Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter terkait keamanannya akan hal ini.

7. Kunyit

Bukan hanya sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa menjadi salah satu obat herbal untuk mengatasi keputihan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa kurkumin pada kunyit efektif untuk membunuh dan menghambat perkembangan jamur Candida albicans dan bakteri penyebab infeksi vagina.

Cara mengatasi keputihan secara alami dengan kunyit bukan dioleskan langsung pada vagina, melainkan dengan dikonsumsi sebagai minuman atau jamu.

Cara mengatasi keputihan

Cara mengobati keputihan yang tidak ordinary bergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi jamur, dokter mungkin akan meresepkan obat krim atau gel antijamur yang dioleskan ke dalam vagina. Sedangkan jika disebabkan oleh infeksi bakteri, penggunaan antibiotik dapat membantu.

Selain itu, mengonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah keputihan jadi memburuk, seperti:

  • Rutin bersihkan vagina dengan sabun yang lembut dan air hangat. Hindari menggunakan sabun dengan pewangi atau tambahan bahan kimia lainnya
  • Setelah dibersihkan, pastikan vagina selalu dalam keadaan kering. Anda bisa membersihkannya dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk dari dubur dan menyebabkan ISK
  • Jangan memakai celana yang terlalu ketat karena bisa membuat region vagian mudah berkeringat dan lembap
  • Gunakan celana dengan bahan yang lembut dan tidak panas
  • Hindari mandi busa, menggunakan pembersih vagina berbentuk spray, hingga penggunaan kertas rest room yang mengandung pewarna dan parfum

Kapan harus memeriksakan keputihan ke dokter?

Meski secara umum bukan kondisi berbahaya, keputihan bisa menjadi penanda beberapa penyakit serius. Segera periksakan keputihan ke dokter apabila:

  • Anda sedang hamil
  • Keluarnya keputihan disertai gejala lain yang parah, seperti vagina terasa seperti terbakar saat buang air kecil, muncul nyeri hebat, dan ada perdarahan.
  • Keluarnya keputihan disertai demam
  • Vagina terasa sangat gatal

Obat alami yang dicoba tak juga berhasil meredakan gangguan keputihan

Perlu diingat bahwa obat keputihan alami bukanlah cara utama untuk mengatasi keputihan. Apalagi dosisnya sendiri belum jelas harus seberapa banyak supaya keputihan yang kamu alami bisa diatasi. Hindari menempelkan langsung bahan-bahan alami yang disebut dapat mengatasi keputihan langsung ke vagina.

Cobalah berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai langkah yang terbaik.

Anda harus tetap berkonsultasi ke dokter jika mengalami keputihan tidak regular.