CMMA BLOG News | Gaji 13 Pensiunan Kapan Cair?
Gaji 13 Pensiunan Kapan Cair?

Gaji 13 Pensiunan Kapan Cair?

Gaji Pns Ke 13 Kapan Cair
Gaji Pns Ke 13 Kapan Cair from www.tanyagaji.my.id

Pensiunan Harus Tahu

Bagi para pensiunan, berita tentang gaji 13 pasti sangat dinanti-nanti setiap tahunnya. Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, kebutuhan hidup semakin sulit dan membuat pensiunan semakin berharap untuk segera menerima gaji 13 mereka. Tapi, kapan sih gaji 13 pensiunan cair?

Pencairan Gaji 13 PNS

Sebelum membahas tentang gaji 13 pensiunan, mari kita bahas dulu tentang gaji 13 PNS. Gaji 13 PNS biasanya diterima oleh pegawai negeri sipil (PNS) setiap tahunnya pada bulan ke-13. Namun, pada tahun 2023 ini, pencairan gaji 13 PNS akan dilakukan pada bulan Desember.

Hal ini dikarenakan adanya perubahan sistem penggajian PNS yang dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah memutuskan untuk memberikan gaji 13 PNS pada bulan Desember agar tidak menimbulkan beban keuangan yang besar di awal tahun.

Pencairan Gaji 13 Pensiunan

Sementara itu, untuk gaji 13 pensiunan sendiri, pencairan biasanya dilakukan pada bulan Juli atau Agustus. Namun, seperti tahun-tahun sebelumnya, pencairan gaji 13 pensiunan pada tahun 2023 masih belum dipastikan.

Hal ini dikarenakan pencairan gaji 13 pensiunan tergantung dari kebijakan masing-masing instansi pensiunan. Ada beberapa instansi pensiunan yang memberikan gaji 13 pada bulan Juli atau Agustus, namun ada juga yang memberikan pada bulan lain.

Perubahan Kebijakan Pencairan Gaji 13 Pensiunan

Berbeda dengan gaji 13 PNS yang sudah diatur oleh pemerintah, pencairan gaji 13 pensiunan lebih bergantung pada kebijakan instansi pensiunan masing-masing. Namun, pada tahun 2023 ini, ada kabar baik yang bisa membuat pensiunan senang.

Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan baru terkait pencairan gaji 13 pensiunan. Kebijakan ini bertujuan untuk memudahkan pensiunan dalam menerima gaji 13 mereka. Dalam kebijakan baru ini, pencairan gaji 13 pensiunan akan dilakukan secara serentak pada bulan Juli.

Persyaratan Pencairan Gaji 13 Pensiunan

Tapi, agar bisa menerima gaji 13 pensiunan, pensiunan harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Pensiunan harus terdaftar sebagai penerima pensiunan
  • Pensiunan harus sudah memenuhi masa kerja minimal untuk dapat menerima gaji 13
  • Pensiunan harus memiliki nomor rekening bank yang masih aktif

Jika pensiunan sudah memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut, maka mereka bisa segera menerima gaji 13 pensiunan mereka.

Kesimpulan

Bagi para pensiunan, gaji 13 memang sangat dinantikan setiap tahunnya. Meskipun pencairan gaji 13 pensiunan masih belum dipastikan, adanya kebijakan baru dari pemerintah bisa menjadi kabar baik bagi pensiunan. Jadi, tunggu apalagi? Segera periksa persyaratan-persyaratan di atas dan pastikan Anda siap menerima gaji 13 pensiunan pada bulan Juli nanti!