CMMA BLOG News | Gaji 13 2022: Kapan Cairnya?
Gaji 13 2022: Kapan Cairnya?

Gaji 13 2022: Kapan Cairnya?

Gaji Pns Ke 13 Kapan Cair
Gaji Pns Ke 13 Kapan Cair from www.tanyagaji.my.id

Pengantar

Gaji 13 atau sering juga disebut tunjangan hari raya merupakan hak karyawan yang diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Tunjangan ini biasanya dibayarkan pada bulan ke-13 setiap tahunnya dan menjadi salah satu hal yang dinantikan oleh karyawan di Indonesia. Namun, di tahun 2022 lalu, gaji 13 tidak bisa dibayarkan pada waktunya karena pandemi Covid-19 yang masih melanda. Lalu, kapan gaji 13 2022 akan cair?

Alasan Gaji 13 2022 Tidak Cair Pada Waktunya

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 lalu telah berdampak pada banyak sektor, termasuk perekonomian. Banyak perusahaan yang terpaksa melakukan pengurangan karyawan atau bahkan harus tutup karena tidak mampu bertahan. Hal ini tentu berdampak pada penerimaan perusahaan dan kemampuan mereka untuk membayar gaji karyawan.

Untuk itu, pemerintah memutuskan untuk memberikan insentif dan bantuan bagi perusahaan yang terdampak pandemi, termasuk dalam hal pembayaran gaji karyawan. Namun, meskipun sudah ada insentif tersebut, tidak semua perusahaan mampu membayar gaji 13 pada waktunya. Hal ini terjadi karena kondisi keuangan perusahaan yang belum pulih sepenuhnya.

Kapan Gaji 13 2022 Akan Cair?

Meskipun belum ada kepastian mengenai kapan gaji 13 2022 akan cair, namun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan bantuan bagi perusahaan yang belum mampu membayarkan gaji 13 pada waktu yang telah ditentukan. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk keringanan pajak atau subsidi gaji.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pemerintah berencana untuk memberikan bantuan tersebut pada awal tahun 2023. Namun, hal ini masih bersifat tentatif dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari perkembangan situasi perekonomian dan pandemi Covid-19.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Gaji 13 Tidak Cair?

Jika gaji 13 Anda belum cair pada waktu yang telah ditentukan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama, Anda dapat menanyakan langsung kepada pihak HRD atau atasan mengenai alasan gaji 13 belum cair. Kedua, Anda dapat meminta informasi mengenai kebijakan perusahaan terkait pembayaran gaji 13. Terakhir, Anda dapat meminta advokat atau serikat pekerja untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Kesimpulan

Gaji 13 merupakan hak karyawan yang diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Namun, di tahun 2022 lalu, gaji 13 tidak bisa dibayarkan pada waktunya karena pandemi Covid-19 yang masih melanda. Meskipun belum ada kepastian mengenai kapan gaji 13 2022 akan cair, namun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan bantuan bagi perusahaan yang belum mampu membayarkan gaji 13 pada waktu yang telah ditentukan. Jika gaji 13 Anda belum cair pada waktu yang telah ditentukan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.