CMMA BLOG News | 2 Cara Menghapus Virus Di Komputer Windows 7 Tanpa Antivirus

2 Cara Menghapus Virus Di Komputer Windows 7 Tanpa Antivirus

Dalam dunia komputer dan internet, virus dapat disamakan dengan benalu yang menyebar tanpa pandang bulu, bahkan menjangkiti sistem operasi Windows 7. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara menghapus virus di komputer windows 7 yang digunakan demi menjaga keamanan sistemnya. Untuk lebih jelasnya yuk simak pembahasannya berikut di bawah ini.

Cara Menghapus Virus Di Komputer Windows 7 Menggunakan Command Prompt

Apabila belum punya kesempatan mengunduh antivirus atau merasa ragu untuk melakukan instalasi ulang sistem komputer, pilihan terbaiknya adalah menggunakan Command Prompt. Coding yang digunakan cukup sederhana dan proses penghapusan virusnya tidak memakan waktu yang lama.

Sebelum memulai penggunaan Command Prompt, disarankan untuk menentukan terlebih dahulu drive mana yang kemungkinan terinfeksi virus untuk mempercepat prosesnya. Namun, jika tidak yakin, tidak masalah untuk memeriksa satu per satu drive-nya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Untuk memulai, arahkan langkah ke Command Prompt. Cari dan masukkan CMD atau Command Prompt pada kolom pencarian Start Menu, lalu tekan tombol Enter. Setelah programnya muncul, klik kanan di atasnya, kemudian pilih opsi Run as Administrator.
  • Ketik perintah berikut, dir (drive yang terkena): attrib -s -h/s /d. Misalnya, jika virusnya berada di drive D, ketik dir D: attrib -s -h/s /d. Lakukan langkah ini setelah Command Prompt terbuka. Jika belum yakin drive mana yang terinfeksi, periksa satu per satu dengan perintah yang sama, hanya ganti drive-nya.
  • Setelah menekan Enter, Command Prompt akan secara otomatis mengeksplorasi drive dan menampilkan hasilnya. Cari file dengan ekstensi .exe. Pastikan untuk berhati-hati, karena menghapus file yang salah bisa mengakibatkan kehilangan aplikasi yang penting.
  • Untuk menghapus file virus, cukup klik Delete. Jika file virus sulit dihapus, gunakan kombinasi tombol Windows+R untuk membuka Run. Setelah terbuka, masukkan kata kunci file virus yang mencurigakan dan hapus file tersebut setelah ditemukan.
  • Jika virus masih membandel, gunakan Regedit. Setelah membuka menu Run, ketik Regedit, pilih Edit, dan klik Find. Setelah menemukannya, hapus folder dan registry yang terkait dengan virus secara langsung.

Menghapus Virus Di Komputer Windows 7 Dengan Cara Instal Ulang

Apabila virus memiliki kekuatan yang sangat besar, solusinya adalah dengan melakukan pembersihan virus pada sistem komputer yang menjalankan Windows 7 melalui proses reinstallasi perangkat lunak. Diperlukan persiapan untuk memasang ulang sistem operasi Windows 7 yang baru melalui media penyimpanan berupa flashdisk atau DVD, mengingat sistem operasi yang ada akan terhapus selama proses ini. Berikut adalah rincian langkah-langkah untuk melakukan proses reinstallasi sistem operasi windows 7 tersebut:

  • Untuk melakukan proses install ulang, gunakanlah flashdisk yang telah dimuat dengan OS Windows 7 ketika perangkat mati. Setelah memasangnya, nyalakan perangkat komputer dan tekan tombol F2 saat proses booting dimulai untuk mengakses BIOS.
  • Di dalam BIOS, navigasilah ke tab Boot dan konfigurasikan urutan booting. Setelah selesai, keluar dari BIOS dengan memilih opsi Exit dan konfirmasi perubahan dengan memilih Exit Save Change lalu pilih Yes.
  • Setelah komputer merestart, tunggu hingga muncul pilihan bahasa. Pilih bahasa Inggris dan klik Next, lalu klik Install Now. Konfirmasi dengan mencentang kotak I Accept dan klik Next. Pilih opsi Custom/Advanced untuk mengatur partisi harddisk.
  • Hapus seluruh data pada partisi dengan mengklik drive, lalu pilih Delete dan OK. Buatlah partisi baru dengan mengklik New dan OK, lalu pilih partisi baru yang terbentuk sebagai Primary dan klik Next. Biarkan proses instalasi berjalan hingga komputer melakukan restart sendiri.
  • Setelah proses selesai, atur username, password, dan Product Key, lalu aktifkan Windows secara otomatis dengan memilih opsi Automatically activate Windows sebelum mengklik Next. Pilih Use Recommended Settings dan atur tanggal serta waktu.
  • Dengan demikian, proses install ulang telah selesai dan pastikan bahwa semua virus telah dihapus sepenuhnya dari sistem.

Itulah cara menghapus virus di komputer windows 7. Jadi tanpa antivirus pun virus bisa dihapus secara manual dengan menerapkan dua cara diatas.