CMMA BLOG News | Cara Mengaktifkan Two-Factor Authentication Dan Pengertian Lengkapnya

Cara Mengaktifkan Two-Factor Authentication Dan Pengertian Lengkapnya

Two-Factor Authentication (2FA) adalah salah satu langkah keamanan paling efektif yang dapat diterapkan untuk melindungi akun online dari ancaman siber. Dalam era digital saat ini, menjaga keamanan informasi pribadi menjadi semakin penting. 2FA memberikan lapisan perlindungan tambahan. Namun masih banyak yang belum paham mengenai cara mengaktifkan two-factor authentication ini.

Proses pengaktifannya cukup sederhana dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah mudah. Pada uraian ini akan membahas mengenai cara mengaktifkan Two-Factor Authentication untuk berbagai platform, sehingga dapat menjaga akun penting tetap aman dari ancaman yang tidak diinginkan.

Apa Itu Two Factor Authentication ?

Autentikasi Dua Faktor adalah lapisan keamanan ekstra saat kita ingin mengakses sebuah akun, di mana kita akan diminta untuk melalui dua tahapan autentikasi.

Biasanya, untuk login ke akun, kita hanya perlu memasukkan email dan kata sandi.

Namun, jika kita mengaktifkan autentikasi dua faktor, akan ada langkah tambahan, yaitu penerimaan kode verifikasi yang dikirimkan melalui nomor ponsel atau aplikasi seperti Google Authenticator di Android. Kode ini kemudian digunakan untuk menyelesaikan proses login.

Dengan demikian, autentikasi dua faktor dapat dianggap sebagai perlindungan tambahan untuk memperkuat keamanan saat masuk ke sebuah sistem.

Cara Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Setelah mengetahui pengertian dari two factor Authentication ini, kini akan dibahas mengenai cara mengaktifkannya. Dibawah ini terdapat tiga cara yang dapat dilakukan. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Mengaktifkan 2FA di Google

Cara mengaktifkan two-factor authentication untuk 2FA di google caranya sebagai berikut. Mungkin banyak yang belum paham mengenai cara ini. Oleh karena itu langkah langkahnya bisa disimak dibawah ini:

  • Untuk memulai proses ini, buka browser pengguna dan kunjungi laman akun Google di https://myaccount.google.com/.
  • Setelah halaman akun pengguna terbuka, perhatikan menu navigasi di sisi kiri layar, lalu pilih opsi Security untuk masuk ke pengaturan keamanan.
  • Dalam menu keamanan ini, gulir ke bawah hingga pengguna menemukan bagian yang disebut Signing in to Google.
  • Di bagian ini, pengguna akan melihat opsi untuk mengaktifkan 2-Step Verification atau verifikasi dua langkah.
  • Klik opsi tersebut untuk memulai proses pengaturan.
  • Langkah pertama yang perlu pengguna lakukan adalah mengklik tombol Get Started yang muncul di layar.
  • Google akan memberikan beberapa petunjuk yang harus pengguna ikuti dengan cermat. pengguna mungkin diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang akan digunakan untuk menerima kode verifikasi, atau memilih metode verifikasi lainnya seperti aplikasi otentikasi.

2. Mengaktifkan 2FA di Tokocrypto

Jika pengguna adalah pengguna Tokocrypto, mengaktifkan fitur 2FA di akun pengguna sangatlah penting untuk menjaga keamanan informasi dan aset digital pengguna. Untuk memulai,

  • Login terlebih dahulu ke akun Tokocrypto pengguna dengan menggunakan kredensial yang telah pengguna daftarkan.
  • Setelah berhasil masuk ke dashboard akun pengguna, carilah menu Info Dasar yang umumnya dapat diakses melalui bagian pengaturan akun.
  • Ketika pengguna berada di menu ini, cari opsi yang bertuliskan Keamanan akun dan klik untuk membuka pengaturan keamanan lebih lanjut.
  • Dalam pengaturan keamanan ini, pengguna akan melihat beberapa opsi, termasuk 2FA Otentikasi Google.
  • Klik pada opsi ini untuk memulai proses aktivasi. Pada tahap ini, sistem akan menampilkan kode QR di layar pengguna, yang harus pengguna pindai menggunakan aplikasi Google Authenticator.
  • Pastikan pengguna telah mengunduh dan menginstal aplikasi ini di ponsel pengguna sebelumnya. Setelah kode QR berhasil dipindai, aplikasi Google Authenticator akan menghasilkan kode verifikasi yang unik.
  • Selain itu, pengguna juga akan menerima kode verifikasi tambahan melalui email terdaftar dan SMS yang terkait dengan akun pengguna.
  • Masukkan semua kode verifikasi ini ke dalam kolom yang tersedia di halaman Tokocrypto untuk menyelesaikan proses aktivasi 2FA.
  • Dengan mengaktifkan 2FA, akun Tokocrypto pengguna akan jauh lebih aman dari potensi ancaman.

3. Mengaktifkan 2FA di Jetorbit

Menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun Jetorbit pengguna dapat dilakukan dengan mengaktifkan fitur 2FA melalui aplikasi Google Authenticator. Sebagai langkah awal, pastikan pengguna telah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Authenticator di perangkat ponsel pengguna. Setelah aplikasi terpasang, langkah selanjutnya adalah login ke akun Jetorbit pengguna dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah terdaftar.

Setelah pengguna berhasil masuk, navigasikan ke bagian pengaturan akun, lalu cari dan pilih menu Security. Di dalam menu ini, pengguna akan menemukan berbagai opsi yang berkaitan dengan keamanan akun, termasuk opsi untuk mengaktifkan 2FA. Klik opsi Enabled di sebelah 2FA untuk memulai proses. Setelah pengguna mengaktifkan opsi ini, layar akan menampilkan kode QR yang unik. Buka aplikasi Google Authenticator di ponsel pengguna, lalu gunakan fitur pemindaian untuk memindai kode QR yang muncul di layar. Setelah kode berhasil dipindai, aplikasi Google Authenticator akan mulai menghasilkan kode verifikasi secara berkala. Masukkan salah satu kode ini ke dalam kolom yang tersedia di Jetorbit untuk menyelesaikan proses aktivasi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengaktifkan two-factor authentication. Pada penjelasan di atas tadi terdapat pengertian dari two factor Authentication itu sendiri serta terdapat tiga cara mudahnya. Pengguna bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhan masing masing.