Daftar Akun Penjual & Cara Membuka Toko di Shopee lewat Hp

Mau tau cara daftar akun Shopee sebagai penjual untuk Go-Online dari toko Offline lewat hp? Keputusan yang tepat bila anda ingin membuka toko di Shopee karena saat ini Shopee telah menjadi ladang bisnis yang menggiurkan dalam dunia pasar online masyarakat Indonesia.

Shopee memang bukan yang pertama hadir didalam Indonesia pasalnya Shopee berhasil diluncurkan pada bulan Desember 2015 kemarin namun telah dibuktikan oleh Snapcart (Struk belanja digital) yang melakukan survey dengan melibatkan 6.123 responden untuk mengetahui eCommerce yang paling terbaik di tanah air.
cara buka toko di shopee

Dan hasilnya 37% suara yang didapatkan oleh Shopee yang telah diikuti oleh Tokopedia 25% dan Lazada dengan suara 20%. Selain itu Snapcart telah melakukan survey dari produk apa saja yang laku di toko online, ini bisa menjadi inspirasi jualan! Ternyata yang laris manis adalah produk pakaian dengan hasil survey 48%, kemudian disusul dengan aksesoris hasil 33%, tas 28%, sepatu 28% dan selebihnya bisa dilihat di infografik berikut.

cara membuka toko di shopee
Hasil Survey Produk Olshop Snapcart
Maka dari itu bisa dikata bahwa peluang untuk memajukan usaha dengan berjualan barang secara online melalui Shopee akan berakhir dengan keberhasilan. Tentu saja perjuangan anda harus diiringi dengan do’a ya agar nantinya toko online bisa terus berkembang sesuai dengan yang diharapkan☺

Cara Daftar Akun Shopee Sebagai Penjual & Pembeli

Pertanyaannya sebelum membuka toko di Shopee adalah, apakah anda sudah melakukan daftar akun di aplikasi Shopee? Nah bagi kalian yang masih belum mempunyai akun Shopee maka diwajibkan untuk melakukan pendaftaran seperti di bawah ini terlebih dahulu.
Yang pertama harus anda lakukan adalah kunjungi PlayStore lalu download aplikasi Shopee atau bisa langsung mengunjungi Shopee melalui situs resminya dengan cara memasukan link https://shopee.co.id/ pada kolom pencarian Google.

Menu pada gambar dibawah ini saya ambil dari YouTube dimana proses pendaftaranya melalui aplikasi mungkin jika anda registrasi lewat browser tampilanya tidak akan berbeda jauh dengan melalui aplikasi jadi jangan kuatir.

1. Pada halaman awal pilih icon Saya yang berada pada pojok bawah kanan layar, karena kita belum memiliki akun maka klik Register untuk mendaftar.

cara daftar shopee sebagai penjual

2. Akan ada tiga pilihan metode pendaftaran yaitu melalui nomor telepon, email dan juga Facebook. Pada dasarnya tetap sama saja jika melalui email maka akan muncul kode yang harus dimasukan pada kolom seperti gambar di bawah ini dan nantinya Shopee akan mengirim pesan lewat email jika pendaftaran sudah berhasil.

Begitupun dengan menggunakan nomor telepon, nanti akan ada pesan SMS yang berisikan kode dimana harus dipindahkan pada kolom permintaan untuk memastikan kepemilikan nomor telepon.

cara buka toko di shopee

3. Lanjutkan dengan membuat nama pada akun Shopee sedangkan untuk kata sandi minimal harus 8 karakter dan diwajibkan untuk menyertakan nomor dalam pembuatan kata sandi, ulangi kata sandi yang baru dibuat kemudian isi juga foto profil akun. Cek semua kembali bila sudah yakin tekan Register

cara membuka toko di shopee

4. Akun yang sudah jadi nanti akan sama seperti gambar screenshot di bawah ini.

cara daftar akun penjual di aplikasi shopee

Bila terjadi kegagalan periksa kekuatan jaringan internet anda ya karena rata-rata online shope membutuhkan jaringan yang stabil.

Cara Membuka Toko di Shopee untuk Pemula

Baiklah kita sudah memiliki akun Shopee yang bisa dijadikan toko online, sekarang saatnya memasarkan barang yang akan dijual secara online deh.

1. Kembali pada menu utama, setelah melakukan cara registrasi di atas tadi akan ada menu Jual (Tempat pengguna Shopee menjual barang) dan Beli (Tempat pengguna Shopee akan membeli barang). Karena anda ingin memasarkan barang dagangan jadi klik Jual.

cara buka toko di shopee lewat hp

2. Setelah itu tekan Produk Baru begitupun seterusnya bila nanti anda ingin menambah produk yang berbeda ketika akan menjual pada akun toko yang sama. Kemudian anda harus mengunggah foto produk yang akan dijual bisa ambil gambar langsung dari kamera, album foto dan juga dari Instagra.

cara buka toko di shopee via android

3. Setelah foto berhasil ter up load tampilanya layar hp anda nanti akan sama persis seperti gambar screenshot, akan ada banyak sekali kolom imformasi produk yang harus di isi apalagi bila pertama kali melakukan cara membuka toko di Shopee maka akan dikenakan pertanyaan lokasi toko, perkiraan ongkos kirim, nomor telepon dan alamat email yang bisa di hubungi.

cara berjualan di shopee untuk pemula

Untuk memperjelas setiap permintaan pada kolom di halaman ini saya akan menguraikan satu persatu maksud dari syarat yang diminta oleh Shopee.

  • Foto produk yang akan dijual
Anda bisa menambahkan foto barang yang akan dijual sampai 9 gambar, ukuran masing-masing gambar maksimal 2.0 MB dengan format JPG, JPEG, PNG serta dimensi yang disarankan 1024 x 1024  px.
  • Nama produk
Sedangkan untuk nama produk maksimal 100 karakter, saya rasa dengan penyediaan maksimal 100 karakter sudah lebih dari cukup.
  • Deskripsi produk
Saran dari saya isikan deskripsi yang mengandung kata magnet seperti komposisi (jenis bahan) yang berkualitas, kenyamanan dan kekuatan barang serta kata-kata yang meyakinkan lainya. Jangan lupa untuk membuat membuat hastag di bawah diskripsi produk anda juga ya.
  • Kategori barang
Bila kategori yang anda maksud tidak ada pada pilihan yang telah disediakan oleh Shopee maka anda bisa menulis sendiri jenis katagori secara manual
  • Harga barang
  • Stok yang tersisa
  • Variasi barang
Yang dimaksud variasi adalah warna, ukuran dan lainnya yang berbeda namun tetap dengan jenis barang yang sama.
  • Berat produk
  • Kodisi barang
Barang masih baru atau barang sudah pernah digunakan (Bekas) keteterangan cacat pada bagian barang serta informasi minus barang lainya (Sebarapa lama digunakan)

  • Grosir (Tidak wajib di isi)
  • Ongkos kirim
Pilih media pengiriman lengkap dengan harga pengiriman di dalam maupun luar daerah tempat toko anda jualan.
  • Share didalam media sosial (Tidak wajib di isi)
Bila perlu promosikan barang dagangan tersebut kedalam Twitter maupun Facebook dengan menekan fitur yang berada paling bawah ini.
Periksa semua isi kolom yang telah anda isi bila sudah yakin tekan Simpan.

Ow iya ada sedikit keterangan dari saya. Karena pada contoh register (Membuat toko di Shopee) tadi mendaftar dengan menggunakan alamat email maka dalam akhir langkah akan ditanya nomor telepon yang bisa dihubungi, nah jika anda pada langkah register mendaftar menggunakan nomor telepon mungkin akan diminta untuk menyerahkan alamat email.

daftar akun shopee lewat hp

Dengan secara otomatis anda akan diarahkan kedalam halaman awal aplikasi Shopee, untuk mengetahui apakah langkah menjual produk secara online tadi berhasil atau tidaknya klik saja menu Saya lalu geser layar hp anda ke atas. Berikut adalah gambaran produk yang berhasil posting secara online dengan Shopee.

cara membuat akun penjual di shopee

Apakah anda mendapatkan masalah saat mengikuti cara buka toko di Shopee setelah membaca tutorial ini? Saya harap berjalan dengan lancar ya karena petunjuk sudah dilengkapi dengan gambar sehingga dapat mempermudah untuk pemula yang ingin berjualan di Shopee.

Tutorial Video Cara Buka Toko Online di Shopee

Tips Untuk Pemula Agar Toko Online Cepat Sukses dikenal

Sedikit tambahan dari saya yaitu tips agar toko online cepat sukses dikenal oleh masyarakat luas dengan waktu yang cukup singkat yang dimulai dari nol. Baiklah tidak usah membuang banyak waktu berikut adalah saran dari saya.
  1. Yang pertama adalah memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan medsos yang saat ini lagi hits. Shopee telah menyediakan fitur dimana penjual dapat membagikan langsung kedalam media sosial, sedangkan untuk mempermudah para pembeli menemukan produk anda berikan hastag di deskripsi.
  2. Upload kualitas foto yang sangat bagus dan artistik disetiap daftar produk yang akan dijual agar pembeli tertarik untuk memesan barang.
  3. Ada layanan dari Shopee dimana produk penjual bisa langsung berada dihalaman paling atas yaitu dengan menekan naikan produk, anda bisa memanfaatkan fitur tersebut pada jam-jam tertentu misalnya saat jam istirahat kerja, hari libur dan waktu-waktu dimana orang lagi sibuk buka Shopee.
  4. Memiliki nama toko yang unik dan mudah diingat juga termasuk trik jitu untuk dapat menarik pelanggan berkunjung ke toko online anda lho, jadi pintar-pintar lah memberi nama toko online anda ya asalkan nama toko juga harus relevan (nyambung) dengan barang-barang yang anda jual ya.
  5. Untuk membangun sebuah toko online di aplikasi e-commerce apapun. Sebaiknya konsisten melakukan postingan produk dengan judul dan membuat deskripsi yang tidak menjebak calon pembeli. Tulis dengan kondisi sedetail mungkin dan apa adanya, itu lebih baik. Percaya deh kejujuran tidak akan menghancurkanmu. Jadilah Seller yang jujur!
Saya rasa sudah cukup pembahasan kita tentang cara membuat toko di Shopee lewat hp, saya juga sudah berusaha membantu pembaca agar bisa melakukan register atau daftar akun, upload foto barang yang akan di jual lengkap dengan trik jitu agar toko online anda cepat dikenal oleh masyarakat luas. Sekian dari saya dan semoga beruntung.