CMMA BLOG News | Cara Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak Untuk Mengasah Keterampilan

Cara Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak Untuk Mengasah Keterampilan

Perkembangan motorik anak adalah aspek penting dalam tumbuh kembang yang mempengaruhi kemampuan fisik dan keterampilan sehari-hari. Motorik terbagi menjadi dua jenis motorik kasar dan motorik halus. Bagi orang tua baru tentu masih banyak yang belum paham mengenai cara meningkatkan perkembangan motorik anak ini.

Meningkatkan perkembangan motorik anak tidak hanya mendukung kesehatan fisik, tetapi juga membantu dalam perkembangan kognitif dan emosional. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan motorik.

Oleh karena itu para uraian ini akan dibahas mengenai cara meningkatkan perkembangan motorik anak. Bagi yang penasaran maka langsung saja simak selengkapnya dibawah ini:

1. Bermain Lilin atau Tanah Liat

Mainan yang berbahan adonan, seperti lilin atau tanah liat, terbukti efektif dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka.orang tua dapat mengajak anak untuk meremas, meregangkan, mencubit, dan menggulung adonan menjadi berbagai bentuk sesuai imajinasi mereka, baik itu bentuk panjang maupun bulat.

Selain itu, orang tua bisa memberikan kesempatan pada anak untuk memotong adonan menggunakan gunting atau alat lainnya. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tangan mereka.

Namun, penting untuk selalu mengawasi anak saat menggunakan alat seperti gunting. Pastikan juga bahwa usia anak sudah sesuai dengan rekomendasi untuk bermain adonan ini, demi menghindari resiko tertelan.

2. Melukis

Berbagai jenis lukisan yang diciptakan dapat meningkatkan kemampuan koordinasi antara mata dan tangan, serta ketangkasan si kecil. Untuk membuat karya seni ini, anak dapat menggunakan berbagai alat lukis atau bahkan langsung dengan tangannya (finger painting).

Melukis menggunakan tangan membantu anak untuk lebih akrab dengan alatnya dan memberikan mereka kesempatan untuk tidak takut kotor. Di sisi lain, melukis dengan kuas mengajarkan anak cara menggenggam objek dan mengendalikan alat lukis tertentu.

3. Bermain Dengan Spons

Spons atau busa bukan hanya sekedar alat pembersih, tetapi juga dapat dijadikan mainan yang sangat bermanfaat untuk membantu melatih keterampilan motorik halus anak. Aktivitas ini cukup sederhana, tetapi memberikan banyak manfaat bagi perkembangan si kecil.

Untuk memulai, orang tua hanya perlu menyiapkan beberapa bahan sederhana. Ambil spons yang baru dan bersih, segelas air, serta dua mangkuk. Isi salah satu mangkuk dengan air hingga setengah penuh, dan biarkan mangkuk yang satu lagi kosong. Dengan begitu, anak dapat melihat perbedaan antara kedua mangkuk tersebut.

Setelah semua bahan siap, ajak anak untuk terlibat dalam permainan ini dengan penuh semangat. Minta mereka untuk memindahkan air dari mangkuk yang berisi air ke mangkuk kosong menggunakan spons.

Proses ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga mendidik. Tunjukkan kepada anak cara untuk menyerap air dengan spons terlebih dahulu, kemudian ajarkan mereka untuk memeras air ke dalam mangkuk yang kosong.

5. Bermain Air

Kegiatan bermain dengan air juga bisa menjadi pilihan yang sangat menarik dan menyenangkan untuk anak. Menggunakan setengah gelas air, orang tua dapat menciptakan pengalaman belajar yang seru sekaligus mengasyikkan.

Mirip dengan cara bermain menggunakan spons, orang tua dapat memanfaatkan satu gelas berisi setengah air dan satu gelas kosong. Untuk menambah keseruan, siapkan juga pipet yang akan digunakan oleh anak untuk memindahkan air dari satu gelas ke gelas lainnya. Hal ini akan menambah elemen tantangan dan kesenangan dalam permainan.

Minta anak untuk memindahkan air ke gelas kosong menggunakan pipet. Proses ini sangat menarik dan menyenangkan bagi mereka. Untuk menjadikan permainan ini lebih menarik, orang tua juga bisa menambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air. Dengan begitu, air akan terlihat lebih cerah dan menarik perhatian anak, sehingga mereka akan semakin antusias.

6. Berkebun

Kegiatan berkebun adalah salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk perkembangan anak. Melalui berkebun, anak tidak hanya belajar tentang alam dan tanaman, tetapi juga dapat melatih keterampilan motorik mereka, baik motorik kasar maupun halus.

Saat berkebun, anak akan terlibat dalam berbagai aktivitas menarik, seperti menggali tanah, menanam bibit, dan merawat tanaman. Misalnya, saat mereka memasukkan bibit tanaman ke dalam tanah, mereka harus menggunakan koordinasi yang baik antara mata dan tangan. Ini merupakan latihan yang sangat baik untuk membantu mereka memahami hubungan antara gerakan fisik dan hasil yang diinginkan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara meningkatkan perkembangan motorik anak. Pada penjelasan di atas tadi terdapat enam cara yang dapat meningkatkan perkembangan motorik anak.

Dengan begitu para orang tua tidak boleh berhenti untuk bermain dengan buah hati. Karena setiap permainan tentu anak akan mendapatkan hal hal yang membuat dia mudah untuk berkembang.