CMMA BLOG News | 8 Manfaat Tauge Bagi Wanita yang Ternyata Membawa Pengaruh Besar

8 Manfaat Tauge Bagi Wanita yang Ternyata Membawa Pengaruh Besar

Sebagai salah satu jenis sayuran yang cukup populer digunakan, ternyata tauge memiliki berbagai manfaat khususnya untuk wanita. Lantas sebenarnya apa saja manfaat tauge bagi wanita?

Seperti yang telah diketahui bahwa tauge atau toge merupakan tunas muda dari kacang hijau yang telah berkecambah. Biasanya digunakan dalam masakan Asia untuk meningkatkan rasa makanan.

Selain itu, tauge juga dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria.Namun, tidak disangka bahwa manfaat toge tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan atau menjaga kesuburan pria.

Selain itu, mengkonsumsi tauge secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat signifikan lainnya bagi kesehatan tubuh wanita. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh wanita ketika mengkonsumsi tauge:

1. Mencegah Kanker Payudara

Vitamin E yang terkandung dalam tauge berperan sebagai antioksidan yang efektif melawan radikal bebas. Dengan demikian, mengkonsumsi tauge secara teratur dapat membantu mencegah penyebab kanker payudara. Disarankan untuk meningkatkan frekuensi konsumsi tauge guna memperoleh manfaat kesehatan yang optimal.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tauge adalah makanan yang kaya akan vitamin C, zat besi, dan seng. Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya, banyak ahli percaya bahwa tauge mudah dicerna oleh tubuh.

Karena alasan ini, tauge sering dipilih sebagai pilihan makanan saat seseorang mengalami masalah pencernaan. Selain itu, enzim yang terdapat dalam tauge juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

3. Mencegah Gangguan Menstruasi

Manfaat tauge bagi wanita yang selanjutnya yakni dapat mencegah gangguan menstruasi. Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat meningkatkan kelancaran menstruasi karena kandungan antioksidannya. Zat ini dapat memperlancar peredaran darah sehingga menstruasi menjadi lebih teratur dan lancar.

4. Untuk Perawatan Rambut dan Kuku

Vitamin E dalam tauge, selain bermanfaat untuk kulit, juga memiliki efek positif bagi kuku dan rambut. Mengonsumsi taoge secara teratur dapat memperkuat kuku dan mencegah kerapuhannya, serta mengurangi risiko kerontokan rambut.

5. Menjaga Kulit

Tauge mengandung banyak vitamin E, yang merupakan kabar baik terutama bagi kesehatan kulit wanita. Mengkonsumsi tauge secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit secara alami, membuatnya lebih halus, kenyal, dan lembab.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Para ahli meyakini bahwa mengkonsumsi tauge secara teratur dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung. Tauge kaya akan lemak omega-3, yang dikenal baik untuk melawan lemak jahat dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, tauge juga diketahui dapat membantu dalam pencegahan stroke. Kandungan kalium dalam tauge dapat memberikan efek menenangkan pada arteri, yang pada gilirannya meningkatkan sirkulasi darah dan distribusi oksigen dalam tubuh.

7. Mencegah Gangguan Menstruasi

Antioksidan yang terdapat dalam tauge dapat membantu mencegah gangguan pada masa menopause. Kemampuannya untuk meningkatkan aliran darah juga dapat melindungi dari berbagai penyakit, termasuk mencegah gangguan pada wanita selama masa pra-menopause.

8. Mengurangi Stres dan Cemas

Sayuran kecambah adalah kaya akan magnesium, seng, dan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga keseimbangan suasana hati, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, kandungan bioflavonoidnya memiliki efek meredakan stres. Mengonsumsi sayuran ini juga dapat mengurangi kecemasan yang sering terkait dengan masalah psikologis.

Itulah uraian terkait dengan manfaat tauge bagi wanita yang bisa dirasakan. Selain itu, sebenarnya manfaat tauge ini bisa dirasakan oleh pria maupun wanita. Sehingga tak heran jika ternyata banyak yang mengkonsumsi tauge ini untuk mendapatkan berbagai manfaat di dalamnya.