CMMA BLOG News | Gaji Polisi Dari Tamtama Sampai Perwira Di Tahun 2023
Gaji Polisi Dari Tamtama Sampai Perwira Di Tahun 2023

Gaji Polisi Dari Tamtama Sampai Perwira Di Tahun 2023

Gaji Polisi Terbaru Sesuai Golongan dari Pangkat Tamtama hingga Perwira
Gaji Polisi Terbaru Sesuai Golongan dari Pangkat Tamtama hingga Perwira from depokrayanews.com

Pendahuluan

Profesi sebagai polisi merupakan salah satu pilihan karir yang menjanjikan. Selain bisa berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, gaji yang diterima oleh para polisi juga cukup menggiurkan. Namun, tahukah Anda berapa besaran gaji polisi dari tamtama sampai perwira di tahun 2023? Berikut ulasannya.

Gaji Polisi Tamtama

Sebagai pangkat terendah di kepolisian, tamtama memang masih berada di golongan rendah dalam hal gaji. Namun, pada tahun 2023 gaji tamtama akan mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Gaji pokok tamtama pada tahun 2023 akan mencapai sekitar Rp 3.500.000,- per bulan. Selain itu, tamtama juga akan menerima tunjangan keluarga sebesar Rp 1.500.000,- per bulan.

Gaji Polisi Bintara

Setelah tamtama, pangkat selanjutnya adalah bintara. Pada tahun 2023, gaji pokok bintara akan mencapai sekitar Rp 4.500.000,- per bulan. Selain itu, bintara juga akan menerima tunjangan keluarga sebesar Rp 2.000.000,- per bulan. Jika sudah memasuki masa pensiun, bintara juga akan mendapatkan uang pensiun sekitar 70% dari gaji terakhir yang diterima.

Gaji Polisi Perwira Menengah

Selanjutnya adalah perwira menengah, yang terdiri dari pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) hingga Komisaris Besar Polisi (Kombes). Pada tahun 2023, gaji pokok AKP akan mencapai sekitar Rp 8.000.000,- per bulan. Sedangkan gaji pokok Kombes akan mencapai sekitar Rp 15.000.000,- per bulan. Selain itu, perwira menengah juga akan menerima tunjangan keluarga yang lebih tinggi dibandingkan tamtama dan bintara.

Gaji Polisi Perwira Tinggi

Perwira tinggi adalah pangkat tertinggi di kepolisian. Pada tahun 2023, gaji pokok perwira tinggi akan mencapai sekitar Rp 25.000.000,- per bulan. Selain itu, perwira tinggi juga akan menerima tunjangan keluarga yang lebih tinggi lagi. Namun, karena pangkat ini memang sudah sangat tinggi, persyaratan untuk mencapai pangkat ini juga sangat ketat.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gaji polisi dari tamtama sampai perwira memang cukup menggiurkan. Namun, sebagai seorang polisi tidak hanya tentang gaji yang didapatkan, tetapi juga tentang tanggung jawab yang harus dipikul dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, profesi sebagai polisi memang membutuhkan dedikasi dan pengorbanan yang besar.