CMMA BLOG News | 8 Dampak Makan Daging Kambing Berlebihan Bagi Kesehatan

8 Dampak Makan Daging Kambing Berlebihan Bagi Kesehatan

Daging kambing adalah salah satu jenis daging merah yang kaya akan protein hewani, yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Namun, dampak makan daging kambing berlebihan ini juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Daging kambing merupakan salah satu jenis sumber protein hewani yang dapat ditemui dengan mudah. Selain kaya akan protein, daging kambing juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti zat besi, seng, dan nutrisi lainnya.

Lantas sebenarnya apa saja dampak dari makan daging kambing yang berlebihan ini? Untuk itu, berikut beberapa daftar dampak dari makan daging kambing berlebihan:

1. Tekanan Darah Meningkat

Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam daging kambing dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Dimana hal inilah yang merupakan faktor penyebab penyakit jantung, stroke, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Resiko Terkena Kanker

Mengonsumsi terlalu banyak daging kambing yang diproses pada suhu tinggi, seperti digoreng atau dibakar, dapat meningkatkan risiko kanker. Proses ini dapat menghasilkan senyawa berpotensi karsinogenik seperti hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan amina heterosiklik (HCA), yang telah terbukti dapat memicu mutasi genetik dan meningkatkan risiko kanker usus besar.

3. Sembelit

Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif terutama terhadap sistem pencernaan. Salah satunya adalah menyebabkan gangguan seperti sembelit karena daging kambing rendah serat yang dapat menghasilkan feses keras dan sulit dikeluarkan.

Selain itu, tingginya kandungan protein dalam daging kambing juga dapat mempengaruhi pencernaan. Terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan karena sulit dicerna oleh tubuh.

4. Kolesterol Meningkat

Kebiasaan mengonsumsi daging kambing secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol karena mengandung tinggi lemak jenuh. Hal ini berpotensi meningkatkan LDL dalam darah.

Dimana hal inilah yang dapat menyebabkan penumpukan plak lemak pada arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner serta stroke. Oleh karena itu, perlu dihindari konsumsi berlebihan daging kambing untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

5. Resiko Terkena Obesitas

Mengonsumsi daging kambing dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas. Meskipun dikenal sebagai sumber protein hewani yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama, daging kambing juga mengandung kalori tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan tanpa diimbangi dengan olahraga rutin.

6. Bau Mulut

Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Daging kambing mengandung tinggi lemak dan protein, namun rendah karbohidrat. Jika dikonsumsi melebihi jumlah yang disarankan, tubuh akan mengolah lemak untuk energi, menghasilkan keton berlebih yang dapat menyebabkan napas tidak sedap.

7. Masalah Ginjal

Berlebihan mengonsumsi daging kambing dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, karena daging ini tinggi lemak dan protein, namun rendah karbohidrat. Ketika tubuh memecah lemak untuk energi karena kelebihan konsumsi daging, proses ini dapat menghasilkan keton berlebih yang mempengaruhi bau napas.

8. Menyebabkan Mudah Kantuk

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan dapat berdampak negatif pada kualitas tidur seseorang. Kandungan asam amino dan zat besi dalam daging kambing dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter yang mempengaruhi pola tidur.

Sebagai akibatnya, mengkonsumsi terlalu banyak daging kambing sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan kelelahan pada hari berikutnya.

Itulah uraian terkait dengan beberapa dampak makan daging kambing berlebihan. Tentunya seperti yang telah diketahui bahwa, apapun yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan tubuh.