CMMA BLOG News | Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Secara Alami Agar Lebih Nyeyak

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Secara Alami Agar Lebih Nyeyak

Untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur,  dapat menggunakan berbagai metode, mulai dari yang sederhana seperti menghirup uap hangat hingga menggunakan obat-obatan. Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur secara alami ini tidak hanya membantu meredakan hidung tersumbat tetapi juga mencegah kondisi tersebut semakin memburuk.

Hidung tersumbat biasanya disebabkan oleh pembengkakan jaringan dan pembuluh darah di area sekitar hidung, yang seringkali disertai dengan penumpukan lendir atau ingus. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari flu, alergi, sinusitis, hingga COVID-19.

Meskipun hidung tersumbat umumnya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, ketidaknyamanan yang ditimbulkan dapat mengganggu kualitas tidur. Oleh karena itu, penanganan yang tepat diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Penuhi Kebutuhan Air Putih Tubuh

Sebelum tidur, penting untuk meminum air putih dalam jumlah yang cukup untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Air putih dapat membantu mengencerkan lendir di hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Di samping itu, memenuhi kebutuhan cairan sebelum tidur juga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas tidur .

2. Tambahkan Bantal

Hidung yang tersumbat saat tidur dapat menyulitkan  bernapas. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi.

Langkah ini bertujuan untuk mencegah penumpukan lendir, sehingga pernapasan menjadi lebih lancar.  bisa menggunakan tambahan bantal, sekitar 1 atau 2 bantal, untuk menyokong kepala dan bahu saat tidur.

3. Tidur dengan Posisi Miring

Salah satu saran untuk posisi tidur saat mengalami pilek adalah tidur miring ke kiri atau kanan. Posisi tidur miring umumnya disarankan ketika hidung tersumbat pada salah satu sisi. Dengan posisi ini, lendir dalam rongga hidung dapat mengalir lebih lancar berkat efek gravitasi.

4. Bilas Hidung dengan Air Garam

Mencuci hidung adalah metode yang umum digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Teknik ini terbukti efektif untuk menghilangkan lendir yang menyumbat saluran hidung, sehingga pernapasan menjadi lebih lancar.

Untuk melakukannya,  bisa menggunakan larutan pencuci hidung yang tersedia di apotek atau membuatnya sendiri di rumah. Larutan air garam dapat dibuat dengan melarutkan 1 sendok teh garam dan sedikit soda kue dalam secangkir air hangat.

Kemudian, tuangkan larutan garam ke dalam botol khusus, seperti neti pot, yang dapat dibeli di apotek. Miringkan kepala dan arahkan corong botol ke salah satu lubang hidung, lalu semprotkan larutan garam sehingga cairan keluar dari lubang hidung yang lainnya.

5. Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap air hangat adalah metode sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur dan memperlancar pernapasan.

Caranya pun cukup mudah: siapkan baskom atau mangkok besar yang diisi dengan air hangat. Kemudian, letakkan handuk di atas kepala dan dekatkan wajah ke permukaan air dalam baskom untuk menghirup uapnya.

Namun, perlu diingat untuk berhati-hati dengan suhu uap tersebut. Pastikan air tidak terlalu panas agar tidak menimbulkan risiko luka pada kulit wajah.

6. Mandi dengan Air Hangat

Ketika hidung terasa tersumbat, mandi dengan air hangat bisa menjadi solusi efektif untuk meredakan masalah tersebut. Uap dari air hangat berfungsi untuk mengencerkan lendir yang menumpuk di hidung dan mempermudah pernapasan, meskipun efeknya mungkin hanya bersifat sementara.

Untuk memanfaatkan metode ini, disarankan untuk mandi air hangat sekitar 2 jam sebelum waktu tidur. Selain membantu mengatasi hidung tersumbat, mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membuat  merasa lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya bisa lakukan salah satu cara yang telah disebutkan.