Anak Perempuan Harus Diajarkan Pentingnya Edukasi Seks untuk Perempuan

Edukasi seks jadi bahasan yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Terlebih karena meningkatnya angka kekerasan seksual.

Berdasarkan Data dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dari 22.578 kasus kekerasan yang terjadi pada 2022, sebanyak 20.539 di antaranya dialami oleh perempuan dan anak perempuan.

Lebih lanjut berdasarkan information tersebut, fifty eight% korban perempuan ditemukan dari kekerasan Rumah Tangga, eleven,5% dari fasilitas umum, dan 1,4% dari tempat kerja.
Selain itu, Korban Kekerasan terhadap Anak (KtA) tercatat hingga 2.436 orang. Sebanyak fifty three,eight% dari korban KtA adalah korban kekerasan seksual.

Dengan tingginya angka ini, masyarakat tampaknya mulai menyadari pentingnya memberikan edukasi seks sedini mungkin.
Ternyata, selain agar terhindar dari kekerasan seksual, masih ada manfaat lain dari edukasi seks, lho. Kira-kira apa saja, ya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Terhindar dari kekerasan seksual

Ilustrasi kekerasan seksual. Foto: Shutter Stock
Seperti telah disebutkan sebelumnya, edukasi seks bisa membuat kamu lebih waspada dengan tindakan kekerasan seksual. Dalam edukasi seks, akan dijelaskan jenis-jenis kekerasan seksual yang rentan dialami oleh semua gender.

2. Body positivity

Dikutip dari Verywell Health, ketika mendapatkan edukasi seks, kamu juga akan lebih menghargai bentuk tubuhmu. Body positivity berarti menghargai dan mencintai tubuh serta tidak mengkritik diri sendiri atas perubahan yang terjadi secara alami, entah karena penuaan, kehamilan, atau pilihan gaya hidup.
Kamu akan memahami bahwa setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Tidak bisa dimungkiri, masih banyak orang yang merasa tidak puas dengan tubuhnya sendiri.

3. Lebih menjaga kebersihan place organ intim

Seiring bertambahnya usia, menjaga kebersihan tubuh menjadi kian penting. Pendidikan seks yang diberikan sejak dini bisa membuat kamu terbiasa untuk memperhatikan kebersihan region organ intim yang sangat penting untuk kesehatan.

4. Terhindar dari IMS dan HIV AIDS

Manfaat lain dari edukasi seks adalah bisa membuat kamu terhindar dari Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV AIDS. Hal ini penting karena, dalam edukasi seks, kamu akan diajarkan mengenai hubungan seks yang benar dan baik untuk kesehatan.

5. Memahami consent

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan ketika mempelajari edukasi seks adalah memahami consent atau persetujuan. Ini sangat penting dalam hubungan asmara.
Dikutip dari Healthshots, consent dalam hubungan merupakan persetujuan atau kesepakatan antarpihak dalam pasangan.
Setiap hubungan yang sehat bukan hanya didasari dengan cinta, tetapi juga rasa saling menghormati. Ini bisa membuat hubungan langgeng dan damai.

6. Terhindar dari kehamilan yang tidak diinginkan

Edukasi seks juga mengajarkan kamu untuk melakukan hubungan seks dengan aman. Misalnya dengan menggunakan alat kontrasepsi agar tidak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.